Minggu, 22 Juli 2012

TANAMAN BERKHASIAT OBAT


TANAMAN BERKHASIAT OBAT

1.      Adas
      Adas merupakan tanaman dengan tinggi antara 50 cm - 3 m. Batangnya tegak dan beralur. Daunnya menyirip dan berseludang dengan warna putih, seludangnya berselaput dan membentuk topi di bagian atas. Bunganya berbentuk payung. Jumlah tangkai bunga antara 6-40. Mahkota bunga berwarna kuning. Buahnya berusuk-rusuk. Bau tanaman adas cukup aromatik dan rasanya mirip kamfer.
      Kandungan Adas yaitu minyak asiri, anetol fenkon, pinena, limonena, dipentena, felandrena, methil khivol, anisal dehida, asam anisat dan minyak lemak.
Khasiat Tanaman
Bagian tanaman adas yang berkhasiat yaitu buahnya yang telah masak. Khasiat adas yaitu mengobati sakit perut karena mulas, kembung, mual, muntah, diare, sakit kuning, kurang nafsu makan, nyeri haid, haid tidak teratur,batuk, asma, ASI tidak lancar, putih telur dalam kencing, susah tidur, pembengkakan saluran sperma, rematik, keracunan tumbuhan obat dan jamur, batu empedu, penimbunan cairan dalam kantung buah zakar, sakit gigi dan sariawan.

2.      Alang-alang
Alang-alang merupakan tanaman yang tumbuh tegak dengan ketinggian antara 30 cm-180 cm. Batangnya padat dan berambut jarang. Daunnya berbentuk pita dengan ujung tajam, kasar, serta berambut. Bunganya berupa bulir majemuk dan agak menguncup. Dalam setiap tangkai terdapat 2 bulir bunga yang letaknya bersusun. Pada pangkal bulir terdapat rambut halus yang panjang dan padat berwarna putih. Bijinya berbentuk jorong. Tanaman ini terutama bagian akar tidak berasa dan tidak berbau. Kandungan zat yang terdapat dalam alang-alang yaitu asam kersik, damar dan logam alkali.
Khasiat Tanaman
Bagian tanaman alang-alang yang berkhasiat yaitu rimpangnya. Khasiat alang-alang yaitu sebagai obat demam, meningkatkan jumlah urine (air seni), obat tekanan darah tinggi, pembersih darah, pelembut kulit, penambah nafsu makan, pengobatan penyakit kelamin, ginjal, luka dan penyakit syaraf.

3.      Bangle
Bangle merupakan tanaman semusim yang tumbuh tegak dengan tinggi 1m-1,5 m. Batangnya berupa batang semu terdir dari pelepah daun di bagian tepi dan berambut sikat di bagian ujung. Daunnya merupakan daun tunggal yang letaknya berseling. Bentuk daunnya lonjong dengan ujung runcing, pangkal tumpul, dan tepi rata. Rambut daunnya halus dan jarang, tulang daunnya menyirip. Kelopak bunga bersisik tebal dan berbentuk tabung dengan ujung bergerigi tiga. Warna kelopaknya merah sedangkan bibir bunganya putih. Bentuk bibir bunganya bundar memanjang. Tanaman ini terutama rimpangnya berbau khas aromatik dan terasa agak pedas. Kandungan zat yang terdapat dalam bangle yaitu minyak asiri, damar, pati dan tanin.
Khasiat Tanaman
Bagian tanaman Bangle yang berkhasiat yaitu rimpang dan daunnya.Khasiat bangle yaitu sebagai obat batuk berdahak, demam, sakit kepala, masuk angin, sembelit, nyeri perut, cacingan, tidak nafsu makan, perut terasa penuh, sakit kuning, rematik(encok), kegemukan dan sebagai jamu untuk wanita setelah melahirkan.

4.      Bawang Putih
Bawang putih merupakan tanaman berumbi lapis atau mempunyai siung bersusun. Bawang putih dapat tumbuh dengan berumpun dan berdiri tegak. Tinggi tanaman ini antara 30 cm sampai 75 cm. Batangnya berupa batang semu yang terdiri dari  pelepah daunnya. Daunnya berbentuk pipih dan memanjang. Bunganya yang akan berubah menjadi buah terdapat di pangkal batangnya. Akarnya berupa akar serabut. Dalam satu tanaman terdapat 8 sampaI 20 siung.Bau bawang putih sangat tajam dengan rasa agak pedas dan lama-kelaman meninbulkan rasa agak tebal di bibir.Kandungan zat yang terdapat dalam bawang putih yaitu minyak asiri, polifenol, protein, lemak, hidrat arang, vit B1, vit C, kalori, fosfor, kalsium dan besi.
Khasiat tanaman
Bagian tananam bawang putih yang berkhasiat yaitu umbinya. Khasiat bawang putih yaitu sebagai obat tekanan darah tinggi, pening, asma, batuk, masuk angin, sakit kepala, sakit kuning, sesak napas, ambein, sembelit, memar, antibiotik dan susah tidur(insomnia).

5.      Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh mempunyai ciri khas batng pohonnya lebih kecil dibanding belimbing manis. Tinggi pohon dapat mencapai 10 m lebih. Batang keras dan mempunyai sedikit cabang. Daunnya bersirip genap. Bunganya kecil-kecil dan berwarna merah atau keunguan. Buahnya memanjang dan di dalamnya berongga berisi biji.  Daging buahnya mengandung banyak air yang berasa masam. Belimbing wuluh dibedakan menjadi dua varietas, yaitu belimbing wuluh yang menghasilkan buah berwarna hijau dan kuning muda atau putih. Bau daun belimbing wuluh cukup aromatik dan rasanya pahit. Kandungan zat dalam belimbing wuluh yaitu asam oksakat, kalium, ekstrak untuk melawan staphylococcus dan gula.
Khasiat tanaman
Tanaman belimbing wuluh mempunyai khasiat pada bagian daun, bunga dan buah. Khasiat belimbing wuluh yaitu sebagai obat batuk, encok, sariawan, tekanan darah tinggi,kencing manis,demam, radang poros usus, dan menghilangkan jerawat.



6.      Botor atau Kecipir
Botor atau kecipir merupakan tanaman semak yang tumbuh merambat. Batangnya berbentuk bulat, beralur dan beruas. Daunya berupa daun majemuk yang berbentuk segitiga.Tulang daun menyirip. Letak daun berseling. Bunganya berupa bunga tunggal. Bentuk bunga seperti kupu-kupu. Dan berwarna kuning kebiru-biruan atau putih. Buahnya berupa polong dan berbentuk segiempat memanjang.Akarnya berupa akar tunggang dan berwarna putih kecoklatan.Kecipir tidak berbau dan rasanya gurih. Kandungan zat yang terdapat dalam kecipir yaitu saponin, kalori, tanin, protein, lemak dan vit.A.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman kecipir yang berkhasiat terutama daun dan bijinya. Khasiat kecipir yaitusebagai obat radang anak telinga, masuk angin, pegal linu, malaria, pencernaan kurang lancar dan kadar gula darah tinggi.

7.      Buah Merah
Tanaman buah merah merupakan pohon yang menyerupai pandan dengan tinggi mencapai 16 m. Batangnya dapat mencapai panjang 5 m sampai 8 m. Batangnya bergetah dan mempunyai banyak cabang. Akarnya berupa akar tunjang. Daunnya berupa daun tunggal dan berbentuk lanset sungsang. Letak daun berseling.Buahnya berbentuk lonjong dan kuncup yang tertutupdaun buah. Warna buah merah marun terang atau coklat dan cokelat kekuningan ketika masak. Kandungan zat yang terdapat dalam buah merah yaitu antioksidan, karoten, dekanoat, omega 3 dan omega 9.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman buah merah yang berkhasiat terutama buahnya. Khasiat buah merah yaitu sebagai obat sakit mata, hipertensi, DM, kanker, tumor, stroke, bronkitis, kolesterol,maag, asam urat,hepatitis, libido atau gaiarah seks menurun dan daya tahan tubuh penderita HIV atau AIDS menurun. Buah merah biasanya dibuat minyak buah merah atau kapsul. Akan tetapi, proses pembuatan yang salah dapat menyebabkan efek samping berupa alergi, gatal-gatal dan gangguan percernaan.
8.      Buah Naga
Buah naga merupakan yang menjulur panjang sepeti naga. Buah naga mempunyai 3 varietas yaitu putih(Hylocereus undatus), merah (Hylocereus polyrhizus) dan kuning (Hylocereus megalanthus). Batangnya tinggi dan kasar. Tanaman ini termasuk kumpulan jenis kaktus. Bunganya berbau wangi. Bunga kembang hanya satu malam dan selepas subuh mulai kuncup. Buah naga mirip buah nanas,memiliki sirip.Buah naga berwarna putih, merah dan ungu. Biji yang terdapat dalam buahnya cukup banyak dan berwarna hitam. Rasa buah naga seperti buah kiwi ( manis ). Baunya terutama bunganya cukup harum.Kandungan zat yang terdapat dalam tanaman buaqh naga yaitu serat, lemak, kalsium, besi, fosfor, vit.B1, vit.B2, vit.C, air, karotenoid, albumen, tiamin, riboflavin dan anthocyanin.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman buah naga yang berkhasiat yaitu buah, bunga, bunga dan batang. Khasiat buah naga yaitu sebagai obat hipertensi, penglihatan kurang bagus, kanker, kolesterol tinggi, kadar gula darah tingi, keputihan, fungsi ginjal dan tulang kurang baik.

9.      Cabe Jawa
Cabe jawa merupakan tumbuhan tahunan yang tumbuh memanjat dan melilit. Batangnya mempunyai banyak cabang. Tingginya dapat mencapai 10 m. Daunnya berupa daun tunggal yang berbentuk bulat hingga lonjong, ujung runcing dan tepi rata. Tulang daunnya menyirip. Bunganya mempuyai kelamin tunggal yang tersusun bulir dan tumbuh tegak atau merunduk. Bentuk buah bulat panjang hingga silinder. Warna buah hijau ketika masih muda dan kuning gading atau merah setelah tua. Cabe jawa terutama buahnya terasa pedas ketika masih muda dan manis setelah tua. Kandungan yang terdapat dalam cabe jawa yaitu zat pedas piperin, khavisin, asam palmitik, piperidin, tetra hidropiperic acid dan minyak asirin.
Khasiat tanaman
Bagianyang berkhasiat dari tanaman cabe jawa yaitu buah, akar dan daun. Khasiat cabe jawa yaitu untuk mengobati sakit gigi, perut kejang, sakit pinggang, stroke, membersihkan rahim saat nifas, pencernaan terganggu, perut kembung, muntah-muntah, sakit kepala, batuk, demam dan tekanan darah rendah.         

10.  Cengkih
Cengkih merupakan tanaman perdu yang mempunyai ketinggian 5 m sampai 10 m. Daunnya berupa daun tunggal dan tebal.bentuk daunnya bulat telur sampai lanset memanjang dengan tulang daunnya menyirip. Bunganya merupakan bunga majemuk. Bunga cengkih yang masih muda berwarna keungu-unguan, kemudian menjadi kuning kehijauan, dan pada saat tua menjadi merah muda. Buahnya buni dan berbentuk bulat telur sungsang dan berwarna merah gelap sampai ungu tua. Bau cengkih cukup aromatik dan rasanya pedas agak pahit, serta menimbulkan rasa tebal. Kandungan zat yang terkandungan dalam cengkih yaitu minyak asiri, eugenol, asam oleanolat, fanilin, resin, kalsium oksalat dan gom.
Khasiat tanaman
Cengkih mempunyai khasiat pada bagian daun dan bunganya. Khasiat cengkih yaitu untuk obat masuk angin, menambah nafsu makan, obat sakit gigi, kolera, denyut jantung lemah, campak, sakit perut saat saat haid, rematik, batuk dan amandel.

11.  Jahe
Jahe merupakan tanaman yang mempunyai tinggi antara 30 cm sampai 1m. Batangnya berupa batang semu. Jahe mempunyai rimpang yang berwarna kuning atau jingga bila dipotong. Bunganya berupa malai yang tumbuh di ketiak daun. Bentuk bunganya tongkat atau bulat telur sempit. Buahnya berbentuk lanset, terletak berdekatan, berambut jarang dan bersisik. Tanaman jahe terutama rimpangnya mempunyai bau aromatik dan rasa yang pedas. Kandungan yang terdapat dalam tanaman jahe yaitu minyak asiri, flavonoid, polifenol, limonen, sitral, pati, damar, asam malat, asam oksalat, gingerin, vit.A dan protein.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman jahe yang berkhasiat yaitu rimpang dan daunnya. Khasiat jahe yaitu sebagai obat batuk, penawar racun,rematik, encok, impoten, kerarunan udang, keseleo, sakit kepala, muntah-muantah dan diare.
12.  Jambu Biji
Jambu biji merupakan semak atau pohon dengan tinggi 3 m sampai 10 m. Daunya berhadapan dengan tulang daun menyirip. Bunga berjumlah 1 sampai 3. Buahnya berbentuk bulat dan berwarna kuning atau merah jambu denga biji di dalamnya. Baunya khas dan rasanya kelat. Kandungan yang terdapat dalam jambu biji yaitu tanin, minyak asirin, guajaverin, asam ursalat, asam guajavalat dan limonen.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman jambu biji yang berkhasiat yaitu daun, kulit batang dan buah. kKhasiat jambu biji yaitu sebagai obat diare, peluruh haid, sakit mag, DM, sariawan dan masuk angin.

13.  Kacang Hijau
Kacang hijau merupakan tanaman perdu yang dapat mencapai ketinggian 3 m. Daunnya berbentuk segitiga menyirip seperti jantung. Bunganya berbentuk kupu-kupu dan berwarna kuning kehijauan atau kuning pucat. Buahnya berupa polong yang terbentuk dari bunganya. Biji kacang hijau sering dibuat kecambah atau taoge. Tanaman kacang hijau terutama bijinya tidak berasa dan tidak berbau. Kandungan zat yang terdapat dalam tanaman yaitu amilum, protein, besi, belerang, kalsium, minyak lemak, mangan, magnesium, vit.B1, vit.A, vit.E, dan asam fenolat.
Khasait tanaman
Bagian tanaman kacang hijau yang berkhasiat terutama biji dan buahnya. Khasiat kacang hijau yaitun melancarkan BAB, obat hepatitis, terkilir, beri-beri, demam nifas, kepala pusing, kurang darah dan busung lapar.
14.  Ketumbar
Ketumbar merupakan tanaman herbal setahun. Tingginya dapat mencapai 1,3 m. Daunnya terbagi menyirip, tidak berambut dan berseludang. Daun menyerupai seledri. Warna tepi daun putih. Bunganya berupa bunga majemuk berbentuk payung. Buahnya dapat dibedakan menjadi buah bulat kecil, bulat besar dan lonjong. Bijinya mirip biji lada tetapi ketumbar lebih lunak. Kandungan yang terdapat dalam tanaman ketumbar terutama bijinya yaitu sabinene, myrcene, ocimene, linalool, graniol, dekanal, asam petrose4linat danfelandren.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman ketumbar yang berkhasiat terutama bijinya. Khasiat ketumbar yaitu untuk melancerkan pencernaan, peluruh ASI (laktago), penambah nafsu makan, influenza, radang payudara, hipertensi, keracunan jamur dan terlambat haid.

15.  Kencur
Kencur merupakan tanaman yang tidak berbatang tetapi mempunyai rimpang bercabang-cabang. Daunnya berhadapan dan berjumlah antara 1 sampai 3, berbentuk jorong lebar sampai agak bundar. Warna daun bagian tepi merah kecoklatan sedangkan bagian tengah hijau. Daging buah kencur berwarna putih dengan kulit luar berwarna cokelat. Baunya cukup aromatik dan rasanya pedas, agak pahit dan berasa tebal. Kandungan yang terdapat dalam kencur yaitu minyak asiri, borneol, sineol, kamfer, penatadekan, sinamil aldehid dan etil alkohol.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman kencur yang berkhasiat yaitu rimpangnya. Khasiat kencur yaitu sebagai obat batuk, sakit perut, influenza pada bayi, sakit kepala, darah kotor, haid tidak lancar, kegemukan, asma dan patah tulang.



16.  Kunyit
Kunyit merupakan tanaman dengan tinggi sekitar 70 cm. Batangnya berupa batang semu yang terbantuk dari pelepah daun serta basah. Daunnya merupakan daun tunggal dan berbentuk lanset lebar dengan ujung daun lancip berekor serta tulang daunnya menyirip. Bunganya berupa bunga majemuk dan berwarna putih atau kuning muda. Daging buah berwarna merah jingga kekuning-kuningan. Bau rimpang kunyitcukup aromatik dan rasanya cukup aromatik danrasanya agak pahit, pedas dan menimbulkan rasa tebal. Kandundan zat yang terdapat dalam  kunyit yaitu minyak asiri, kurkumin, tanin, pati, damar, polifenol, lemak, protein, gom, kalsiu, fosfor, besi dan vitamin B.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman kunyit yang berkhasiat yaitu rimpangnya. Khasiat kunyit yaitu sebagai obat asma, encok, demam, mencret, kurang darah, keputihan, hipertensi, DM, haid tidak lancar, ASI tidak lancar, menapih bayi, darah kotor, sakit gigi, jerawat, noda hitam di wajah, wajah kasar dan bau badan.

17.  Kunyit Putih
Kunyit putih sering disebut juga temu putih merupakan tanaman yang dapat mencapai ketinggian 2 m. Batangnya berupa batang semu. Daunnya mirip denga temu hitam yaitu berwarna merah lembayung disepanjang tulang tengahnya. Kunyit putih mempunyai rimpang yang berwarna kuning muda di bagian dalamnya. Kunyit putih terutama rimpangnya berbau aromatik dan berasa pahit serta pedas. Kandungan zat yang terdapat dalam kunyit putih yaitu minyak asiri.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman kunyit putih yang berkhasiat terutama rimpangnya. Khasiat kunyit putih yaitu sebagai obat darah kotor, nyeri haid, haid tidak lancar, darah kotor saat nifas, batuk, radang tenggorokan, sakit gigi, diare dan keseleo.


18.  Lamtoro
Lamtoro merupakan tanaman yang dapat mencapai tinggi antara 2 m sampai 10 m. Batangnya cukup keras walaupun berukuran cukup kecil. Rantingnya berbentuk bulat silindris. Ujung ranting pada batangnya berambut rapat. Daunnya berupa daun majemuk. Tulang daun menyirip berjumlah genap. Anak daun dalam satu daun terdiri antara 5 sampai 20 pasang. Ukuran anak daun kecil-kecil. Anak daun bulat lanset dengan ujung runcing dan tepi rata. Warna daun hijau kebiruan pada bagian permukaan bawah. Bunganya berbentuk bonggol dan berupa bunga majemuk. Tangkai bunga cukup panjang. Warna bunga putih kekuningan. Buahnya berupa buah polong yang berbentuk pipih dan tipis. Dalam buahnya berisi biji-biji kecil yang banyak dan terdapat sekat antar bijinya. Bau bijinya cukup khas tidak harum dengan rasa agak getir. Kandungan zat yang ada dalam lamtoro yaitu mimosin, leukanol, leukanin, dan protein.
Khasiat Tanaman
Bagian tanaman lamtoro yang berkhasiat yaitu biji dan daunnya. Khasiat lamtoro yaitu sebagai obat bisul, eksem, herpes, luka karena dipukul, tertusuk kayu atau bambu, bengkak, patah tulang, cacingan, disentri, radang ginjal, susah tidur, kencing manis,gairah seks menurun dan peluruh haid.

19.  Lempuyang
Lempuyang merupakan tanaman dengan tinggi kurang lebih 1 m. Batangnya berupa batang semu. Rimpangnya berserat. Daunnya berbentuk lanset dengan panjang antara 14 cm sampai 40 cm dan lebar antara 3 cm sampai 8,5 cm. Permukaan daun bagian atas dan tangkai daun berambut. Panjang tangkai daun antara 4 mm sampai 5 mm. Bunganya berupa mayang yang muncul di atas tanah. Tangkai bunga berbentuk lanset dan bersisik merah. Warna bunga kuning atau jingga kekuningan. Baunya aromatik dan rasanya pahit. Kandungan zat yang terdapat dalam tanaman lempuyang yaitu minyak asiri (zerumbon, kumulen dan limonen), saponin, dan flavonoid.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman lempuyang yang khasit yaitu rimpang. Lempuyang berkhasiat sebagai obat rematik, demam, sakit perut, ambien, asma, nafsu makan berkurang, darah kotor, menurunkan kesuburan pada wanita, pencegah hamil, pereda kejang, sakit kuning, anemi, malaria dan beri-beri.

20.  Lengkuas
Lengkuas merupakan tanaman tahunan berbatang semu dan tumbuh tegak denga tinggi 1 m sampai 3 m. Daun berupa daun tunggal dan berbentuk lanset atau bundar dengan tulang daun menyirip. Bunganya berbentuk tandan dengan mahkota bunga yang masih kuncup berwarna puti di bagian ujung dan hijau di bagian bawah. Buahnya berupa buah buni dan berbentuk bulat keras. Warna buah hijau ketika masih muda dan hitam kecoklatan setelah tua. Bau rimpang lengkuas cukup aromatik danrasanya pedas. kandungan yang terdapat dalam lengkuas yaitu minyak asiri, saponin, flavonoid, polivenol, eugenol, seskuiterpen, pinen, metil sinamat, kaeferida, galangan, galangol, dan kristal kuning.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman lengkuas yang berkhasiat yaitu rimpang dan buahnya. Khasiat lengkuas yaitu sebagai obat rematik, nafsu makan berkurang, bronkitis, sakit limpa, gairah seks turun, panu, kurap, masuk angin, eksem, gabag, radang anak telinga, radang lambung, lambung, borok atau koreng, kolera, haid tidak lancar, kedinginan, muntah, mual, diare, kejang panas, bau mulut, bau badan, sariawan, batuk, sakit tenggorokan, radang paru-paru atau paru-paru bernanah.

21.  Merica / Lada Hitam
Merica atau lada terdiri dari 2 macam, yaitu merica atau lada hitam dan merica atau lada putih. Bedanya, lada hitam tidak dikupas sedangkan lada putih perlu dikupas dulu ketika buahnya masak. Lada merupakan tanaman herba tahunan yang memanjat. Batang lada memiliki cabang dan akar. Daunnya berupa daun tunggal, berbentuk bulat dengan pangkal berbentuk jantung dan tulang daunnya menyirip. Bunganya berupa bunga majemuk yang berbentuk bulir, menggantung dan berwarna hijau. Buahnya berupa buah buni yang berbentuk bulat. Warna buahnya hijau ketika masih muda dan merah setelah tua. Baunya cukup aromatik dan rasanya pedas. Kandungan zat yang terdapat dalam lada yaitu minyak asiri, limonen, pipen, piperidin, kavisin, zat pahit dan minyak lemak.
Khasiat tanaman
Bagian tanamanlada yang berkhasit terutama buahnya. Khasit lada yaitu untuk obat disentri, nyeri haid, kolera, rematik, sakit kepala dan batu ginjal.

22.  Pace
Mengkudu merupakan tanaman perdu yang mempunyai ketinggian 3 m sampai 8 m.Mengkudu juga termasuk tanaman jenis kopi-kopian. Daunnya berbentuk bulat lebar sampai elips dan cukup tebal dengn tulan daun menyirip. Bunganya berbentuk bonggol sedangkan mahkotanya berbentuk tabun dan berwarna putih. Buahnya berupa bunidan berbentuk bulat lonjong. Warna buahnya hijau ketika masih muda dan kuning pucat ketika telah masak sedangkan bijinya berwarna kehitaman. Bunganya berbau harum, buahnya ketika masak berbau busuk. Kandungan yang terkandung dalam tanaman mengkudu yaitu moridin, zat besi, zat kapur, karotein, protein, glikosida antrakinon, dan asam capron.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman mengkudu yang mempunyai khasiat yaitu akar, kulit batang,daun, bunga dan buah. Khasiat mengkudu yaitu untuk mengobati cacingan, cacar air, sakit pinggang, sakit perut,sembelit, batuk, sariawan,amandel,beri-beri, hipertensi, lever, kegemukan, kecanduan obat bius dan sisik pada kaki.

23.  Pare
Pare merupakan tanaman tahunan yang tumbuh membelit pada tanaman lain atau pagar. Daunnya berupa daun tunggal dan berbentuk bulat. Bunganya merupakan bunga tunggal dan berwarna kuning. Buahnya pare berbentuk bulat memanjang dengan bintil-bintil di permukannya. Warna buah hijau ketika masih muda dan kuning atau oranye sampai merah ketika sudah tua. Buah pare buanya langu dan rasanya pahit. Kandungan zat yang terdapat dalam buah pare yaitu karatin, asam resinat, resin, saponin, vit.A, vit.B, vit.C, asam oleat, asam linoleat.
Khasiat tanaman
Bagian tanaman pare yang mempunyai khasiat yaitu akar, daun, bunga, buah dan biji. Khasiat pare yaitu untuk mengobati wasir, kurang nafsu makan, lever, demam, haid tidak lancur, cacingan, bisul, ASI tidak lancar, demam saat nifas, sifilis, kencing nanah, rambut anak tidak subur, sariawan, panas dalam, sakit gigi, rematik, DM, batuk, malaria, impotensi dan kanker.

24.  Pegagan
Pegagan merupakan herba tahunan yang tidak mempunyai batang tetapi rimpang. Rimpangnya pendek dengan stolon- stolon yang melata. Daunnya berupa daun tunggal. Bentuk daun ginjal, lebar, dan bundar. Bunga berupa payung tunggal yang keluar dari ketiak daun kelopak. Umumnya bunga terdiri dari 3, bagian tengah duduk dan bagian samping bergagang pendek. Bunga mempunyai dua daun pelindung berbentuk bulat telur. Tajuknya berwarna merah lembayung. Bentuk buah pipih, baunya aromatik lemah sedangkan rasanya mula-mula tidak berasa lama-kelamaan agak pahit. Kandungan zat yang berkhasiat dalam tanaman ini yaitu glikosid asiatikosida, asam asiatikat, alkaloida, saponin, flavonoid, dan polifenol.
Khasiat Tanaman
Bagian tanaman pegagan yang berkhasiat yaitu seluruh bagian tanaman. Pegagan berkhasiat untuk obat batuk, susah tidur, tuberkolosa, kencing terasa panas, peluruh air seni, kencing darah, sariawan, demam, kurang nafsu makan, luka kulit, pembengkakan hati, campak, bisul, mimisan, radang amandel, radang tenggorokan, bronkhitis, tekanan darah tinggi, wasir, keracunan arsen, cacingan, sakit perut, lepra, ayan, kesuburan wanita, keputihan, antibakteri dan antitumor.
25.  Pepaya
Pepaya merupakan tanaman yang tumbuh tegak dengan ketinggian antara 8 m dampai 10. Batangnya merupakan batang basah. Daunnya berbentuk seperti telapak tangan manusia. Tangkai daunnya cukup panjang, bunganya berwarna putih. Buahnya mempunyai rongga berbentuk bintang  apabila penampang buahnya dipotong melintang. Warna kulit buahnya hijau ketika masih muda dan kuning kemerahan setelah masak. Dalam buah pepaya terdapat biji pepaya yang berbentuk jorong sampai sampai bundar memanjang. Bijinya diselubungi selaput tipis yang berwarna kecoklatan atau coklat muda keabuan. Selaput ini mudah robek jika digores ato dipencet. Biji di dalam selaput berwarna coklat kehitaman, tidak berbau dan tidak berasa. Kandungan zat yang terdapat dalam pepaya yaitu kalori, protein, karbohidrat, lemak, hidarat arang, kalsium, fosfor, besi, serat, vitamin A, B dan C, papayotin, karyotin, kautsyuk, karposit dan air.
Khasiat Tanaman
Bagian tanaman pepaya yang berkhasiat yaitu daun, akar, buah,getah dan biji.. Khasiat pepaya obat tekan darah tinggi, demam berdarah, beri-beri, sakit panas, kejang perut, peluruh haid, kekurangan ASI, kurang nafsu makan, darah kotor, disentri, sakit kuning, cacingan, ginjal, pegal sendi, sembelit, dare, malaria, keputihan, rematik, nyeri haid, kurang gizi pada balita, luka bakar, luka baru, kutil, panu, kaki pecah-pecah, dan ubanan ketika masih muda.

26.  Seledri
Seledri merupakan tumbuhan berbonggol yang mempunyai batang basah bersusun. Daunnya majemuk dan menyirip, pangkal daun majemuk dan menyirip. Pangkal dan ujung anak daun berbentuk runcing. Tangkai daunnya berdaging dan berair. Baunya aromatik dengan rasa agak asin, pedas, dan menimbulkan rasa tebal di lidah. Kandungan yang terdapat dalam seledri yaitu minyak asiri, apiin, apigenin, saponin, flavonoid, polifenil,kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, viatmin A,B,dan C.
Khasiat Tanaman
Bagian tanaman seledri yang berkhasiat yaitu biji, akar, dan daun. Khasiat seledri yaitu untuk pengobatan rematik, asam urat, tekanan darah tinggi, asma, bronkhitis, penyakit hati dan limpa, sakit perut setelah melahirkan, air seni mengandung lemak, kolesterol tinggi, vertigo, mual, diare, alergi, menopause, kencing berdrah dan gangguan menstruasi.

27.  Temu Hitam
      Temu Hitam merupakan tanaman dengan tinggi mencapai 2 m, batangnya berupa batang semu yang berwarna hijau atau coklat gelap. Temu hitam mempunyai rimpang yang bercabang-cabang. Warna rimpang sebagian biru dan sebagian putih. Daunnya berbentuk bundar memanjang sampai lanset. Warna daun hijau atau coklat keunguan. Bunga terdapat pada ketiak daun dengan mahkota bunga berbentuk bundar telur sungsang sampai bundar telur atau jorong. Warna mahkota bunganya merah, ungu atau putih dengan bagian ujung berwarna ungu sedangkan bagian bawah berwarna hijau muda atau keputihan. Buahnya berbulu dengan panjang 2 cm. Tanaman ini terutama rimpangnya berbau aromatik dan berasa sangat pahit serta lama kelamaan menimbulkan rasa tebal. Kandungan zat yang terdapat dalam temu hitam minyak asiri, damar, pati dan lemak.
      Khasiat tanaman
      Bagian tanaman temu hitam yang berkhasiat terutama rimpangnya. Khasiat temu hitam yaitu melancarkan gas dari saluran pencernaan, meningkatkan nafsu makan. Melancarkan keluarnya darah kotor saat nifas, obat perut mulas, kudis, borok, sariawan, batuk cacingan dan asma.

28.  Temu Lawak
      Temu lawak merupakan tanaman dengan tinggi mencapai 2 m, batangnya berupa batang semu yang berwarna hijau atau coklat gelap. Temu hitam mempunyai rimpang yang bercabang-cabang. Daunnya berbentuk bundar memanjang sampai lanset. Bunganya berbentuk lateral dengan tangkai berambut dan bersisik. Mahkota bunga berbentuk tabung berwarna putih atau kekuningan. Helai bunga berbentuk bundar telur atau bundar memanjang. Warna helai bunga putih dengan ujung berwarna merah. Daging buahnya yang merupakan rimpang yang berwarna kekuning-kuningan. Temulawak terutama rimpangnya berbau aromatik dan rasanya tajam serta pahit. Kandungan zat yang terdapat dalam temulawak yaitu minyak asiri,saponen, flavonoid, kurkumin, mirsein, sikloisoren,de-kamfer-p-tolil metil karbinal, felandren, tumerol dan pati.
      Khasiat tanaman
            Bagian tanaman temu lawak yang berkhasiat terutama rimpangnya. Khasiat temu lawak yaitu untuk menyegarkan badan,melegakan perut, melancarkan ASI, nyeri haid, meningkatkan nafsu makan, susah buang air besar, asma, cacar air, sakit limpa, sakit ginjal dan kolesterol tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar