Selasa, 05 Juni 2012

HYPNOBIRTHING


HYPNOBIRTHING
1.      Pendahuluan
Rasa nyeri saat melahirkan bisa disebabkan oleh ketakutan. Namun, rasa nyeri itu kini dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. Lewat sebuah proses latihan relaksasi dan metode hypnobirthing, Lanny Kuswandi memperkenalkan cara melahirkan tanpa rasa sakit.
Menurut Dr. Tb. Erwin Kusuma, Sp. KJ, rasa cemas pada banyak orang dewasa sekarang adalah akibat dari rekaman getaran kehidupan mereka sejak dalam kandungan. Padahal, bayi di dalam kandungan perlu mendapat ketenangan dan kedamaian dari ibunya. Getaran seperti itulah yang akan terekam sampai usia dewasa.
Dalam bukunya, Super Baby, Dr. Sarah Brewer mengungkapkan bahwa kecemasan dan stres yang berlebihan pada saat hamil sama berbahaya dengan ibu hamil yang perokok. Keadaan itu bisa berakibat bayi lahir prematur, kesulitan belajar, anak menjadi hiperaktif, atau bahkan mengalami autisme. Menurut Dr. Sarah lagi, stres yang berlebihan pada ibu hamil akan mengakibatkan kadar pregnanolone dalam tubuh tidak mencukupi.
Untuk mengatasi kecemasan itu Lanny Kuswandi mengembangkan teknik relaksasi dan hypnobirthing yang disadapnya dari berbagai pusat latihan di Amerika Serikat. Menurut Lanny, persalinan yang normal selayaknya berlangsung lancar.
Pada beberapa penelitian di negara Barat membuktikan, ibu hamil yang mengikuti latihan mengalami lebih sedikit komplikasi dibandingkan dengan yang tidak terbiasa melakukan relaksasi secara teratur. Adanya rasa nyeri yang berlebihan lebih disebabkan adanya rekaman di alam bawah sadarnya.
“Bayangkan saja, semua orang selalu mengatakan bahwa melahirkan itu sakit sekali,” ujar wanita lulusan pendidikan kebidanan RS St. Carolus Jakarta ini. Katanya lagi, kontraksi otot pada saat persalinan adalah sebagai upaya membantu terbukanya jalan lahir. Karena kontraksi itu, leher rahim akan menjadi lunak, menipis, dan mendatar, kemudian menarik leher rahim. Saat itulah kepala janin menekan mulut rahim sehingga membuka.

2.     pengertian
Seperti kombinasi kata yang telah dipatenkan oleh penemunya, marie F. Mogan, Hypnobirthing terdiri dari kata hypno ( dari hypnosis ) dan birthing yang berarti melahirkan. Jika terjemahkan secara langsung, Hypnobirthing berarti peroses melahirkan dengan hipnosis. Namun, itu bukan berarti sang ibu jadi tak sadarkan diri, sebaliknnya ia sepenuhnya sadar dan menikmati peroses persalinnan si buah hati. Oleh sebab itu, Hypnobirthing lebih mengacu pada hipnoterapi, yakni latihan penanaman sugesti pada alam bawah sadar oleh ibu, untuk mendukung alam sadar yang mengendalikan tindakan sang ibu dalam menjalani proses persalinan.
Seperti yang kita ketahui bersama, kita ataupun dokter tidak bisa mengatur kapan suatu persalinan terjadi atau bagaimana prosesnya. Untuk itu, Hypnobirthing dapat membantu ibu merasa lebih tenang menghadapi persalinan. Penanaman konsep dan paham pada alam bawah sadar ibu akan sangat membantu kelancaran peroses persalinan. Ibu yang memang tidak mampu melakukan apapun secara sadar ( kecuali tahap mengejan yang memang harus dilakukan dengan sadar ), dapat membiarkan alam bawah sadar bekerja untuk menenangkan dan membantunya menjalani persalinan.
Memang harus diakui bahwa masih banyak orang masih sulit menerima Hypnobirthing karena metode ini dianggap berbau mistik atau berkaitan dengan ilmu tertentu yang tidak pantas dipelajari. Pendapat ini salah besar karena, seperti yang kita bahas sebelumnya, hipnosis bukan sebuah ilmu melainkan kenyataan ilmiah yang terjadi pada pikiran manusia. Manusia sekadar mencoba menggapai bagian pikiran yang dalam dan sulit diubah lewat metode hipnosis yang telah terbukti secara ilmiah.
Berikut adalah beberapa manfaat yang kita peroleh lewat metode hypnobirthing :
*      Meminimalkan, dan bahkan menghilangkan, rasa takut, ketegangan, sindrom rasa sakit dan kepanikan selama proses persalinan dan periode setelahnya ( sehingga tidak menjadi trauma ).
*      Meminimalkan, dan bahkan menghilangkan, keinginan untuk menggunakan obat bius dan obat penghilang rasa sakit saat bersalin.
*      Mempersingkat fase awal proses persalinan, yaitu pembukaan, yang biasanya bisa memakan waktu 10 sampai 24 jam ( terutama untuk kelahiran anak pertama )
*      Menghilangkan keletihan yang amat sangat sehingga, setelah proses kelahiran bayi, sang ibu tetap bertenaga
*      Mengurangi kemungkinan terjadinya hiperventilasi ( pernapasan yang cepat dan pendek karena menahan rasa sakit ) saat persalinan berlangsung
*      Mempercepat masa pemulihan pasca persalinan
*      Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis
*      Mempererat ikatan batin ibu terhadap bayi dan sang suami

ü  Melatih relaksasi Hypnobirthing
Latihan relaksasi hypnobirthing dapat dimulai kapan saja oleh ibu hamil. Umumnya, latihan di mulai bulan ketujuh masa kehamilan. Namun akan sangat baik jika latihan dimulai sejak trimester pertama kehamilan. Kendati demikian, tidak tertutup kemungkinan untuk berlatih Hypnobirthing secara singkat, misalnya 2 minggu sebelum tanggal perkiraan kelahiran. Kita bahkan tidak membutuhkan pembimbing bahkan ahli hipnoterapi untuk bisa berlatih. Satu satunya yang kita bituhkan adalah ketenangan, niat, dan kemantapan hati bahwa proses persalinan akan berjalan lancar dan alami.
Hypnobirthing akan menuntut ibu untuk sama sekali tidak memikirkan dan merasakan nyeri yang ditimbulkan oleh kontraksi rahim. Kontraksi adalah hal alami yang pasti terjadi selama persalinan. Namun, hypnobirthing mampu membuat itu rileks dan tidak panik sehingga tanpa terasa proses kelahiran berjalan lancar dan, tiba-tiba saja, tangis si jabang bayi sudah terdengar.
Dalam kondisi rileks yang dalam, alam bawah sadar ibu akan mengatur keselarasan tubuh dan menghasilkan anastesi atau bius alami kita, endorfin. Endorfin inilah yang nantinya akan menggantikan hormon pemicu rasa sakit ( hormon stress ).
Kemampuan seseorang untuk rileks bukanlah bakat bawaan sejak lahir. Kemampuan ini bisa diperoleh lewat praktik dan latihan konsentrasi. Bahkan, ada beberapa orang yang merasa dirinya tidak mampu untuk rileks, yang sebenarnya lebih mampu melakukannya ketimbang orang lain.
Seringkali, saat melakukan tugas harian, otot-otot tubuh melakukan kontraksi yang tak perlu, yang membuat ibu memboroskan tenaga secara percuma. misalnya saja, saat kita menonton tv. Coba perhatikan, apakah tanpa terasa kita sering duduk tegak dengan bahu naik yang membuat otot-otot tertarik, mengatupkan rahang keras-keras, menahan napas, atau melakukan hal-hal lain yang dapat menjadi indikasi bahwa kita sedang rileks.
Latihan hypnobirthing dapat dilakukan satu atau dua hari sekali, selama lebih kurang 10 menit, kapan saja. Salah satu pilihan waktu yang tersedia adalah waktu yang menjelang tidur. Saat melatih relaksasi Hypnobirthing, pikirkan dan bayangkan proses persalinan anda nanti. Pikirkan persalinan tersebut sebagai suatu proses alami yang indah dan berkesan, untuk menyambut hadirnya kehidupan baru yang akan mengubah segalanya. Yakinlah bahwa anda akan lahir sehat, anda tetap sehat, dan proses kelahiran itu berjalan dengan tenang, cepat, dan lancar.
Masukkan semua susesti tersebut kedalam pikiran anda. Dengan latihan Hypnobirthing ini, anda sebenarnya telah melakukan hipnosis diri. Informasi ( sugesti ) tersebut akan terprogram didalam benak anda sehingga jiwa anda merasa tenang. Anda akan merasa damai, tidak mudah emosi, dan menjadi lebih antusias menyambut kelahiran buah hati anda. Sejalan dengan dengan itu, otot-otot tubuh jadi tidak begitu tegang saat persalinan berlangsung sehinnga kita hanya merasakan nyeri yang paling minimal atau bahkan tidak merasa sakit sama sekali. Itu berkat terprogramnya pikiran anda untuk tidak panik, tidak tegang, dan untuk membiarkan semuanya berjalan secara alami.
Saat hendak menuntaskan latihan Hypnobirting, tegangkan otot-otot Anda, lalu kembalikan ke kondisi rileks. Tariklah napas panjang, kemudian buanglah nafas perlahan-lahan melalui hidung. Lalu, kembalikan diri Anda ke keadaan normal dan siap berkegiatan, atau tidurlah jika Anda melakukan latihan ini menjelang tidur. Dengan cara ini, setiap hari Anda akan merasa lebih segar dan terfokus dalam melakukan pekerjaan.
Anda dapat melatih relaksasi Hypnobirthing dengan membayangkan atau melakukan visualisasi. Berfantasilah sebebas-bebasnya, selama fantasi tersebut dapat memberikan ketenangan pikiran. Anda bisa mempersiapkan diri dengan membayangkan proses kontraksi secara visual, saat pembukaan leher rahim dan penarikan otot-otot dinding rahim terjadi, dan saat kepala bayi mulai turun menuju jalan keluarnya, sebelum akhirnya ia melihat dunia.
Dalam persalinan, anda membutuhkan tenaga dan kondisi seperti ketika anda hendak berolahraga, menari, mengendarai mobil, atau melakukan pekerjaan lain yang membutuhkan konsentrasi. Anda tetap sadar saat melakukan semua itu, tetapi yang anda lakukan sudah tidak terlalu dipikirkan secara aktif. Anda dapat mengendalikan situasi tersebut secara penuh, walaupun pikiran telah ‘’terhipnosis’’ lewat pengulangan proses-proses itu. Sama halnya, itulah cara kerja Hypnobirthing.
Saat kontraksi datang, anda memulai sebuah proses yang membutuhkan tenaga, konsentrasi, dan keselarasan, yaitu proses bernafas secara teratur untuk menyesuaikan diri  dan anda bisa tetap menjalani persalinan. Dengan demikian, Hypnobirthing akan memberi anda hasil dan manfaat yang memuaskan.
ü  Program Positif
Hypnobirthing adalah relaksasi dengan penambahan sugesti melalui usapan. Tangan menjadi sarana untuk mengusap daerah bawah payudara hingga perut. Sebenarnya cara ini telah dilakukan secara natural oleh ibu-ibu hamil saat janinnya meronta dalam kandungan. Ketika itu ibu akan mengusap perut sambil membisikkan kata-kata lembut yang menenangkan.
Ada empat langkah yang harus dijalankan:
1.       Kepala dimiringkan di atas bahu kanan kemudian diputar sampai di atas bahu kiri, kembali ke bahu kanan sampai delapan kali hitungan. Setelah itu jari kanan di atas bahu diputar ke belakang sebanyak delapan kali. Lalu tangan tetap di atas bahu diputar ke depan sebanyak delapan kali pula.

2.       Relaksasi otot. Berbaring santai, lengan di samping kanan dan kiri, telapak kanan menghadap ke atas. Lalu tegangkan telapak kaki hingga merambat ke betis, paha, pinggul, dan dada. Pundak ditarik ke atas dan kedua telapak tangan dikepal kuat-kuat. Dahi dikerutkan, lidah ditarik ke arah langit-langit.

3.       Relaksasi pernapasan. Dalam keadaan berbaring, otomatis napas akan terdorong ke arah perut. Tarik napas panjang melewati hidung sambil hitung sampai 10. Kemudian embuskan napas perlahan-lahan lewat mulut, lakukan 10 kali.

4.       Relaksasi pikiran, langkah ini diwakili oleh indra mata. Setelah mata terpejam sejenak, buka mata perlahan-lahan sambil memandang satu titik tepat di atas mata, makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip, dan hitungan kelima mata akan menutup.
Pada saat ketiga unsur jiwa (perasaan, kemauan, dan pikiran) dan raga istirahat, masukkan program positif yang akan terekam dalam alam bawah sadar. Contoh program positif, “Saya dan janin di dalam kandungan akan tumbuh sehat. Dan saat persalinan akan menghadapinya dengan tenang.”
Relaksasi dan Hypnobirthing merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan bayi selama dalam kandungan dan saat ini dapat dibuktikan dengan USG 4 D. Dan bayi dalam kandungan masih punya unsur jiwa yang sederhanamyaitu perasaan.

Manfaat Hypnobirthing untuk ibu hamil dan pada saat persalinan:
1.      Mengurangi rasa mual,  muntah, pusing di trimester pertama.
2.      Merupakan formula dasar yang alami dari pain management dan tidak mempunyai efek samping terhadap janin.
3.      Membuat ibu mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi uterus
4.      Hypnobirthing mengajarkan relaksasi untuk mengeliminasi stress serta ketakutan menjelang kelahiran yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri dan sakit saat persalinan.
Manfaat Hypnobirthing pada saat mempersiapkan persalinan :
1.      Meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh untuk mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi dan mempercepat proses persalinan.
2.      Mengurangi resiko terjadi komplikasi dalam persalinan.
3.      Mengurangi resiko operasi dan mempercepat pemulihan ibu postpartum.
4.      Membantu untuk mengatasi pada pasien dengan hypertensi.
5.      Meningkatkan komunikasi dengan ‘’spirit baby’’ pada saat proses melahirkan.

Manfaat untuk janin :
1.      Membantu menjaga suplai O2 kepada bayi selama proses persalinan.
2.      Meningkatkan ikatan batin ibu terhadap bayi dan suami.
3.      Mencegah depresi pasca persalinan ( baby blues )
4.      Membantu kondisi janin terlepas dari kondisi terlilit tali pusat bahkan bisa memperbaiki posisi janin yang letak sungsang menjadi letak belakang kepala (pertek)

EVALUASI
1.      Apa itu hypnobirthing ?
Hypnobirthing adalah proses melahirkan dengan hypnosis dan lebih mengacu pada hipnoterapi, yakni latihan penanaman sugesti pada alam bawah sadar oleh ibu, untuk mendukung alam sadar yang mengendalikan tindakan sang ibu dalam menjalani proses persalinan.
2.      Apa manfaat hypnobirthing ?
·         Meminimalkan, dan bahkan menghilangkan, rasa takut, ketegangan, sindrom rasa sakit dan kepanikan selama proses persalinan dan periode setelahnya ( sehingga tidak menjadi trauma ).
·         Meminimalkan, dan bahkan menghilangkan, keinginan untuk menggunakan obat bius dan obat penghilang rasa sakit saat bersalin.
·         Mempersingkat fase awal proses persalinan, yaitu pembukaan, yang biasanya bisa memakan waktu 10 sampai 24 jam ( terutama untuk kelahiran anak pertama )
·         Menghilangkan keletihan yang amat sangat sehingga, setelah proses kelahiran bayi, sang ibu tetap bertenaga
·         Mengurangi kemungkinan terjadinya hiperventilasi ( pernapasan yang cepat dan pendek karena menahan rasa sakit ) saat persalinan berlangsung
·         Mempercepat masa pemulihan pasca persalinan
·         Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis
·         Mempererat ikatan batin ibu terhadap bayi dan sang suami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar