Rabu, 18 April 2012

MANFAAT COLOSTRUM

MANFAAT PEMBERIAN ASI

I.      Pendahuluan

ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolactin dan oxytocin setelah kelahiran bayi. ASI pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit
Sewaktu bayi sedang sakit,ASI merupakan obat yang dapat menyelamatkan hidup bayidan dalam kemiskinan ASI merupakan hadiah satu-satunya yang dapat diberikan ibu kepada bayinya.Sebagian besar ibu yang merasa tidak dapat menyusui atau merasa ASI nya kurang,sebenarnya disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang manfaat ASI dan kurang terampil dalam menyusui bayinya. Impian setiap orang adalah mempunyai anak yang sehat,cerdas dan berkepribadian baik.Langkah awal untuk dapat mewujudkan impian tersebut adalah melalui pemberian makanan pertama yang benar dengan kualitas dan kuantitas yang optimal,salah satunya adalah ASI.

II.               MATERI PENYULUHAN

MANFAAT SUSU JOLONG DALAM ASI

            Komposisi ASI berlainan dengan komposisi susu lainnya.Komposisi susu sapi disesuaikan dengan laju pertumbuhan anak sapi dan komposisi susu ibu disesuaikan dengan laju pertumbuhan anak manusia. Pemberian ASI merupakan metode pemberian makan bayi yang terbaik, terutama pada bayi umur kurang dari 6 bulan, selain juga bermanfaat bagi ibu. ASI mengandung semua zat gizi dan cairan yang dibutuhkan untuk memenuhi seluruh gizi bayi pada 6 bulan pertama kehidupannya. Pada umur 6 sampai 12 bulan, ASI masih merupakan makanan utama bayi, karena mengandung lebih dari 60% kebutuhan bayi. Guna memenuhi semua kebutuhan bayi, perlu ditambah dengan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Setelah umur 1 tahun, meskipun ASI hanya bisa memenuhi 30% dari kebutuhan bayi, akan tetapi pemberian ASI tetap dianjurkan karena masih memberikan manfaat.
            Dari ASI bayi mendapatkan jenis lemak yang sangat tepat untuk pertumbuhan dan perkembangannya.ASI mengandung jumlah lemak sehat  yang tepat secara proporsional.Lemak ASI mudah dicerna dan diserap. ASI mengandung enzyme lipase pencerna lemak,sehingga hanya sedikit lemak ASI yang tidak diserap oleh usus bayi. Susu formula tidak mengandung enzim lipase,sebab enzim ini adalah akan hancur bila dipanaskan,sehingga bayi menemukan kesukaran menyerap lemak susu formula.
            Karbohidrat utama ASI adalah laktosa(gula). ASI mengandung lebih banyak laktosa dibandingkan susu mamalia lainnya.Laktosa ASI 20-30% lebih banyak dari susu sapi.Laktosa banyak kegunaannya,diantaranya untuk pertumbuhan otak,untuk pertumbuhan tulang karena meningkatkan penyerapan kalsium,meningkatkan pertumbuhan bakteri ususyang baik yaitu Lactobacillus bifidus,dan menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya karena laktosa oleh fermentasi akn diubah menjadi asam laktat yang akan memberikan suasana asam.
            ASI mengandung protein otak (taurin)yang tinggi,ini dibutuhkan untuk pertumbuhan otak dan susunan syaraf dan penting untuk pertumbuhan retina matanya.Susu sapi tidak mengandung protein otak. Kalaupun ditambahkan pada susu formula,belum tentu dapat diserap baik di dalam usus bayi.
        10 Manfaat ASI Bagi Bayi
1. Pemberian ASI pada bayi akan meningkatkan perlindungan terhadap banyak penyakit seperti radang otak dan diabetes.
2. ASI juga membantu melindungi dari penyakit-penyakit biasa seperti infeksi telinga, diare demam dan melindungi dari Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi.
3. Ketika bayi yang sedang menyusui sakit, mereka perlu perawatan rumah sakit jauh lebih kecil dibanding bayi yang minum susu botol.
4. Air susu ibu memberikan zat nutrisi yang paling baik dan paling lengkap bagi pertumbuhan bayi.
5. Komponen air susu ibu akan berubah sesuai perubahan nutrisi yang diperlukan bayi ketika ia tumbuh.
6. Air susu ibu akan melindungi bayi terhadap alergi makanan, jika makanan yang dikonsumsi sang ibu hanya mengandung sedikit makanan yang menyebabkan alergi.
7. Pemberian ASI akan menghemat pengeluaran keluarga yang digunakan untuk membeli susu formula dan segala perlengkapannya.
8. Air susu ibu sangat cocok dan mudah, tidak memerlukan botol untuk mensterilisasi, dan tidak perlu campuran formula.
9. Menyusui merupakan kegiatan eksklusif bagi ibu dan bayi. Kegiatan ini akan meningkatkan kedekatan antara anak dan ibu.
10.  Resiko terjadinya kanker ovarium dan payudara pada wanita yang memberikan ASI bagi bayinya lebih kecil dari pada wanita yang tidak menyusui.
Colostrum (susu jolong)
Banyak orang yang berpendapat bahwa ASI yang keluar pertama kali itu harus dibuang karena kotor,pendapat tersebut keliru.Cairan pertama yang keluar dari kelenjar payudara,dan keluar pada hari ke satu sampai hari keempat –tujuh disebut Kolostrum/Susu jolong. Komposisinya selalu berubah dari hari ke harii. Sekarang sedang di galakkan IMD (Inisiasi Menyusu Dini). Banyak pakar yang percaya bahwa susu jolong atau colostrums dapat diberikan dengan aman pada saat bayi pertama kali disusukan,walaupun pada keadaan dimana bayi dicurigai menderita kelainan menelan.
Kolostrum (dari bahasa latin colostrum) atau jolong adalah susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi. Kolostrum penting bagi bayi mamalia (manusia) karena mengandung banyak gizi dan zat-zat pertahanan tubuh.
Kolostrum (IgG) mengandung banyak karbohidrat, protein, dan antibodi, dan sedikit lemak (yang sulit dicerna bayi). Bayi memiliki sistem pencernaan kecil, dan kolostrum memberinya gizi dalam konsentrasi tinggi. Kolostrum juga mengandung zat yang mempermudah bayi buang air besar pertama kali, yang disebut meconium. Hal ini membersihkannya dari bilirubin, yaitu sel darah merah yang mati yang diproduksi ketika kelahiran.
Kolostrum adalah konsentrasi tinggi karbohidrat, protein, dan zat kebal tubuh. Zat kebal yang ada antara lain adalah: IgA dan sel darah putih. Kolostrum amat rendah lemak, karena bayi baru lahir memang tidak mudah mencerna lemak.1 sendok teh kolostrum memiliki nilai gizi sesuai dengan kurang lebih 30 cc susu formula. Usus bayi dapat menyerap 1 sendok teh kolostrum tanpa ada yang terbuang, sedangkan untuk 30 cc susu formula yang diisapnya, hanya satu sendok teh sajalah yang dapat diserap ususnya.
Pada hari pertama mungkin hanya diperoleh 30 cc. Namun, dalam setiap tetesnya terdapat berjuta-juta satuan zat antibodi. SIgA adalah antibodi yang hanya terdapat dalam ASI. Kandungan SIgA dalam kolostrum pada hari pertama adalah 800 gr/100 cc. Selanjutnya mulai berkurang menjadi 600 gr/100 cc pada hari kedua, 400 gr/100 cc pada hari ketiga, dan 200 gr/100 cc pada hari keempat.
Cairan yang berwarna jernih kekuningan dan mengandung zat putih telur (protein) dalam kadar yang tinggi terutama kandungan zat anti infeksi/daya tahan tubuh (imunoglobulin) 10-17 x lebih banyakdari ASI matur,sedangkan kadar laktosa (hidrat arang) dan lemaknya rendah sehingga mudah dicerna. Kolostrum  Mensuplai berbagai Faktor Kekebalan ( Faktor Imun ) dan Faktor Pertumbuhan pendukung kehidupan ditambah dengan Kombinasi zat gizi ( Nutrien ) yang sempuma Untuk menjamin kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan kesehatan bagi  bayi yang baru lahir. Kolostrum Mengandung Vitamin dan Mineral dengan Kombinasi Sempurna yang sangat dibutuhkan Metabolisme, Pertumbuhan, dan Perkembangan Normal. Vitamin dan Mineral berfungsi sebagai ko-Enzim yang memungkinkan proses kimiawi tubuh berjalan dengan benar. Kolostrum juga Mengandung Asam Amino yang merupakan Kelompok Protein Pembangun untuk Pertumbuhan dan Perkembangan.
Beberapa manfaat kolostrum:
·         Baik untuk pertumbuhan anak
·         Melawan segala penyakit seperti: diabetes, kolestrol. HIV, stroke, osteoporosis, lumpuh, tekanan darah tinggi/rendah, jantung, asma, alergi, system pernafasan, asam urat, paru2x, wasir, usus, hati, penglihatan, kantong kemih, ginjal, pankreas, amandel, kulit, jerawat, leukemia dan lainnya
  • Kolostrum berkhasiat khusus untuk bayi dan komposisinya mirip dengan nutrisi yang diterima bayi selama di dalam rahim.
  • Kolostrum bermanfaat untuk mengenyangkan bayi pada hari-hari pertama hidupnya
  • Seperti imunisasi, kolostrum memberi antibodi kepada bayi (perlindungan terhadap penyakit yang sudah pernah dialami sang ibu sebelumnya).
  • Kolostrum juga mengandung sedikit efek pencahar untuk menyiapkan dan membersihkan sistem pencernaan bayi dari mekonium.
  • Kolostrum juga mengurangi konsentrasi bilirubin (yang menyebabkan bayi kuning) sehingga bayi lebih terhindar dari jaundice.
  • Kolostrum juga membantu pembentukan bakteri yang bagus untuk pencernaan.
·         Membakar lemak tanpa diet
·         Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
·         Membentuk kekuatan dan jumlah otot
·         Mempercepat penyembuhan luka(setelah operasi atau kecelakaan)
·         Memelihara pembuluh darah
·         Meregenerasi sel-sel dan meningkatkan imunitas tubuh
·         Detoxification
  • Mempunyai faktor imunitas yang kuat (Immunoglobulin, Lactoferin, Lactalbumin, Glycoprotein, Cytokines dll) yang membantu melawan virus, bakteri, jamur, alergi dan toksin.
  • Membantu mengatasi berbagai masalah usus, auto imunitas, arthritis, alergi HIV
  • Membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.
  • Kaya akan kandungan TgF-B yang mendukung terapi penderita kanker, pembentukkan tulang dan mencegah penyakit herpes. Mengandung Immunoglobulin yang telah terbukti dapat berfungsi sebagai anti virus, anti bakteri, anti jamur dan anti toksin.
Jadi,bila kolostrum dibuang,bayi tidak atau kurang mendapatkan zat-zat yang melindunginya dari infeksi. kolostrum memiliki fungsi yang sangat vital dalam 10 hari pertama kehidupan bayi.

EVALUASI

1.     Bagaimana bentuk Susu jolong?
Susu jolong berbentuk cairan berwarna kekuningan dan kental

2.     Kapan susu jolong keluar dari payudara ibu?
Cairan pertama yang keluar dari kelenjar payudara,pada hari ke satu sampai hari keempat

3.     Sebutkan beberapa manfaat susu jolong atau kolostrum pada bayi?
·        Mengenyangkan bayi pada hari-hari pertama hidupnya
·        Melindungi bayi dari infeksi dan berbagai penyakit
·        Kolostrum juga membantu pembentukan bakteri yang bagus untuk pencernaan.
4.     Kandungan apa saja yang ada di dalam kolostrum atau susu jolong?
IgA dan sel darah putih (Zat anti infeksi/daya tahan tubuh yang tinggi) dan Lemak rendah jadi mudah dicerna
 






Daftar Pustaka
Blog ASI. Sepuluh Keistimewaan Pemberian ASI. 2005
BMSG. Practical Hints on Breastfeeding, Second edition revised. Breastfeeding Mothers’ Support Group (Singapore) , 2001
Blog ASI. ASI Terbaik Untuk Bayi dan Ibu. 2005
Wikipedia, Colostrum, 23 Mei 2006
Diperoleh darihttp://asuh.wikia.com/wiki/Kolostrum
Dr.Roesli,Utami.2001.Bayi Sehat berkat ASI eksklusif.Jakarta.Gramedia.
http://id.wikipedia.org/wiki/Kolostrum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar