Selasa, 05 Februari 2013

Li lanqing


TEROBOSAN BARU DALAM PENDIDIKAN KEJURUAN DI CINA

Text Box: K
ebijakan Pemerintah Pusat untuk melakukan reformasi dan membuka diri terhadap dunia luar, dan pertumbuhan ekonomi yang kuat, hal itu mendorong permintaan untuk pekerja terampil di segala bidang, industri jasa pada khususnya. Untuk memenuhi permintaan itu,pada 1980-an dan awal 1990-an(Vocational Education Training / VET) atauPendidikan Kejuruan dan Pelatihannaik pesat (booming).

7.1. Pendidikan kejuruanharusberorientasi pekerjaan
Pewawancara:
 "Jelaskan bagaimanapendidikan kejuruandi Cinadikembangkanselama dekadeAndabertanggung jawab ataspendidikan."
Li Lanqing:
Dalam(Vocational Education Training / VET) atauPendidikan Kejuruan dan Pelatihandi Cina, pengertian moderndapatdilihatkembali ke 1966, pada tahun pembuatan Sekolah Pembuatan Kapal Industri dibangun diMawei, Provinsi Fujian. Apa yangditawarkandalam hal ini dan sekolah kejuruan termuda lain yang dikenal sebagai"pendidikanindustri". Oleh karena itu istilahnya "sekolahindustri".
Pendidikan kejuruantelah berkembangsejak berdirinyaCina Baru,terutamasetelahreformasi dan membuka diripada tahun 1978. Pada pertengahan 1990-an, pendidikanmenengahkejuruantelahmencapai puncak masanya, mendaftarkan siswa dengan jumlah yang hampir sama dengan sekolah menengah umum.Perluasanpendidikanmenengah kejuruanmeningkatkan bursa tenaga kerja danmeningkatkan kualitasmanufaktur, pengolahan dan pelayanan industri.
Namun,dalam konteksrestrukturisasiekonomidan kemajuanindustri hi-tech, pendidikanmenengah kejuruankami sedikit tertinggal. Keragaman,kurikulum, kualitasmengajar, dan penguasaan sekolah tidak memadaiuntuk melayanipembangunan ekonomi dankemajuan sosial.Sehingga mempercepatreformasidan pengembanganmenjadiprioritas.
Pemerintahmelakukanempat halyang signifikanuntuk mengatasimasalah ini.Pertama :Meningkatkankesadaran publikakan pentingnyapendidikankejuruan.Kedua, mempromosikan legislasi yang sesuai, standarisasi administrasi dan operasi sekolah dan pengetatan kontrol makro. Ketiga,memperdalamreformasiVETdan mempercepat pertumbuhannya.Keempat, pemerintah meneliti danmerumuskankebijakan danlangkah-langkah untuklebih meningkatkanpendidikankejuruan.
Pemerintah Pusat dan Daerahdi semua tingkatantelah membuatrencana danmengambilinisiatifpositif untuk menciptakanlingkungan dimanasegala macampendidikan kejuruandan teknisdapat berkembang, dan mendorongsemua sektor masyarakatuntuk terlibat.Mereka telah mencobauntuk membuatwajib belajar9 tahundanmenghilangkanbuta hurufdi kalangan remaja dan dewasa muda. Jugatelah dilakukanusaha untuk memperluaspendidikan umumdan kejuruanpada tahapmenengah atasdanuntuk memberikan kesempatanpendidikan yang beragambagi siswadi luar sekolahmenengah pertama.Dari titik awal tersebut pendidikan pascamenengah kejuruantelah tumbuh.
7.2 Peran VET dalam mempromosikan kekuatan produktif canggih
Pewawancara:
"Mengapa begitu penting untuk mempromosikan pendidikan kejuruan dengan begitu berat?"
Li Lanqing:     
Sama seperti produksi material sangat diperlukan untuk hidup, pendidikan kejuruan sangat penting,sehingga perlu upaya setiap daerah di bidang pendidikan. Saya sering mengatakan bahwa meskipun kita bergerak ke arah ekonomi pengetahuan dipelopori oleh TI dan bioteknologi, teknologi tersebut hanya berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi biaya dari barang yang dihasilkan. Mereka sendiri tidak pernah dapat menggantikan barang-barang. Akan konyol untuk mengatakan bahwa kita bisa menggantikan makanan dengan "perjamuan elektronik"; juga tidak bisa kita meninggalkan mobil dengan memperbaiki sebuah "elektronik" untuk beberapa kaki kita dan sebagainya. Selama produsen dan pendistribusiannyayang ada tidak peduli seberapa tinggi tingkat otomatisasi, operasi manusia tidak dapat total ditiadakan. Para ilmuwan, sarjana dan profesor memainkan peran penting dalam ekonomi kita dan kemajuan sosial. Mereka juga sangat penting dalam pengembangan materi, politik danperadaban spiritualkita. Peran mereka tak tergantikan oleh kelompok manusia lainnya. Sains dan technology merupakan kekuatan produktif utama, yang harus diterjemahkan ke dalam produktivitas praktis. Yang memerlukan keterlibatan dan kerjasama orang dalam berbagai perdagangan. Setiap jenis masyarakat pada setiap tahap membutuhkan berbagai perdagangan dan profesi. Masyarakat tidak bisa bertahan jika memiliki hanya satu jenis profesional yang semua memiliki hanya satu kelas, bahkan jika orang-orang semua memiliki PhD.
Pekerjaan terbagi dalam dua kategori utama: satu berfokus pada penelitian dan desain, danyang lain pada praktek dan operasi. Keduanya tidak dapat ditiadakan. Orang yang terlibat di bekas dibudidayakan terutama melalui pendidikan umum, yang terakhir melalui VET. Untuk menggunakan komoditas jadi sebagai gambaran, perbedaannya adalah bahwa mantan yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan, dan yang terakhir di bidang manufaktur. Sebuah produk yang baik dimulai dengan desain yang baik, tapi desain yang baik harus dilaksanakan oleh produsen baik diperoleh. Ketika kami pertama kali jalur produksi Volkswagen Jerman, desainnya semua Jerman, tetapi mobil-mobil yang kami buat tidak sebagus yang dirakit di Jerman. Mengapa? Alasan mendasar adalah bahwa pekerja perakitan kami belum selesai sebagai VET baik seperti rekan-rekan Jerman mereka. Kemudian, kami meningkatkan pelatihan tenaga teknis dan masalah itu terpecahkan. Cina adalah negara besar dalam hal penduduk, industri manufaktur dan produksi pertanian. Namun, untuk mengubah negara kita menjadi negara manufaktur yang kuat yang dapat bersaing di pasar global kita harus meningkatkan VET kita dan melatih ratusan juta operatif, teknisi dan jenis-jenis karyawanlain yang kompeten. Hal ini penting untuk misi pendidikan kita, dan karena ini saya telah menekankan bahwa VET merupakan prasyarat untuk modernisasi industri Cina dan pertanian.
7.4 Menghubungkan Pendidikan Reguler Dengan Pendidikan Kejuruan
Pewawancara:
"Bagaimana kita harus melihat dan menangani hubungan antara pendidikan menengah kejuruan dan pendidikan lanjutan umum senior?
Li Lanqing:
Saya pikir perbedaan mendasar adalah bahwa sekolah-sekolah menengah atas fokus pada pengajaran teori dasar dan pengetahuan umum dari berbagai disiplin ilmu, kurikulum mereka relatif tetap dan subjek mereka tidak diperpanjang ke daerah-daerah khusus. Sekolah kejuruan, di sisi lain, adalah "untuk digerakkan," yaitu, saat mengajar teori dasar yang diperlukan dan pengetahuan khusus, mereka yang dikhususkan untuk pelatihan dalam keterampilan praktis sesuai dengan kebutuhan tempat kerja.
Bagaimana kita mengembangkan kedua jenis pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan? Menurut pendapat saya,kita harus membangun sebuah sistem "dual-track" pendidikan dimana pendidikan umum dan pendidikan kejuruan dilakukan secara paralel untuk menghasilkan anggota konstruktif dari masyarakat. Harus diakui, mereka adalah jenis yang agak berbeda dari pendidikan, masing-masing memiliki fitur yang unik, tetapi interaksi di antara mereka adalah penting dan sangat mungkin. Misalnya, seorang mahasiswa calon dalam seni dan kerajinan yang telah belajar keterampilan praktis di sekolah kejuruan harus terus berjalan untuk meningkatkan tingkat teoretis dan pengetahuan umum dengan pergi ke perguruan tinggi. Jika tidak bagaimana ia menjadi master sejati? kita harus menciptakan kondisi dan membuat kebijakan untuk mempromosikan komunikasi antara kejuruan, dewasa dan pendidikan umum, dan antara pendidikan menengah kejuruan dan pasca-sekolah menengah dan pendidikan tinggi. Kita mungkin membandingkannya dengan membangun sebuah persimpangan pendidikan memungkinkan siswa lulus dari sekolah kejuruan untuk melanjutkan ke studi lanjutan.
7.5 sekolah kejuruan sekunder perlu untuk memperdalam reformasi dan membakukan nama mereka
Pewawancara:
Secara historis, sekolah teknik menengah dan sekolah pelatihan pekerja telah memainkan peran utama di negara kita, tetapi peran tersebut mundur selama pertengahan akhir 1990-an. Bagaimana anda melihat reformasi dari dua jenis sekolah ini?
Li Lanqing:
Setelah berdirinya Baru Cina, untuk memenuhi industrialisasi negara kita perlu di bawahperencanaan pusat, kami tertarik pada pengalaman Uni Soviet dan mendirikan sistem pendidikan kejuruan. Sistem ini terutama terdiri dari sekolah teknik menengah dan sekolah pelatihan pekerja. Kedua jenis sekolah menjadi andalan pendidikan kejuruan untuk waktu yang lama dan sangat memberikan kontribusi untuk pembangunan ekonomi nasional. Sekolah-sekolah menciptakan sejumlah besar teknisi junior dan tingkat menengah dan pekerja terampil yang telah mengisi toko produksi lantai dan pekerjaan manajemen, dan memenuhi kebutuhan untuk keterampilan teknis dalam banyak proyek konstruksi utama.
Kemudian muncul reformasi dan membuka diri. Perkembangan ekonomi yang pesat segera menciptakan suatu kebutuhan mendesak bagi staf teknis junior dan tingkat menengah. Untuk mengatasi kebutuhan itu dan untuk merestrukturisasi pendidikan menengah, sekolah senior menengah kejuruan bermunculan dalam jumlah besar. Sekolah-sekolah ini mengubah pandangan pendidikan menengah kejuruan yang sebelumnya hanya memiliki dua jenis sekolah. Sekolah teknik dewasa yang ditambahkan ke dalam jajaran pada paruh kedua 1990-an.
7.6 universitas Junior, dan dewasa dapat dikonversi menjadi pasca-sekolah menengah kejuruan
Pewawancara:
Di bawah sistem pendidikan tinggi Cina, ada sejenis lembaga accademic dikenal sebagai "junior college." Bagaimana Anda melihat tingkat pendidikan ini? Anda memegang bahwa lembaga-lembaga dan universitas dewasa harus diubah menjadi pasca-sekolah menengah kejuruan. Apa pemikiran di balik ini?
Li Lanqing:
Sebelum "revolusi budaya" (1966 - 1976), peran utama dari junior collegesadalah untuk memberikan pelatihan keterampilan tenaga kerja. Namun, mereka secara bertahap berkembang menjadi apa yang disebut perguruan tinggi biasa yang terkupas, tapi mereka dibandingkan pengaruh tidak baik dengan perguruan tinggi reguler dalam mengajar pengetahuan teoritis, dan dengan sekolah-sekolah kejuruan di lewat di tangan-keterampilan. Akibatnya, lulusan mereka sering berjuang untuk mencari pekerjaan.
Selama bertahun-tahun kita telah peduli dengan masalah mendapatkan pekerjaan untuk lulusan junior college, tetapi senang dengan prospek pekerjaan yang baik untuk pasca-sekolah menengah lulusan sekolah kejuruan. Itulah sebabnya kami senang bahwa junior college banyak telah dikonversi menjadi pasca-sekolah menengah kejuruan. Mereka menawarkan kursus completted yang ddress pasar kebutuhan dan teaach tentang pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis. Lulusan mereka sehingga diterima dengan baik di tempat kerja.
Electromechanics Shanghai pasca-sekolah menengah Sekolah Teknik, misalnya telah membawa lembaga Shanghai ke pendidikan yang lebih tinggi selama beberapa tahun dengan tingkat kerja 93%, dan peringkat kedua dalam hal ini pada tahun 2003. Kuliah Nantong Kejuruan dan Teknik Kota di provinsi Jiangsu telah melaporkan tingkat kerja lebih dari 97% atau tiga tahun berturut-turut telah mencapai puncaknya di 99% pada tahun 2003.Figur untuk Sekolah Kejuruan dan Teknik Shenzen telah berjalan sebelum itu menghantam sebuah rekor tertinggi 95% pada tahun 2003. Junior College mengubahSekolah Kejuruan Agrikultur dan Teknik Liaoning mempertahankan rasio lebih dari 90% dengan berfokus pada teknologi pertanian untuk daerah pedesaan dan inisiatif provinsi membuat kontribusi yang baik  "lulusan salah satu perguruan tinggi untuk setiap desa"
Top of Form
Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa keberhasilan bagi sebuah sekolah kejuruan terletak pada tujuan pengajaran, isi dan metode dan dalam apakah subjeknya benar-benar memenuhi kebutuhan yang sebenarnya. Baru saja saya meminta para pemimpin lokal untuk meninjau kembali beberapa sekolah kejuruan dan teknik saya telah diperiksa di Shizuishan di Ningxia, Shenzhen, Xi'au, Changchun dan, Shuzou Industrial Park. Para pemimpin semua mengatakan kepada saya bahwa hal-hal baik-baik saja dengan semua perguruan tinggi ini dan situasi pekerjaan mereka.
Saya telah menyarankan bahwa di mana kondisi memungkinkan, setiap universitas menjalankan sebuah perguruan tinggi kejuruan dan teknik, dan junior college dan universitas dewasa secara bertahap direstrukturisasi ke pasca-sekolah menengah kejuruan. Namun saya khawatir bahwa Universitas akan mengubah status mereka untuk perguruan tinggi kejuruan dan teknis dalam nama saja, dan mempertahankan standar rendah yang sama dari junior college biasa.
Yang ingin saya tekankan adalah universitas dapat berhasil dalam menjalankan kejuruan dan teknisperguruan tinggi asalkan renang sumber daya mereka, mengumpulkan mampu, berbeagai staf,dan mengikuti tujuan, isi dan metode yang diperlukan seperti perguruan tinggi. Hal ini tentu tidak ada masalah untuk multi-disiplin universitas. Yang penting adalah peraturan yang mengatur pendidikan pasca sekolah menengah kejuruan dan teknis harus diperhatikan, dan pihak berwenang yang bertanggung jawab harus menegakkan administrasi mereka atas perguruan tinggi ini.
7.7 Mempercepat pengembangan pendidikan pasca sekolah menengah kejuruan
Pewawancara:
"Cina terbiasa menekankan pada pendidikan menengah kejuruan (dari pendidikan pasca sekolah menengah kejuruan). Hanya dalam beberapa tahun terakhir pasca-sekolah menengah pendidikan kejuruan secara bertahap muncul. Tolong beritahu kami sesuatu tentang bagaimana ia muncul, signifikansi, dan cara memajukan itu.
Li Lanqing:
Faktanya, pendidikan pasca sekolah menengah kejuruan bukan hal yang baru bagi China, dan beberapa sekolah telah mendapatkan reputasi yang baik untuk memberikan pendidikan waktu yang lama. Beberapa daerah yang sudah berjalan jangka pendek pasca-sekolah menengah kejuruan universitas pada awal 1980-an. Pada tahun 1990, strategi kami adalah untuk mengembangkan pendidikan pasca sekolah menengah kejuruan dengan penataan universitas kejuruan, akademi dan universitas dewasa serta upgrade beberapa sekolah menengah kejuruan senior terkemuka. Menjelang akhir 1990-an, kami memutuskan bahwa sebagian besar kuota pemerintah untuk memperluas pendaftaran ke perguruan tinggi harus dialokasikan untuk pendidikan pasca sekolah menengah kejuruan.
Dari pertumbuhan yang kuat ekonomi Cina adalah panggilan mendesak bagi orang dengan pengetahuan teoritis dan keterampilan teknis. Mengembangkan pendidikan menengah kejuruan saja tidak cukup untuk menjawab panggilan itu. Hal ini menjadi semakin penting untuk mengembangkan pendidikan pasca sekolah menengah kejuruan. Tampak bagi saya bahwa bangsa kita harus memikirkan kembali strategi untuk pendidikan kejuruan. Sambil terus memberikan prioritas untuk mengembangkan itu di tingkat sekunder, kita perlu menggeser dorong kami untuk mempercepat pertumbuhan pasca-sekolah menengah pendidikan kejuruan langkah demi langkah, satu demi satu wilayah, terutama di daerah yang lebih baik dikembangkan. Di balik pertimbangan ini ada realitas yang serius sebelum 1998, lebih dari setengah lulusan sekolah menengah senior kami tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dan bahwa bahkan setelah pendaftaran kuliah diperluas pada tahun 1999 stiil sekitar 40% tidak bisa datang. Lulusan sekolah ini, dengan tidak ada kesempatan pendidikan tinggi harus menerima pendidikan menengah kejuruan, dan tiga mereka tahun sekolah pada pendidikan menengah akan sia-sia. Pasca-1996 sebagian besar lulusan SLTA lahir di bawah kebijakan satu anak. Kegagalan mereka untuk kuliah menempatkan mereka dan orang tua mereka di bawah tekanan besar. Semua orang tua menginginkan pendidikan yang baik untuk anak mereka. Mereka khawatir jika anak-anak mereka dibiarkan untuk berkeliaran dengan tidak ada hubungannya setelah gagal ujian masuk perguruan tinggi, untuk anak-anak ini tidak memiliki sarana untuk mencari nafkah atau tidak siap untuk belajar mandiri. Beberapa bahkan bisa menjadi kewajiban sosial. Ini adalah masalah besar yang membutuhkan solusi mendesak
Pendidikan pasca sekolah menengah kejuruan adalah bagian komponen pendidikan tinggi, danpendidikan berarti lebih banyak kesempatan bagi anak-anak ini untuk melanjutkan studi mereka. Lulusan sekolah menengah pertama dapat pergi ke sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan, dan lulusan sekunder atau sekunder sekolah menengah kejuruan dapat memilih untuk kuliah dengan melewati ujian masuk atau applyng untuk sekolah kejuruan pos-sekunder
7,8 Puting premi pada budidaya top-notch teknisi dan pekerja terampil
Pewawancara:
Situasi dengan senior leveI teknisi dan pekerja terampil di China telah memberikan perhatian khusus selama beberapa tahun terakhir, karena tidak sejalan dengan ambisi kami untuk menjadi negara manufaktur besar. Dapatkah saya mendengar pendapat Anda tentang ini?
Li Lanqing:
Bangsa kita terdiri manufaktur besar dan peringkat keempat di dunia dalam nilai tambah manufaktur. Di rumah, manufaktur memegang posisi penting dalam perekonomian nasional akuntansi selama lebih dari 40% dari PDB dan 50% dari pendapatan pajak. "Meskipun China sekarang menjadi negara berkembang yang baru saja memasuki tahap menengah industrialisasi, kualitas keseluruhan dan daya saing komprehensif pembuatan pabrik masih mengekor jauh di belakang negara-negara top dunia manufaktur. Faktor penting untuk ini adalah bahwa kita telah lama menderita kekurangan tenaga teknis yang kompeten, teknisi tingkat sangat tinggi, diperlukan untuk manufaktur modern. Produktivitas tenaga kerja adalah 5% saja dari beberapa negara manufaktur maju. Angka yang dikeluarkan oleh PBB Organisasi Pengembangan Industri (IDO) menunjukkan bahwa China hanya peringkat ke-59 di dunia dalam hal indeks keterampilan tenaga kerja. Adapun komposisi pekerja terampil di negara maju pekerja terampil senior yang membentuk 35%, tingkat menengah 50%, dan SMP tingkat 15% dari angkatan kerja, dibandingkan dengan 5%, 35%, dan 60% masing-masing untuk cina. Ini benar-benar mengkhawatirkan.
 Pengembangan dan penyebaranbijaksana berkaliber tinggi tenaga teknis memiliki dampak langsungpada kualitas tenaga kerja suatu perusahaan dan daya saing inti, tetapi juga mempengaruhi kecepatan dan kualitas menerjemahkan teknologi canggih dan inovasi menjadi kekuatan produktif. Oleh karena itu memiliki implikasi untuk komitmen Cina untuk menjadi negara manufaktur yang kuat.
Untuk meningkatkan pelatihan personil teknis senior, kita harus pertama untuk mereformasi dan memperluas pendidikan kejuruan pada pasca-sekolah menengah tingkat pada khususnya. Ini adalah sesuatu yang saya telah berbicara tentang panjang lebar. Tapi ini hanya salah satu aspek dari apa yang kita perlu lakukan. Lebih penting lagi, kita harus menciptakan mekanisme untuk menarik dan merangsang inisiatiftenaga teknis terampil. Kita harus melihat personil terampil dalam cahaya yang berbeda tentang orang-orang dengan keahlian tinggi sebagai aset langka dan berharga, bekerja untuk meningkatkan status sosial mereka dan memberi mereka pertimbangan ketika merumuskan kebijakan yang relevan.
Selanjutnya kami harus meningkatkan sistem untuk mengevaluasi kualifikasi kejuruan dansistem sertifikasi. Kriteria akreditasi kejuruan harus diletakkan padalebih rasional pijakan. Dalam pemberian sertifikat teknisi senior, jalur senioritas berbasis"hak kakek" harus dihapuskan serta mendorong orang muda untukbekerja ke arah senior teknisi status. Tenaga terampil harus mendapatkan perlakuan istimewa dan sistem untuk penghargaan harus dibangun untuk pekerja teknis yang berwenang mengikat keterampilan dan keahlian untuk pendapatan dan manfaat lainnya. Kami dapat meluncurkan kontes sepanjang baris "China Skills Garnd Award" dan "Tangan Terampil Nasional" untuk api antusiasme pekerja, terutama yang muda, untuk belajar keterampilan. Kita bisa menciptakan atmrosphere di mana keterampilan dinilai dan orang dihargai ketika mereka mencapai keahlian dalam bidang pilihan mereka.
Adapun cara yang efektif untuk pengantin pria dan menggunakan tingkat tinggi personnell terampil, pekerja senior yang dinobatkan sebagai "Raja Las" setelah memenangkan penghargaan skils nasional menyatakan lima keinginan.
Pertama, untuk meningkatkan status politik pekerja terampil. Hanya dengan menempatkan pelatihanpekerja terampil setara dengan pelatihan teknisi dan manajer dapat perusahaan mempertahankan kemampuannya untuk bersaing.
Kedua, untuk meningkatkan manfaat teknis pekerja kesejahteraan. Hanya dengan memberikan preferensialmembayar dan manfaat bagi pekerja terampil, terutama mereka yang memiliki keahlian khusus, bisa pekerja harus didorong untuk mengasah ketrampilan mereka pada keunggulan dan situasi yang berlaku diubah dimana pekerja muda tidak termotivasi untuk belajar.
Ketiga, untuk mendorong pertukaran teknis di antara para pekerja terampil, sebuah praktik yangpenting untuk meningkatkan tingkat keahlian mereka.
Keempat, untuk terus meningkatkan pendidikan buruh dan tingkat budaya. Para pekerja kita harusterus meningkatkan diri dalam hal ini jika mereka ingin beradaptasi dengan masyarakat saat ini. Perusahaan harus menyediakan mereka dengan peluang yang diperlukan.
Kelima, untuk memiliki kacang teknis sulit untuk retak. Prestasi luar biasa datang dari praktek. Tanpa kesempatan yang cukup untuk menangani tugas-tugas menuntut dan mengatasi masalah rumit, pekerja tidak dapat mempertahankan atau memperbaiki keterampilan mereka, dan mereka yang langka dan berhargakeahlian tidak bisa mengajar rekan-rekan mereka.
 Daftar keinginan ini pekerja senior menawarkan panduan yang jelas untuk mengembangkan keunggulan dalamtempat kerja, dan kita harus menganggapnya serius.
7.9 Menggambar pada pengalaman negara maju dalam mengembangkan pendidikan kejuruan
Pewawancara:
Banyak negara maju mengatur toko besar dengan VET. Jerman, misalnya, sering bangga dalam pendidikan kejuruan negara mereka. Apa inspirasi dan pengalaman yang bermanfaat yang bisa kita ambil dari mereka?
Li Lanqing:
Sama seperti Anda katakan, banyak negara maju meletakkan berat badan yang besar pada VET dan Jerman adalah contoh yang baik. Setelah Jerman muda telah menyelesaikan pendidikan dasar, mereka diberi dua pilihan untuk karir masa depan mereka. Mereka dapat melanjutkan pendidikan umum atau menghadiri sebuah sekolah kejuruan. Kedua jenis pendidikan sama penting untuk sistem pendidikan seluruh Jerman. Dari kontak saya dengan para pemimpin Jerman, saya mendapat kesan bahwa, terlepas dari afiliasi partai mereka, pemimpin Jerman selalu bangga dalam keberhasilan VET negara mereka. Saya melihat ke dalam sistem kejuruan mereka -. "Sistem ganda" yang terdiri dari perusahaan-menjalankan pusat pelatihan kejuruan dan sekolah kejuruan khusus waktu sekolah mereka dibagi 60-70% pada di-tanaman pelatihan, 30-40% pada pendidikan sekolah dalam teori profesional dan pengetahuan dasar. Menurut hukum Jerman, semua perusahaan harus mendirikan sebuah pusat VET atau posisi di mana siswa pergi untuk pendidikan kejuruan Perusahaan-perusahaan besar harus mendirikan sebuah pusat VET,. dan tidak ada siswa diijinkan untuk mengambil pekerjaan di pabrik tanpa usaha pertama dan melewati . VET Isi VET terdiri dari tiga bagian utama: pengetahuan teoritis dasar, pelatihan keterampilan dasar dan etika profesional dasar.
Saya ingat saat mengunjungi pusat VET di sebuah pabrik Jerman. Seorang instruktur mengajar trainee bagaimana untuk kelancaran sebuah hasil kerja dengan file pada mesin kuno. Saya bingung, karena adegan itu membawa saya kembali ke dekade saya sendiri pengalaman belajar sebelumnya.Waktu itu, saya adalah seorang mahasiswa yang menjalani di-tanaman pelatihan dalam peralatan mesin danbelajar keterampilan perencanaan, penggilingan dan bangku kerja. Tentu saja, perbedaannya adalah bahwamesin alat yang kita digunakan adalah dari jenis belt-driven, "barang antik" Jerman mungkin bisa hanya menemukan di museum sekarang. Saya bertanya kepada kepala pabrik, dengan otomatisasi yang dikendalikan todays digital, mengapa siswa diwajibkan untuk belajar menggunakan alat-alat obsolate dan sebagian besar dihentikan, metode produksi dan keterampilan? Dia mengatakan kepada saya bahwa untuk peserta baru, mereka harus terlebih dahulu mempelajari keterampilan dasar dan peralatan otomatis akan datang kemudian. Dia juga mengatakan kepada saya bahwa meskipun hal-hal ini tampak cukup "antik" salah satu tujuan mereka dalam mengajar peralatan modern adalah membiarkan siswa tahu tidak hanya "bagaimana" tapi juga "mengapa", dan dengan itu dalam pikiran siswa mulai dengan dasar-dasar. Bahkan, keterampilan kerja bangku dan teknik operasi untuk peralatan lama yang jauh lebih rumit daripada kit modern. Tujuan penting kedua dan mungkin rnore adalah untuk menumbuhkan sikap teliti dan cermat untuk bekerja dan menanamkan gagasan bahwa "kualitas adalah garis hidup ini," jadi orang harus cermat dalam setiap tindakan. Peralatan otomatis terlihat mudah, tetapi setiap insiden yang disebabkan oleh kelalaian cenderung menjadi salah satu utama. Kepala itu kemudian membawa kami untuk melihat produk para siswa telah dibuat dengan tangan dengan orang kuno mesin. Kami were'amazed. Pameran lebih mirip benda seni indah dari produk industri. Tidak peduli bagaimana Anda pilih-pilih, Anda tidak bisa menemukan cacat di dalamnya.
7.10 Melampirkan pentingnya untuk menciptakan kontingen guru VET berkualitas
Pewawancara:
Seorang anggota fakultas VET berkualitas perlu memiliki pengetahuan dalam keterampilan bantuan bidang tertentu yang relevan. Dalam arti itu, kualifikasi menuntut guru VET tampak lebih tinggi daripada guru di pendidikan umum. Bagaimana masalah ini ditangani?
Li Lanqing:
Dalam sepuluh tahun ini, seiring dengan perkembangan pendidikan kejuruan, kami telah memberikan perhatian lebih untuk menciptakan tubuh guru VET berkualitas. Kami telah membuat kemajuan besar, dan tim kami telah melihat peningkatan yang mengesankan dalam kualitas dan komposisi.
Pada tahun 2002, total jumlah penuh waktu guru VET di seluruh negeri mencapai 700.000. Di antaranya, proporsi guru yang telah mencapai kualifikasi dalam mata pelajaran umum dan khusus meningkat dari 40% pada tahun 1993 menjadi lebih dari 60% pada tahun 2002, dan instruktur latihan lapangan mencapai sasaran mereka yang umumnya memenuhi syarat untuk pekerjaan mereka.
Namun demikian, pasokan guru VET belum memenuhi permintaan dalam hal kuantitas atau kualitas. Persyaratan kualifikasi untuk guru pendidikan kejuruan berbeda dari guru untuk pendidikan umum. Guru pendidikan kejuruan seharusnya tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis tetapi juga mahir keterampilan praktis dan petunjuk lapangan. Ini sebabnya kami telah menyerukan pembentukan sebuah "tipe ganda" pengajaran fakultas untuk pendidikan vocasional. Pertama, guru VET tetap, harus mengajarkan baik pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis. Kedua, sejumlah buruh yang sangat terampil dan teknisi dari perusahaan dan lembaga harus direkrut sebagai bagian-waktu guru untuk pelatihan keterampilan praktis. Ini "tipe ganda" persyaratan untuk staf VET pengajaran berasal dari sifat dan tujuan dari pendidikan kejuruan. Saya punya beberapa pengalaman pribadi ini. Sebagai mahasiswa saya belajar tentang struktur sebuah poros belakang dan prinsip diferensial dalam subjek pada prinsip-prinsip mekanik. Guru mengajarkan kita bahwa ketika sebuah mobil membuat putaran u, mekanisme diferensial di poros belakang menyebabkan dua roda penggerak belakang untuk berjalan pada kecepatan yang berbeda dengan cara transmisi roda gigi, yang terdiri dari planet bevel heliks dan roda gigi bevel. Teman sekelas saya dan saya mencoba untuk memahami ini, tetapi tidak berhasil. Pada saat itu, pemerintah yang mengalokasikan ke Chen Wangdao, universitas presiden kami, sebuah mobil baru dibuat di Uni Soviet, jadi dia mengutus Buick tuanyake pabrik tempat kerja kami. Kami mengambil gigi belakang Buick mekanisme diferensial di bawah bimbingan guru dan melalui instruksinya kita segera melihat semuanya dengan jelas. Sekarang kita berada dalam era teknologi informasi dan multimedia, jika kondisi tidak mengizinkan tangan-instruksi praktis, kita dapat mencapai hal yang samamelalui pencitraan 3D dan teknologi multimedia lainnya. Selain itu, teknologi ini dapat memecahkan masalah yang dengan observasi fisik tidak bisa. Sebagai contoh, bagaimana bentuk ruang pembakaran mesin mobil memberikan efisiensi pembakaran tertinggi? mungkin jawabannya hanya dapat ditentukan melalui komputer berderak jumlah dan pencitraan 3D. Sehingga kualitas dan efisiensi pengajaran pendidikan kejuruan akan jauh lebih baik jika perusahaan dapat memasok bahan pengajaran multimedia untuk beberapa program studi dan disiplin.
Mengingat persyaratan kualifikasi yang berbeda untuk guru VET, kita seharusnya tidak hanyamemberi model pelatihan pada mereka untuk guru pendidikan umum. Sebaliknya, kita harus melihatuntuk pendekatan baru sejalan dengan prinsip membangun sebuah "tipe ganda" kontingenguru dalam pendidikan kejuruan. Rencana aksi untuk Rejuvenating Pendidikan untukAbad ke-21 disahkan oleh Dewan Negara pada tahun 1999 menyerukan program untuk membangun denganbantuan finaansial pemerintah pusat, jaringan nasional dari 50 pusat pelatihan utama yang berafiliasi dengan universitas dan perguruan tinggi kejuruan dan teknis. Selama bertahun-tahun, Departemen Pendidikan telah berupaya untuk membangun 52 kunci pusat pelatihan nasional guru VET dan enam perusahaan-terlampir menampilkan untuk guru VET pelatihan keterampilan teknis.
7.11 Membawa sekolah untuk langkah pintu petani
Pewawancara:
Program pelatihan Anda sebagian besar hanya disebutkan di kota-kota, tetapi bagaimana
bila pendidikan dan pelatihan semacam itu dilakukan untuk massa petani di pedesaan?
Li Lanqing:
Benar, sebagian besar sekolah kejuruan dan program pelatihan dilakukan di kota-kota, dan jika petani ingin pendidikan dan pelatihan semacam itu, mereka tidak memiliki pilihan selain melakukan perjalanan. Seperti kondisi nasional saat ini berdiri, di pedesaan kita belum mampu melakukan lebih dari menggabungkan pendidikan kejuruan menjadi wajib belajar karena daerah pedesaan paling tidak memiliki kondisi untuk Sekolah pendidikan kejuruan formal. Namun, di samping kebijakan preferensial dan pemerintah menghabiskan pertumbuhan agrikultur dan pendapatan petani akhirnya bergantung pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengetahuan ilmiah dan teknik pertanian modern tidak dapat menghasilkan hasil bahan kecuali itu dikuasai oleh banyak.
Sejak reformasi dan keterbukaan dimulai, kebijakan kita terhadap pendidikan pedesaan telahdiarahkan untuk membawa sekolah-sekolah serta sumber daya VET dibawah perencanaan secara keseluruhan. Fondasi telah diletakkan untuk jaringan pendidikan nasional dewasa pedesaan atau negara, kota dan desa. Pada tahun 2002, bangsa mengoperasikan 487.000 sekolah dasar dan menengah umum-pengetahuan dan teknis, termasuk 35.700 di tingkat kota dan 338.000 di tingkat desa. Sekolah-sekolah ini memberikan pelatihan kepada 81.900.000 petani atau 16,4% dari total angkatan kerja pedesaan, dan total 460 juta petani menerima pelatihan selama periode l998 - 2002.
7.12 Mendorong lima kunci reformasi dalam pendidikan kejuruan
Pewawancara:
"Tantangan baru apa yang dihadapi pendidikan kejuruan hari ini? Anda telah menyerukan terobosan baru dalam pendidikan kejuruan. Bagaimana Anda merekomendasikan kita melakukan ini?
Li Lanqing:
Bangsa kita telah sampai jauh dalam pendidikan kejuruan selama bertahun-tahun, tetapi adamasih banyak daaerahyang harusditutupi untuk mengikuti gerakan cepat kemajuan ekonomi dan sosial kita. Selain itu, dengan munculnya ekonomi pengetahuan dan aksesi kami ke WTO, kita menghadapi tantangan besar untuk melatih para pekerja profesional yang kompeten dan berkualitas.
Pada konferensi nasional untuk pendidikan kejuruan yang diselenggarakan pada bulan Juli 2002, Dewan Negara mengeluarkan Keputusan dalam Memajukan Reformasi dan Pengembangan Pendidikan Kejuruan. Perdana Menteri Zhu Rongji, Wakil Perdana Menteri Wu Bangguo dan saya berbicara di konferensi, dan Menteri Pendidikan Chen Zhili menyampaikan laporan pada topik tersebut. Dalam pidato saya, saya menganalisis keberhasilan dan kegagalan dalam pendidikan kejuruan kita, dan mengangkat persyaratan baru untuk reformasi dan pembangunan di bidang ini. Sambil menegaskan prestasi yang telahkami buaat, saya juga menunjukkan sejumlah masalah utama. Pertama, beberapa daerah tidak mengenali pentingnya pendidikan kejuruan dan pendidikan umum masih digemari dibandingkan VET. Kedua, modus pendidikan kejuruan monotous, penggalangan dana saluran tersebut belum disesuaikan, dan reformasi kurikulum dan pengajaran agak tertinggal dari permintaan pasar tenaga kerja. Ketiga, pengembangan dalam pendidikan kejuruan tidak rata secara nasional dan lambat di daerah pedesaan dan daerah barat. Keempat, izin kerja sistem dan sistem akreditasi kejuruan tersebut belum secara memadai diimplementasikan.
Untuk memenuhi tuntutan dan menciptakan peluang baru dalam pendidikan kejuruan, saya menyoroti lima reformasi.
Pertama mendorong reformasi administrasi dan membangun sistem multi level pendidikan kejuruan administratif di bawah pimpinan dewan negara dengan daerah memainkan peran sentral dan sektor non-pemerintah yang berpartisipasi dalam rencana pemerintah keseluruhan. Sistem lama administrasi kami lahir dari perencanaan pusat dan sangat bergantung pada dukungan negara dan tindakan administratif dalam menjalankan pendidikan kejuruan.Sejak terjadinya reformasi dan membuka diri, banyak yang telah dilakukan untuk merombak sistem tetapi kita belum membuat terobosan radikal. Penarikan mayor utama sistem tetap seperti kompartementalisasi kaku tanggung jawab antara pemerintah pusat dan daerah, fungsi tumpang tindih, modus monoton sekolah pemerintahan, perencanaan keseluruhan tidak kompeten, gagal untuk mengalokasikan dan memanfaatkan sumber daya pendidikan efektivitas tively, dan sekolah memiliki sedikit Keputusan yang kekuasaan membuat semua kelemahan ini secara serius menghambat pengembangan pendidikan kejuruan. Jadi saya menyerukan reformasi lebih lanjut, dengan penekanan pada pemerintah untuk memperkuat perencanaan keseluruhan dan fungsi administratif, melibatkan semua kalangan dalam menjalankan pendidikan kejuruan dan secara bertahap menciptakan sistem administrasi VET kyang ompatibel dengan ekonomi pasar sosialis.
Sementara memperjelas fungsi dan kewajiban pusat dan menekankan peran pemerintah perfektur. Pemerintah perfektur harus memainkan peran koordinasi lebih besar dalam perencanaan keseluruhan, pembuatan kebijakan, sekolah berjalan dan alokasi sumber daya. Mereka harus menyusun rencana VET dan rencana pembangunan sosial ekonomi yang komprehensif
Mereka harus berkoordinasi dengan departemen terkait, perdagangan dan profesi dalam merumuskan kebijakan dan langkah-langkah yang mendorong pendidikan kejuruan. Mereka juga harus menyiapkan struktur pendidikan untuk memfasilitasi dukungan suara segmen sosial terkoordinasi untuk mensponsori berbagai pendidikan kejuruan. Akhirnya mereka harus menerobos batas departemen dan mengintegrasikan sumber daya pendidikan.
Kedua, memperdalam reformasi sistem VET dan membawa sekolah umum menjalankan pola di mana pemerintah memainkan peran utama, dan berbagai profesi, perdagangan, dan segmen sosial mengambil bagian aktif. Untuk mencapai tujuan panggilan untuk upaya dari enam bidang. Satu, pemerintah daerah harus terus mengembangkan sekolah kejuruan lokal dan pusat pelatihan, dan membimbing departemen industri dan perusahaan dalam menjalankan lembaga mereka sendiri VET. Dua, departemen administrasi industri harus terus menjalankan sekolah mereka sendiri kejuruan dan pusat pelatihan. Mereka harus berkoordinasi dengan pendidikan kejuruan dan industri masing-masing dan profesi.Sementara itu, asosiasi industri diharapkan untuk dapat memprediksi permintaan untuk sumber daya manusia dan menyusun rencana sesuai VET-Asosiasi harus membimbing pekerja kejuruan pendidikan dan pelatihan dan akreditasi keterampilan mereka. Mereka harus melibatkan diri dalam menyempurnakan kurikulum, menyusun buku pelajaran, dan pelatihan guru. Tiga, perusahaan harus diberikan kekuasaan lebih untuk membuat keputusan dalam meningkatkan pendidikan dan pelatihan pekerja mereka sendiri, berkolaborasi dengan sekolah-sekolah kejuruan untuk memberikan bentuk yang beragam pelatihan "untuk-mengukur'' program pelatihan, dan menyediakan sekolah dengan instruktur paruh waktu dan siswa mereka dengan tempat kerja lapangan dan fasilitas. Empat, pemerintah daerah dan organisasi publik dapat mendukung pengembangan pribadi sekolah-sekolah kejuruan dengan menyewa secara kolektif aset negara atau untuk mereka. Lima, untuk memperkenalkan secara aktif sumber kualitas VET dari bagian lain dari organisasi dunia, dan individu di luar negeri harus diberi wewenang menurut hukum untuk menjalankan standar tinggi sekolah kejuruan atau pusat pelatihan kerja dalam kerjasama dengan lembaga VET atau organisasi lain sementara berjuang untuk membuka pasar luar negeri pekerjaan bagi lulusan. Dalam bentuk kolaborasi sekolah berjalan, bagaimanapun, kemitraan asing harus diperiksa secara ketat untuk mencegah praktik penipuan. Enam,. sementara mengerahkan upaya berbagai kalangan untuk diversifikasi cara dan sarana untuk pendidikan kejuruan, dan mengatur administrasi di bidang ini menurut hukum, kita harus memberikan otonomi sekolah kejuruan lebih banyak dan membantu mereka meningkatkan kemampuan mereka untuk beroperasi dan berkembang secara mandiri.
Ketiga, memperdalam reformasi pengajaran di sekolah kejuruan sehingga dapat menghubungkan pendidikan kejuruan lebih erat dengan pembangunan sosial ekonomi, hanya dengan mengikuti tuntutan pasar, perusahaan dan masyarakat, meningkatkan standar pengajaran dan mempromosikan kerja, pendidikan kejuruan dapat mempertahankan vitalitasnya . Alasan utama mengapa beberapa sekolah kejuruan yang sukses tapi yang lain tidak, adalah penyampaian program pengajaran yang tidak memenuhi kebutuhan pasar. Seperti yang saya lihat, mengajar dalam reformasi pendidikan kejuruan harus difokuskan pada tiga aspek.
Mereka yang melanggar aturan dan peraturan harus didiskualifikasi dan dikenakan sanksi yang sesuai. Konferensi ini juga berlaku ketentuan rinci dalam hal memperkuat kepemimpinan pendidikan kejuruan, mencari beberapa sumber pendanaan untuk meningkatkan masukan, menciptakan lingkungan sosial yang mendukung untuk pengembangan VET dan sebagainya.
7.13 Promosikan pendidikan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan odegan masyarakat dan individ
Pewawancara:
Dalam era perubahan teknologi yang cepat, banyak negara berfokus pada pasca-kerja pendidikan berkelanjutan. Bagaimana China bereaksi terhadap tantangan ini?
Li Lanqing:
Perguruan tinggi dan universitas di China biasanya hanya memberikan pendidikan pra-kerja,berbeda dengan apa yang terjadi di beberapa negara asing. Di Universitas Harvard, misalnya, melanjutkan pendidikan rekening untuk pangsa yang cukup besar dari program-programnya. Di sekolah bisnis, bukan merekrut lulusan segar dari perguruan tinggi, program MBA sering mendaftar pemimpin perusahaan untuk studi beberapa bulan pada interval kerja
Sebaliknya, sebagian besar mahasiswa di negara kita tidak mengejar studi lanjutan ataumeningkatkan pengetahuan mereka dengan cara yang sistematis setelah lulus. Sebaliknya, lulusan melanjutkan kehidupan mereka berdasarkan pengetahuan yang mereka pelajari di perguruan tinggi, ini tidak dapat dilanjutkan. Dalam dunia sekarang ini, dengan arus konstan teknologi dan pengetahuan baru, kita harus bertahan dalam menguasai teknologi sekarang dan mengisi pengetahuan kita. Itulah sebabnya Presiden Jiang Zemin sering menekankan bahwa pejabat kita harus melipatgandakan usaha mereka dalam belajar.
Bagaimana kita melanjutkan tentang hal ini? Salah satu cara adalah mengejar pendidikan berkelanjutan. Dengan restrukturisasi organisasional Dewan Negara pada tahun 1998, banyak anggota staf menjadi berlebihan. Saya menyarankan bahwa, terutama yang lebih muda dari orang-orang, mungkin pergi ke perguruan tinggi secara cuti studi. Beberapa mungkin hanya pergi untuk belajar bahasa asing. Sehingga mengatasi kelemahan. Jika seorang pejabat pada usia yang relatif muda membawa serta penerjemah setiap kali ia mengunjungi negara asing, bagaimana ia berkomunikasi secara efektif dengan mitra asing dan bagaimana kita bisa benar-benar menyerap prestasi negara maju?
Selama krisis keuangan Asia tahun 1997, saya membaca beberapa komentar asing sehari-hari. Beberapa komentator mengatakan bahwa beberapaanalisis akarkrisis penyebab tidak memiliki kedalaman psrs cendekiawan China tertentu, dan penanggulangan merekamengusulkan analisis terlalu samar untuk memiliki kedalaman yang lebih penting lagi, kita harus belajar untuk belajar. Tidak akan bersama-sama untuk hanya mengikis kliping koran, IIFT beberapa bagian dan datang dengan briefing dangkal. Untuk membuat kontribusi yang berharga untuk pembuatan kebijakan pemerintah, pejabat kita harus memiliki dasar pengetahuan yang kokoh dan benar-benar berada di atas subjek. Secara khusus, mereka tidak pernah harus berhenti memperoleh pengetahuan. Ini adalah salah satu alasan saya untuk mengatakan bahwa universitas-universitas kita harus mengembangkan dan menyediakan pendidikan berkelanjutan
7.14.        Pendidikan orang dewasa mengubah pendidikan sekolah tradisional menjadi pendidikan seumur hidup
Pewawancara:
"Pendidikan orang dewasa telah sampai jauh sejak penerapan reformasi dan membuka kebijakan. Bagaimana itu akan dilakukan di bawah kondisi baru?
Li Lanqing:
Pembangunan bidang pendidikan di negara ini telah membantu mendorong transisi dari pendidikan berbasis tradisional menuju pendidikan seumur hidup. Hal ini juga berfungsi untuk menyebarkanKonsep pendidikan seumur hidup dan berbasisbelajar masyarakat Pada dasarnya, pendidikan orang dewasa kami meliputi bidang-bidang seperti literasi, pelatihan karier, on-the job training, pekerja pabrik, pendidikan di daerah pedesaan, radio dan TVpendidikan,melanjutkan pendidikan, dan pendidikan untuk mempersiapkan massyarakat otodidak untuk ujian yang mengarah untuk ijazah perguruan tinggi.Lebih dari satu dekade, ratusan juta orang telah merasakan manfaat dari bentuk beragam belajar orang dewasa dan pelatihan. Sekolah pendidikan orang dewasa telah dibangun secara nasional di lebih dari 85% kota dan lebih dari 45% dari desa. Selanjutnya adalah membentuk jaringan pendidikan orang dewasa mencakup negara, kota-kota dan desa administratif.
Pendidikan Dewasa untuk gelar akademis sedang diversifikasi bentuk. Hal ini juga menjadi lebih kejuruan menjadi lebih lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan praktis. Radio dan TV perguruan tinggi di 40 provinsi, daerah otonom, kota dan kota-kota denganindependenStatus anggaran adalah siswa yang mendaftar untuk program audiovisual khusus sebagai uji-coba dan 18 daerah ini dan kota-kota yang bereksperimen dengan mengunakan ujian pendidikan tinggi untuk mengajar siswa untuk lolos ijazah akademik. Selama satu dekade, pendidikandewasa tinggi ternyata 4.360.000 siswa dengan kualifikasi tingkat perguruan tinggi sarjana dan yunior dan 9.36 juta dari pendidikan teknis sekunder dewasa11 komite mengikuti sidang pleno ketiga dari pihak pusat diadakan pada tahun 1978 fokus dari kerja bangsa dialihkan pada pembangunan ekonomi, dan yang datang dengankebutuhan mendesak untuk sejumlah besar personil spesialis. Dalam pengamatan yang kami lakukan membentuk sistem pendidikan yang lebih tinggi untuk pemeriksaan otodidak orang. Menggabungkan bantuan otodidak dan sosial untuk belajar dan ujian nasional, bentuk baru pendidikan awalnya telah dikembangkan menjadi sebuah sistem yang mencakup kredit berbasis sarjana, junior college, pendidikan menengah kejuruan dan pendidikan non kredit dan menutupi srelatively menyelesaikan berbagai bidang studi .
Antara tahun 1981 ketika sistem ujian bagi siswa diajarkan, didirikan dan 2002, jumlah orang yang terdaftar untuk pemeriksaan melebihi100 juta, dan 5,5 juta siswa lulus ujian dalam spesialisasi 388 dari 11 disiplin belajar. Hal ini telah menjadi skala besar, bentuk fleksibel pendidikan yang membutuhkan sedikit investasi dan dijiwai dengan tingkat tinggi keterbukaan. Hal itu membuka jalan luas bagi orang muda untuk menjadi anggota masyarakat yang konstruktif tanpa pergi ke sekolah formal dan menyediakan cara yang efektif agarorang dewasa untuk terus belajar.
Meskipun ekspansi besar pendaftaran perguruan tinggi dalam beberapa tahun terakhir, sistem pemeriksaan untuk orang otodidak terus tumbuh, terutama di daerah pedesaan. Di provinsi Zhejiang dan Jiangsu, di mana proyek percontohan dilakukan, peserta pedesaan dalam sistem belajar mandiri di tingkat kabupaten atau di bawah menyumbang 68% dan 50% masing-masing dari semua peserta ujian. Persyaratan sosial yang semakin terdiversifikasi telah menetapkan persyaratan yang lebih tinggi untuk reformasi dan pengembangan sistem ujian belajar-sendiri.
Untuk masa depan, sambil terus memperbaiki sistem belajar-sendiri, kita harus menggali teknologi modern dapat diterapkan dalamdan memperluas bidang pelayanannya di daerah pedesaan.
Memberikan bimbingan dan konseling untuk siswa belajar-sendiri dan dalam mengembangkan program multi media. Selain memenuhi kebutuhan pertanian, pilihan disiplin pembelajaran bagi pemeriksaan tersebut harus mempertimbangkan kebutuhan perusahaan pedesaan, urbanisasi pedesaan, dan petani mencari pekerjaan di kota-kota atau memulai mereka bussines mereka sendiri. Perhatian harus diberikan bimbingan dan konseling bagi siswa dan pelatihan keterampilan praktis.
7.15            Saya menyiapkan kelas kecil di Dewan Negara
Pewawancara:
Dewan Negara secara teratur mengatur para pemimpin departemen untuk menghadiri kuliah yang diberikan oleh para ahli dan ilmuwan. Bagaimana ini bekerja dalam prakteknya, mengingat bahwa pejabat terkemuka cenderung sangat sibuk?
Li Lanqing:
Dewan negara selalu memberikan perhatian khusus pada pembaca kami, melanjutkan pendidikan dan pelatihan, meminta mereka untuk bergiliran pergi ke sekolah partai dan perguruan tinggi negara Administrasi yang cuti studi. Tapi itu saja tidak cukup dan para pemimpin kita tidak boleh berhenti belajar. Peran pendidikan sekolah adalah untuk meletakkandasar untuk belajar sepanjang hayat. Untuk lebih memenuhi sejarah kecil yang dipercayakan pada kita,pemimpin kita tidak boleh berhenti belajar, melengkapi pengetahuan dan mengeksplorasi dan mempelajari masalah baru. Melanjutkan belajar adalah penting bagi kita semua, terutama para pemimpin senior. Hal ini bahkan lebih lagi dalam era ketika pembaharuan pengetahuan yang pernah dipercepat. Sebagai wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas karya ilmiah, teknologi dan pendidikan, saya merasa lebih kuat tentang masalah ini. Ini mendorong saya untuk membuat sebuah pribadi "kelas kecil" yang berlangsung selama bertahun-tahun. Setiap minggu saya akan mengundang ahli untuk datang untuk memberi saya kuliah tentang topik tertentu sesuai dengan kebutuhan saya. Kelas ini tidak pernah terputus kecuali pada acara-acara khusus, dan saya mendapat manfaat yang sangat besar dari itu.
7,16 Menuju pendidikan seumur hidup dan pembelajaran berbasis masyarakat
Pewawancara:
Nasional ke-16 Partai Kongres menetapkan tujuan untuk membangun sebuah "pembelajaran berbasis masyarakat dengan semua warga negara yang terlibat dalam belajar seumur hidup" bagaimana Anda pikir kita harus melanjutkan untuk menciptakan sistem educatioin seumur hidup dan arakat belajar?
Li Lanqing:
Dalam laporannya kepada Pihak Natiomal 16 Kongres, Presiden Jiang Zemin diuraikanpada tujuan untuk membangun masyarakat yang sejahtera. Menurut dia, dalam masyarakat seperti akan ada perbaikan yang menyolok dalam nilai-nilai moral, pencapaian ilmiah dan budaya dan kesehatan warga negara. Juga akan ada suara yang modern sistem pendidikan nasional yang memberikan kesempatan pendidikan yang baik bagi seluruh penduduk, dan pembelajaran seumur hidup akan menjadi kebiasaan bagi semua orang. Sistem pendidikan nasional modern adalah suara andalan masyarakat belajar.UU Pendidikan China menetapkan bahwa negara menerapkan sistem pendidikan yang terdiri dari: sistem sekolah merangkul pra-sekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan tinggi; sistem pendidikan sembilan tahun wajib belajar, pendidikan kejuruan dan dewasa, nasional ujian pendidikan, pendidikan sistem akreditasi dan gelar akademis. Sebuah sistem pendidikan suara modern akan memiliki dua fitur yang berbeda. Salah satunya adalah keterbukaan, yang modus dan struktur pendidikannya akan berubah sehingga metodologi dan organisasi pengajaran akan berubah secara mendasar dan dijiwai dengan vitalitas. Yang lainnya adalah bahwa segala macam pendidikan dan pembelajaran seumur hidup yang terhubung, menciptakan multi-layered, sistem yang fleksibel. Dalam upaya untuk membangun sistem pendidikan yang kompatibel dengan pembangunan ekonomi China, kita harus menginovasi konsep kita tentang pendidikan, mengoptimalkan struktur pendidikan kita, memperbaiki cara kita mengolah orang yang kompeten, dan mewujudkan sistem pendidikan yang memenuhi persyaratan pertumbuhan ekonomi

Bab 8
Pengamatan para Editor

1.      Masyarakat sekolah dan sekolah swasta kuno
Dalam satu wawancara, Li mengatakan kepada kami tentang masa kecil dan sekolah. Ia lahir pada tahun 1932 di Zhenjiang, Provinsi Jiangsu, ke dalam keluarga seorang intelektual. Kakek dari ibunya, Wu Dilou, memiliki dampak terbesar pada dia sebagai laki-laki. Wu mengajar di Sekolah Nornal Nomor 5, pendahulu ke Sekolah Menengah Yangzhou, sebelum menetap di Zhenjiang, tempat ia mengajar selama sisa hidupnya dan menjabat tugas sebagai kepala sekolah menengah setempat. Dia adalah seorang ilmuwan teruji dalam budaya Cina, penulis kaligrafi yang halus dan penyair. Dia meninggal pada tahun 1952.
Pada saatsaya mulaisekolah dasar,'sekolah modern'sudah ada di Cina, kata Li. Tapiselama liburanmusim dingindan musim panas, kakek saya akan mengirim sayake sekolahuntuk studitradisional, seperti Empat BukupengajaranKonfusiusdan Lima Klasiksebagaikaligrafi.Setiap haridimulai dengankowtowing pada sebuah meja kayu untuk menghormatiKonfusius. Saya menyelesaikan buku Empat,tetapi hanya satudari LimaKlasik, Kitab Agung.
"SetelahJiangsudiduduki oleh Jepang, siswa lokal dipaksauntuk belajar bahasa Jepang. Meskipunkami masih kecilpada saat itu, kami melihat orang-orang dewasamenyumbangkan uangdan hartauntuk mendukung13 AgustusPertempuranShanghaimelawan Jepangpada tahun 1937.Kita menyaksikankekejamandari`penjarah`Jepang dan kami kenyangakan penderitaan sebagai korbanperangsehinggakami sangatmembenci belajar Jepang,dan kami memberiguruJepang kamikesulitan. Pada kelas pertama kami,guru berkatadalam bahasa Jepang, "aku guru,dan Andaadalahmahasiswa, maka kami akan menjawab,'Akugurudan Andasiswa’ kemudian,Kakekhanyamenarik saya, adik sayadan sepupukeluar dari sekolah. Dia membukaapa yang disebutsekolah swastaDacaidi rumah, dan secara pribadimengajarkan kita sejarahcina, bahasa cina dankaligrafi. Tapibelajar di rumahtidak akan memberi kami kitaijazah,sehingga akhirnyaia harus kembaliuntuksekolah umum. DariSDke SMP, saya punya banyak waktuuntuk belajar bahasa Jepang, tapi tidak burukkarenakebenciansaya terhadapbahasa yang saat itulah akumulai belajarbahasa Inggris.Seorang temankeluargadengan namaMa, yangtinggaldi Amerikabersatuuntuk beberapa waktusebelum kembalidengan istrinya, adalah seorang menterigerejaangelican. Istrinyasetujuuntuk mengajar sayabahasa Inggrisdengan syarat bahwasayamenghadiripaduan suaragerejapada hari Minggu. Aku telah mendengarpaduan suaradan menyukainya, jadi aku mengambil kesempatanbelajarbahasa Inggris danmenyanyisehingga setiap harisepulang sekolah, saya akan pergi ke rumahPendetaMauntuk belajar bahasa Inggris.
KarenaLimenyukaibahasa Inggris,ia belajarsungguh-sungguhdan dengan demikianmeletakkan dasar yang baikuntuk studi masa depan. Keanggotaanpaduan suaranya itu kemungkinanmerupakan faktorbesar dalamgairahnya untuk musik, namun, iatidak pernahmengembangkan sebuahafinitasbagi kekristenan.
2.      Seorang mahasiswa baru dari Medical College pada usia 15 th
Pada saat Li lulus dari sekolah menengah pertama, Jepang telah menyerah. Orang tuanya mengalami kesulitan finansial membesarkan keluarga besar mereka ketika Jiangsu Medical College mulai mendaftar lulusan tingkat menengah pertama ke dalam program yang baik yang disediakan pendidikan menengah dan perguruan tinggi senior, dengan kuliah, board dan penginapan ditanggung oleh pemerintah. Perguruan tinggi, yang merupakan pendahulu Nanjing Medical University, berada di Zhenjiang, ibukota provinsi pada saat itu. Kemudian usia l5 th Li lulus ujian masuk untuk menjadi mahasiswa dari perguruan tinggi medis.
"Tugas kuliah dari Jiangsu Medical College agak berat, dan jadwal itu penuh sesak," katanya kepada kami. "'Kami diharapkan untuk menyelesaikan seluruh pelajaran SLTA dalam 18 bulan saat mengambil mata kuliah dasar dalam ilmu kedokteran pada saat yang sama. Sebagian besar buku teks berada di Inggris asli, dan kami juga harus belajar bahasa Jerman, karena perguruan tinggi memiliki Jerman latar belakang. "
Di sinilah Li mengalami kehidupan mahasiswa yang paling menuntut dan penuh aksi. Itu juga di sini bahwa dia belajar ide-ide progresif dan menjadi aktivis mahasiswa, yang dipimpin oleh Partai Komunis bawah tanah. Mengingat hidupnya di perguruan tinggi medis, Li nostalgia mengatakan,'' pikir saya buku teks asing asli mengajar saya banyak hal, karena mereka ditulis oleh ulama terkenal dan berada dari tingkat akademik yang tinggi. Mereka memainkan peran besar dalam meningkatkan bahasa asing kita "Pengalaman itu. Pada tahun-tahun formatif nyamungkin alasan dia menganjurkan menggunakan yang asli terbaik buku pelajaran bahasa asing di universitas ketika ia menjadi wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas pendidikan beberapa dekade kemudian.Kursus berat ditambah dengan pola makan yang buruk di kantin perguruan tinggi serius gangguan kesehatan Li Lanqing itu. Selama liburan musim panas tahun pertamanya, ia turun ke jalan dengan siswa lokal dalam protes besar-besaran terhadap aturan reaksioner Kuomintang, menantang tembakan dari polisi mencoba menghentikan demonstation tersebut. Hari itu terik dan Li, kering dengan rasa haus, membeli minuman dicampur dengan sakarin dan pewarna buatan. Dia meminumnya, tidak tahu bahwa dalam virus aktif dari dirinya akan diaktifkan oleh itu. Dia turun dengan kasus peritonitis TB yang memaksa dia keluar dari sekolah.

3.      Mengisi sebagai pemimpin redaksi Jiangsu Daily Baru
Begitu pulih, Li ingin kembali ke perguruan tinggi. Namun, menjadi absen selama enam bulan, dia tidak diizinkan untuk kembali ke kelas mantan, satu-satunya tersedia untuk SMP lulusan sekolah menengah. Memiliki tempat lain untuk pergi, Li memutuskan untuk memulai sekolah menengah atas pada pertengahan saja. Dia sudah selesai seluruh pelajaran sekolah menengah atas untuk anak kelas dua, sehingga ia seharusnya tidak masalah bergabung dengan semester kedua kelas itu. Namun, ketika sekolah menengah atas dimana ia mendaftar menemukan file bahwa ia telah meninggalkan perguruan tinggi tanpa menyelesaikannya, mereka menolak mengakui catatan akademisnya atau mengizinkan dia untuk duduk di ujian masuk. Dia akhirnya melakukan mengambil ujian dan mendaftar di departemen senior dari Sekolah Menengah Jingjiang pertengahan jalan sepanjang tahun.
Sekolah Menengah Jingjiang adalah sebuah institusi terkenal di Zhenjiang. Staf pengajarnya termasuk sejumlah guru yang baik yang untuk dipekerjakan oleh perguruan tinggi di kanan Nanjing dan shanghai setelah pembebasan di sekolah 1949. Sekolah tersebut juga memiliki anggota Partai bawah tanah yang disimpan di kontak teratur dengan Li, karena dia adalah seorang aktivis mahasiswa progresif. Revolusi di tahun-tahun berkembang sangat cepat, dan Zhenjiang dibebaskan sebelum organisasi partai tocal sempat mengakui Li ke dalam partai.

4.      Sebagai mahasiswa Universitas Fudan
Setelah Li lulus dari sekolah menengah atas, pemimpin dari departemen organisasi lokal bertanya apa ia berencana yang akan dilakukan, menawarkan tiga pilihan: "Satu, mengambil bagian dalam mempersiapkan untuk mendirikan Komite Liga Pemuda dan bekerja untuk itu; dua, bergabung Biro Keamanan Umum untuk mengorek reaksioner, dan tiga, jika Anda ingin melanjutkan studi Anda, kami akan senang untuk mendukung Anda karena China membutuhkan profesional berpendidikan ". Li mengambil opsi ketiga, lulus ujian masuk dan terdaftar di Fudan University di Shanghai. Sementara jurusan manajemen bisnis di Fudan, ia juga bekerja di universitas komite Liga Pemuda dan serikat mahasiswa. Ia terpilih wakil ketua serikat mahasiswa dan secara bersamaan, kepala departemen budaya populer.
Dari tahun-tahun di Fudan, katanya, "Meskipun kami jurusan manajemen bisnis, kami benar-benar belajar industri, perdagangan dan administrasi sekaligus Ada sebuah lokakarya di departemen kami untuk kerja lapangan. Di situlah saya belajar lathing, menggiling, perencanaan, penggilingan dan bangku kerja, dan saya cukup terampil untuk mengoperasikan mesin. Selama "revolusi budaya" (1966-19'76), saya adalah seorang pemimpin dari pabrik motor Auto Works Kedua dan saya sering mengoperasikan mesin di workshop untukmempromosikan produksi '-- slogan dari mereka kali. "
Pengetahuan dan kemampuan Li diperoleh selama pendidikan memuncak dalam kemunculannya sebagai pemimpin nasional. Berbicara tentang bagaimana ia dipromosikan reformasi administrasi pendidikan tinggi pada 1990-an, ia menyebutkan bagaimana ia mampu memecah penggabungan Suzhou Silk Teknik Institute dengan Suzhou University untuk Buat universitas Engineering Institute. Awalnya, institusi bahkan tidak menyadari kemungkinan untuk merger adalah hal rumit. Namun, dengan hanya beberapa kata, Li berhasil mempengaruhi pikiran para pemimpin kedua lembaga dan merger berlangsung cepat dan lancar. Bahwa dia bisa dengan mudah menangani suatu masalah yang kompleks memiliki banyak hubungannya dengan keahliannya dalam industri mesin bangunan. Contoh seperti ini banyak dalam karir Li sebagai pegawai negeri.
5.      Sebuah lampiran langgeng untuk industri otomotif
Pada 1952, Li Lanqing lulus dari Fudan, pemerintah memutuskan untuk membangun mobil karya bangsa pertama. Dia adalah salah satu lulusan universitas yang akan dikirim ke Changchun, yang menandai awal keterlibatannya dengan industri otomotif Cina. Pembangunan karya Auto Pertama dimulai pada tahun 1953, tahun pertama periode Rencana Lima Tahun Pertama (1953 -1957) untuk pembangunan ekonomi dan sosial nasional. Selesai dibangun pada tahun 1956 dan mulai memproduksi pembebasan-merek truk. Pada tahun 1958, Auto I bekerja, percobaan menghasilkan merek Wind East (Angin Timur) yang pertama kali mobil Li dan rekan-rekannya dikawal jauh-jauh dari Changchun ke Aula Kebajikan menghargai di Beijing Zhongnanhai, tempat pemerintah pusat, dan dianugerahi hadiah pada Sidang Kedua Kongres Partai Nasional Kedelapan.
Karya-karya Auto pertama dibangun di bawah bimbingan ahli dari serikat Soviet dan menggunakan teknologi Soviet dan keahlian manajemen. Sekitar 500 pekerja dan anggota sfaff dikirim dalam batch ke Moskow untuk pelatihan di Ligachev dan penanaman automobile Gorky. Mereka kembali untuk menjadi teknisi penting dan manajer dari industri otomotif Cina. Li merupakan salah satu batch terakhir, yang sebagian besar terdiri dari intelektual muda dan pekerja terampil. Selama tinggal di Uni Soviet 1956-1957 ia menjabat sebagai pemimpin tim kerja lapangan, belajar tali saat mengambil perhatian baik dari rekan tim. Ia menyelesaikan pelatihan dengan terbang warna dan melakukan sedikit nya untuk memperkuat persahabatan antara masyarakat Cina dan Soviet.
Pada 1970-an, Li berpartisipasi dalam pembangunan karya Auto Kedua dan pekerjaan awal pada Auto Works Ketiga. Kemudian, sebagai pemimpin Dewan Negara, ia bertugas di industri otomotif untuk sementara dan memberikan kepemimpinan untuk dapat merumuskan kebijakan pertama industri China untuk pengembangan industri otomotif. Hubungannya dengan industri mobil Baru Cina memang tak terpisahkan.

6.      Improvisasi sebagai penerjemah
Li tadalah seorang pelajar keranjingan bahasa asing, minatnya meliputi Inggris, Rusia, Jepang dan Jerman. "Tapi hanya dengan bahasa Inggris dan Rusia saya bisa mengklaim beberapa keberhasilan," katanya. Dia tampaknya cukup baik dalam dua bahasa, karena ia telah menyampaikan pidato pada acara-acara internasional. Ia memberikan perhatian khusus terhadap pengajaran bahasa asing di negeri ini, dan telah banyak dilakukan untuk mempromosikan transformasi. Pengalamannya dalam belajar bahasa adalah tema yang berulang dari wawancara.
Dia ingat dengan jelas bagaimana ia belajar bahasa asing selama sekolah menengah dan kuliah "ketika aku berada di Universitas Kedokteran Jiangsu dan sekolah menengah atas, saya mendapat manfaat yang sangat besar dari kenyataan bahwa kami memiliki buku pelajaran bahasa Inggris di matematika, geometri analitis, kimia dan fisika. Hanya satu buku teks dari Cina, dan itu buku biologi ditulis oleh seorang sarjana terkenal Jiazhen. Semua buku pelajaran yang luar biasa karena mereka dengan kelas dunia.
"Guru geografi dunia kami sangat membuat saya terkesan selama tahun-tahun sekolah sekunder dan perguruan tinggi dengan perintah yang baik dan semangat dan pekerja keras. Dia tinggal di kampus, dan kita akan melewati asramanya sehari-hari dalam perjalanan ke dan dari kelas, sehingga kita selalu bisa melihat dia membungkuk di meja kerjanya. Ia pergi bekerja keras untuk menghafal halaman demi halaman dari Kamus Inggris oxford, membacanya setiap pagi. Mengikuti teladannya, saya selalu menempatkan kamus bahasa Inggris di meja saya, sehingga saya dapat berkonsultasi setiap kali aku menemukan kata baru.Perasaan saya adalah bahwa jika Anda sangat ingin tahu kata, ia cenderung untuk mendapatkan jauh ke dalam memori Anda, sehingga Anda tidak harus kehilangan kesempatan untuk mempelajarinya.
"Jiang Zemin adalah pelajar teladan. Dia selalu mengajukan pertanyaan dan ia menuntut juga. Suatu kali, kami bernyanyi One Day When We Were Young milik John Straussdalam bahasa Inggris dan saya mengira bentuk lampau dari kata kerja untuk present. Dia langsung menunjuk keluar. Saya yakin saya tidak akan membuat kesalahan itu lagi. "
Selama bertahun-tahun, Li telah di kebiasaan mendengarkan berita pagi pukul 6: 30 dan penyiaran inggris cina Radio Internasional di 7:00. dalam perjalanan untuk bekerja, ia digunakan untuk membawa walkman lama untuk belajar bahasa Inggris, sesuatu yang ia lakukan sampai retirement.He nya berhenti menggunakan walkman nya hanya setelah mengetahui bahwa penggunaan yang berkepanjangan earphone dapat membahayakan pendengaran.
7.      Seorang pemimpin belajar keterampilan pekerja
Setelah kejatuhan Kelompok Empat pada tahun 1976, panggilan dari hari itu bagi orang-orang dalam berbagai perdagangan dan profesi untuk bekerja keras untuk meningkatkan keterampilan dasar untuk meningkatkan produksi dan membawa ekonomi kembali ke keadaan normal. Misalnya, pekerja gudang diminta untuk dapat mengambil item yang diinginkan dari penutup mata tumpukan. Penjual penganan diminta untuk membuang sisik dan tahu dengan nuansa jumlah persisnya permen yang diinginkan pelanggan. Pada bulan Januari 1978, Li Xiannian, Gu Mu dan beberapa pemimpin puncak lainnya pergi untuk sebuah tur inspeksi dari Auto Works Kedua untuk melihat bagaimana para pemimpin pabrik sedang berlatih keterampilan dasar. Pada saat itu Li Lanqing adalah kepala pabrik motor dari Auto Works Kedua. Tapi apa keterampilan dasar yang harus seseorang dari statusnya belajar? Dia sudah mahir lathing, planing, penggilingan, penggilingan dan kerja bangku, tetapi ini tidak berarti apa-apa di Auto Works Kedua. Dia bertemu seorang sopir veteran yang, mengetahui bahwa Li bisa mengemudi, berkata kepadanya. "Mari saya mengajarkan cara mengemudi truk di rel." Li menjawab“aku takut aku tidak mampu. Jika tangan saya goyang roda akan menggelincirkan itu.. "Sopir menawarkan untuk mengajarinya. Setelah rel diletakkan dan tiang ditanam di bagian depan dan ke kiri dari kiri rel, pengemudi truk itu melaju terus bersama thern Sopir menyuruhnya untuk menjaga mata pada tiang di sisi kiri dan tahan roda terus. Mengikuti petunjuk ini, Li berhasil pada upaya pertama, dan kemudian pada upaya lebih lanjut beberapa. Ketika Li Xiannian, Gu Mu dan Depuly Sekretaris Jenderal Dewan Negara tiba, hal pertama yang mereka lakukan adalah untuk menonton pemimpin pabrik menunjukkan keterampilan mereka. mengejutkan mereka dengan cepat berubah menjadi pujian saat mereka melihat Li Lanqing mengemudikan truk terus di rel.

8.      Seorang pelajar yang tidak pernah menyebutnya berhenti
Li Lanqing berusia 21 tahun ketika ia lulus kuliah dan mulai bekerja di Bengkel Otomotif Pertama Changchun. Dia masih berumur 20-an ketika ia menerbitkan beberapa karya terjemahan. Pada tahun 1957, setelah kembali ke China Irom Uni Soviet, ia menjadi peneliti tamu dengan Institut Ekonomi Universitas Timur Laut Rakyat Cina, dan kuliahnya menarik sambutan hangat dari siswa.Dari hari pertama dalam karirnya bekerja dia tidak pernah berhenti menulis, dan telah menerbitkan banyak artikel dan menerjemahkan karya-karya di koran dan majalah. Prestasinya telah menarik perhatian para ahli dan ahli teori sama.
Li tidak pernah berhenti memperoleh pengetahuan baru tentang sejarah Cina dan asing dan budaya, dan tentang ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan ketulusan yang dalam ia berkata, "Semakin saya bekerja, semakin saya merasa perlu untuk belajar." Pada tahun 1993 ia membuka kelas mini di kantornya, mengundang para ahli untuk membantu dia dan stafnya memperbaharui pengetahuan mereka. Dia akan menaikkan topik untuk seorang ahli untuk mempersiapkan dan seluruh kantor akan menghadiri kelas. Topik yang dibahas termasuk keuangan, ekonomi, budaya sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi dan banyak lagi.
Li mengatakan bahwa sejarah adalah guru dengan solusi untuk masalah kita saat ini. Sejarah bukan pengulangan sederhana; pengalaman sejarah dan pelajaran menyediakan makanan untuk berpikir dan asimilasi dari perspektif yang luas.
"Misalnya," kata Li, "Penelitian saya tentang reformasi keuangan dan pajak selama Kangxi (1662-1722) dan Qianlong (1736-1795) memerintah dari Dinasti Qing telah memberikan saya menambah percaya diri dalam reformasi berkelanjutan kami. Dari cara dengan pemerintah Qing pada masa pemerintahan Yongzheng (1723-1735) ditangani pungutan kompensasi pajak ', saya merasa yakin tentang pelaksanaan kebijakan kami memisahkan pendapatan dari pengeluaran.

9.      Seorang pria dari banyak bagian
Li Lanqing mengatakan, saya tertarik begitu banyak di luar sana untuk belajar setiap kali aku menemukan hal yang saya tidak mengerti, saya mengajukan pertanyaan. Saya ingin sampai ke akar permasalahan. " Kepentingannya bertolak dari membaca dan belajar untuk merancang dan mengemudi. kaligrafi, ukiran meterai, musik, renang, tenis dan jembatan adalah gairah budaya dan olahraga. Sebelum pensiun, ia begitu sibuk, dia hanya bisa mencoba-coba dalam kesenangan bila ada kesempatan, ia melakukan waktu yang terbaik untuklatihan fisik.
 Sebagai seorang pencinta musik sejak kecil, Li berdoa piano dan menyanyi juga membuat lagu, sebuah hobi yang akan kembali ke usia remaja, ketika ia datang dengan Sebuah Lagu Perpisahan oleh Bonfire. Selama konferensi pendidikan nasional pada tahun 1999 ia mendedikasikan Lagu komposisinya untuk guru. Kemudian diadopsi sebagai lagu tema untuk sebuah konser lagu-lagu seni yang disponsori oleh Departemen Pendidikan. Li telah belajar musik secara mendalam. Artikel tentang sejarah musik dan biografi nya musisi menarik perhatian para ahli. Di sebuah pesta bagi lulusan sekolah menengah atas, ia memainkan peran utama dalam dramaTragedy Tian Han on the Lake.
Ketika Li masih kecil, kakeknya mengajarkan kaligrafi, dimulai dengan gaya dinasti Tang-tuan Yan Zhenqin (704-784) dan akhirnya menetap di bahwa Liu Gongquan (778-865), Tang.mastcr lain. Li favorit, bagaimanapun, adalah Huang Tingjian (1045-1105), seorang kaligrafer Song-dinasti yang gayanya banyak kesamaan dengan unsur gaya Yan Zhenqing yang tenang dan lembut dan sapuan kuas Liu Gongquan yang indah. Akibatnya, Li telah mengembangkan kaligrafi freehand elegan dengan pengaruh Tingjian diucapkan Huang, tanpa mengorbankan sedateness Yan Zhenqing itu.
Segel ukiran adalah satu lagi dari Kesukaan Li yang akan kembali ke masa kecilnya. Dalam pensiun ia telah mengangkatnya lagi, setelah datang dengan serangkaian karya, seperti Rejuvenating Bangsa melalui Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan, Peremajaan Nasional, belajar Apakah visi Kebahagiaan, Gardener dan Clear, beberapa di antaranya terkenal karena orisinalitas mereka .

10.  Mendalangi tawaran untuk Olimpiade 2008
Olimpiade adalah tujuan mulia yang memainkan peranan utama dalam semangat nasional menyegarkan, meningkatkan persahabatan antara rakyat berbagai negara, mempromosikan pertukaran kebudayaan internasional dan menjaga perdamaian dunia. Pada Juli 2001, Li Lanqing memimpin delegasi China ke Moskow untuk mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2008.
"Ketika pemerintah pusat menunjuk saya untuk memimpin delegasi, beberapa rekan berkata,'' menempatkan Perjalanan ini banyak tanggung jawab pada Anda, dan merupakan misi berisiko.
"Tapi sikap saya adalah bahwa bahkan jika kita memenangkan tawaran kita tidak harus mengklaim kredit untuk itu Yang penting adalah bahwa kita mendekati masalah ini dengan tenang.. Dan anggota delegasi Bergetar akan menjadi kata untuk menggambarkan kondisi mental mereka. Mereka berpikir jika mereka gagal menang, mereka tidak bisa lagi melihat orang di mata. Aku bisa merasakan putus asa dalam sikap mereka. Mengutip pepatah akrab, mereka akan 'merasa malu untuk kembali dan melihat warga kota mereka jika mereka tidak menang Saya katakan. ihem, 'Anda sedang gugup, karena Anda takut gagal. Di sisi lain, kita harus menganggap diri kita pahlawan nasional jika kami menang bid? Saya tidak berpikir so.whether Beijing dapat memenangkan tawaran tergantung pada kekuatan komprehensif nasional kita, status internasional dan prestige.People bukannya menyuarakan untuk atau terhadap delegasi ini, atau anggota itu Mereka memberikan suara untuk atau terhadap cina dan Beijing.. " Saya meminta mereka untuk tidak panik atau menunjukkan kecemasan mereka, agar tidak memberikan kesan buruk Dan untuk menghindari terlalu banyak bicara sebelum presentasi:. Mengatakan kurang lebih baik daripada mengatakan lebih, karena semakin Anda mengatakan, semakin tinggi kesempatan untuk membuat kesalahan. karena tidak bisa memberikan mereka yang memiliki motif tersembunyi apapun dalih untuk membuat masalah dengan sikap itu, sebelum pemungutan suara berlangsung, aku tinggal di kedutaan, mendengar laporan, analisis situasi dan merancang taktik yang tepat.. Pers benar-benar hilang sebagai ke tempat saya pada masa itu. Secara keseluruhan, kami mendekati acara dengan tenang dan ketenangan dan semua orang mengatakan bahwa delegasi cina melakukan pekerjaan yang bagus.
"Pada akhirnya kami memenangkan tawaran Orang-orang sangat gembira.. Seperti juga kita anggota delegasi. Jiang Zemin menelepon dari Beijing mengucapkan selamat kepada kami. Dia menceritakan tentang perayaan besar yang terjadi di Beiiing, dan meminta saya untuk menyampaikan terima kasih kepada semua anggota delegasi dan teman-teman berbagai yang mendukung kami dalam upaya kami untuk Olimpiade. "
11.  Menjaga tubuh dalam keadaan baik dan pikiran tajam
“Olahraga adalah ‘big-time politics’. Dilakukan dengan baik, ia dapat membangun fisik seseorang, memudakan semangat nasional dan menaikkan moral nasional; dilakukan dengan buruk, ia dapat menyebabkan masalah besar.” Pernyataan ini menunjukkan pemahaman Li Lanqing atas olahraga dan pendidikan fisik. Untuk suatu waktu ia bertanggungjawab atas pekerjaan bangsa dalam pendidikan fisik dan olahraga dan ia sendiri adalah seorang penggemar olahraga. “Ide saya tentang health care adalah bahwa sesibuk apapun anda, anda harus istirahat sejenak untuk latihan fisik. Anda mungkin tidak melihat kepentingannya ketika anda muda, tapi hal-hal akan berbeda ketika anda melewati masa anda and mulai menjadi tua.”
“Tentu saja, latihan fisik memungkinkan anda untuk bekerja dan belajar lebih baik. Kita tidak seharusnya terlalu pelit akan waktu yang dibutuhkan untuk pengaturan keadaan fisik. Orang tua, dalam keadaan tertentu, sebaiknya memberi perhatian lebih untuk melakukan latihan fisik dalam jumlah yang tepat. Penyakit Alzheimer, hipertensi, penyakit jantung, diabetes dan banyak lagi telah menjadi penyakit umum diantara kita masyarakat China saat ini. Sekali anda jatuh sakit, tidak hanya anda yang menderita, anda juga meletakkan stres pada keluarga anda dan organisasi anda. Jadi selama kita hidup, kita harus sehat secaa mental dan secara fisik, dan kita harus menjadi optimistik. Dengan cara itu, kita melakukan sebuah kebaikan untuk diri kita, orang-orang yang kita cintai, orang-orang disekeliling kita dan organisasi kita. Merupakan perkara yang penting untuk memiliki gaya hidup yang sehat.”
Li sangat mencintai olahraga dan menjaga tubuhnya dalm keadaan baik dan pikiran tajam. Renang adalah olahraga favoritnya, dan salah satu yang telah dilakukannya sejak lama. Sebagai seorang anak, ia berenang  di sungai-sungai di kotanya walaupun tidak ada orang yang mengajarinya. Ia dan teman-temannya akan membasahi celana-celana mereka, mengikat bagian bawah dari kai-kainya, dan mengisi celana-celana mereka dengan air, mengubahnya menjadi pelampung yang membuat berenang menjadi mudah. Ia memenangkan renang perorangan 5000 meter di Danau Bayi pada even kota renang jarak jauh di awal 1960-an.

12.  Orang yang suka bertindak membenci omongan kosong
Li Lanqing berada dalam pekerjaan ekonomi untuk lebih dari empat dekade dan pendidikan untuk satu dekade. Sebagai seorang wakil perdana menteri dari dewan negara, tanggung jawabnya meliputi finansial, pajak, perdagangan luar negeri, adat istiadat, industri dan komersial, kesehatan masyarakat, olahraga dan pendidikan fisik, percetakan dan penerbitan, dan pekerjaan mengenai warga senior. Setiap orang dapat mendapatkan pencerahan bernilai dari kekayaan pengalaman kerja yang telah ia kumpulkan bertahun-tahun.
Li sering mendengar perkataan bahwa komunis seharusnya menghindari omong kosong dan melakukan pekerjaan praktis sebanyak mungkin. Ia menyamakan tanggungjawabnya dalam pendidikan sebagai wakil perdana menteri menjadi quartermaster. “Seorang quartermaster  berarti, melakukan perbuatan yang sesungguhnya; jika tidak, ia tidak berguna. Saya disini tepatnya untuk melakukan sesuatu yang nyata untuk pendidikan.” Kalimat ini memberi ekspresi pada gaya kerja pragmatisnya. Dimulai dengan pokok persoalan yang lebih terkait khalayak ramai dan kesulitan  yang ditemui oleh guru dan murid, ia berkerja untuk pendidikan dengan cara down-to-earth dan menyelesaikan banyak masalah sulit. Menentang omong kosong dan melakukan hal-hal praktis sebanyak mungkin adalah tanda dari gaya Li Lanqing, hal tersebut juga adalah sebuah ide besar yang diadvokasinya untuk mempromosikan reformasi dan pembangunan pendidikan.

13.    Tidak pernah melepaskan ‘senjata kerajaan’
Selama dekadenya berwenang atas pendidikan, Li mendalangi usaha dalam menangkap banyak masalah sulit yang dihadapi pendidikan, termasuk masalah yang berhubungan dengan sistem administrasi, mekanisme pengeluaran pendidikan, guru tidak dalam daftar gaji pemerintah dan perumahan guru. Masalah-masalah ini mungkin tampak tidak dapat diatasi oleh kebanyakan orang, namun ia berusaha untuk menyelesaikannya dalam sepuluh tahun masa kerjanya. Apa rahasia untuk kesuksesannya? “Saya didorong bekerja di bidang ini dengan memanfaatkan kegunaan penuh dari ‘senjata kerajaan’ yang dianugrahkan pada saya oleh otoritas pusat.” Lebih lanjut ia menjelaskan, “Apapun yang saya lakukan, saya pastikan saya memiliki sesuatu yang mendasari tindakan saya. Teori eksposisi Deng Xiaoping; Instruksi Jiang Zemin; Strategi pemudaan bangsa melalui pendidikan dan sains; hukum, peraturan dan regulasi negara; keputuan-keputusan dari dewan negara – saya pelajari dan implementasikan masing-masing dengan hati-hati dan memandangnya sebagai senjata kerajaan untuk membantu saya menyelesaikan persoalan. Kita harus pintar dalam menggunakan senjata kerajaan ini untuk mencapai konsensus atas apa yang harus diselesaikan  dan untuk mempromosikan reformasi dan pembangunan kepentingan masyarakat.” Tidak dalam tahap manapun dalam dekade masa jabatannya ia pernah melepaskan senjata ini atau gagal untuk mempromosikan pekerjaan dengan mengatur koleganya untuk mempelajari dan memahami kebijakan dan dengan mempersatukan pemikiran dari para pemimpin dari semua tingkatan.
“Prinsip dan kebijakan dapat menjadi carikan kertas belaka bila kita tidak mengimplementasikannya dengan serius.” Ujar Li. “Mereka menjadi tidak terhingga nilainya jika kita melakukan pembelajaraan dengan teliti dan investigasi dan mengikutinya dengan kreativitas dan memandang pada realita. Bila kita mengambil sikap birokratis terhadap mereka, bila kita berhenti menyampaikan suara pemerintah pusat dengan mengadakan suatu pertemuan setelah yang lainnya atau menyiarkan dokumen pemerintah dari satu level ke level lainnya, maka kebijakan negara benar-benar akan menjadi secarik kertas.”

14.    “Jangan pernah membiarkan kesempatan baik lepas melalui jari-jari kita”
Menggenggam kesempatan yang muncul adalah aturan dasar Li Lanqing yang lainnya. Ia sering berkata bahwa tidak satupun kesempatan penting lepas dari tangan kita bila reformasi dipromosikan. Contohnya, ia dengan tepat membuat terobosan dalam memperbaiki administrasi universitas dan institut penelitian dengan menjalankan kesempatan dari guncangan organisasi pemerintah mayor pada 1998, dimana Dewan Negara meniadakan sepuluh kementrian dan administrasi umum. Tanpa departemen-departemen ini, apa yang harus dilakukan dengan universitas-universitas yang bergabung dengan mereka? Li melihat kesempatan ini untuk meletakkan universitas-universitas tersebut dibawah administrasi lokal dan menundukkan mereka untuk mengikuti pembangunan oleh otoritas pusat dan provinsi. Langkah tersebut memperoleh persetujuan universal baik dari lokalitas dan universitas terkait. Ia juga menggunakan kesempatan tersebut untuk dengan sukses mengubah lebih  dari 240 institut penelitian sains yang tadinya dibawah badan-badan yang dibubarkan tersebut menjadi perusahaan-perusahaan berteknologi tinggi . Setelah sebuah keputusan dibuat oleh Dewan Negara untuk memperluas pendaftaran universitas, Li tidak kehilangan waktu untuk mencabut hak pelayanan logistik universitas. Hal ini tidak hanya membantu meredakan ketegangan pada fasilitas pelayanan akibat dari perluasan pendaftaran, tapi juga memperbaiki kualitaas-pelayanan-pelayanan tersebut. Mengambil manfaat dari kesempatan-kesempatan kapanpun mereka muncul adalah contoh besar dari kepanjangan akal Li.

15.  Pola pikir memandang kedepan membutuhkan tidak adanya argumen, lebih sedikit kehebohan dan kerja yang lebih solid
“Pola pikir memandang kedepan membutuhkan tidak adanya argumen, lebih sedikit hype dan kerja yang lebih solid” telah lama menjadi aturan emas Li Lanqing.
Pada tahap awal dari reformasi pendidikan, beberapa kolega mengusulkan bahwa kekurangan dalam sistem dikritik sebelum reformasi dijalankan. Untuk ini ia secara pasti menentang, dan ia meyakinkan mereka untuk melihat pokok masalah dari sudut pandang materialis sejarah, sebaliknya tidak akan ada kriteria untuk menentukan mana yang benar dan salah. Ia berkata, “ Alasan utama mengapa saya mengatakan Partai Komunis Cina adalah partai politik yang matur adalah bahwa kita baik dalam menyeimbangkan warisan dan pembangunan dari perspektif materialisme sejarah dan materialisme dialektika. Prestasi yang dibuat selama periode manapun dari pembangunan sejarah memiliki batasannya, sebaik apapun mereka. Setiap orang berkata bahwa reformasi yang kita paksakan saat ini benar, dan bahkan berpandangan jauh kedepan, namun menilai dari standar bertahun-tahun, hal tersebut dapat terlihat sebagai sesuatu yang tidak dapat dimengerti. Namun apakah itu berarti kita dapat meniadakan prestasi dari reformasi saat ini? Argumen yang tidak perlu memberi hal baik untuk reformasi, dan akan menghambat kemajuannya. Pilihan utama kita adalah menyelesaikan masalah dengan melanjutkan realita dan, dengan prinsip dan kebijakan yang pantas, secara berangsur-angsur mencapai mufakat, melakukan apa yang dapat kita lakukan dan melakukannya dengan baik dibawah keadaan saat ini, dan memperkenanakan, sebaik yang kita bisa, situasi yang mungkin muncul dalam perjalanan pembangunan kedepannya.

16.    Tertib dalam kebijakan pemerintah, ia tidak pernah menandatangani request notes
Selama masa jabatannya dengan Dewan Negara, Li Lanqing tidak pernah menandatangani request note yang berkaitan dengan perihal uang. Ia menyebutkan sebuah tur inspeksi sekolah dasar di daerah pegunungan di Yunnan. Tidak tahan melihat pemandangan bangunan yang bocor dan buruk, ia berbicara pada pemimpin provinsi dan perfektur tentang hal tersebut. Kemudian sebuah keputusan dibuat untuk memperbaiki bangunan tersebut, namun 450,000 yuan yang dibutuhkan dikontribusikan secara sama oleh pemerintah pusat, provinsi dan perfektur. Sebagai wakil perdana mentri Dewan Negara, ia dapat saja memberikan jumlah tersebut dengan hanya menandatangani sebuah request note. Namun, ia mengejutkan kolega-koleganya dengan meminta bagian dari pemerintah sebesar 15,000 yuan dari donasi,  di tempat bahwa uang tersebut extra-budgetary. Kemudian, Zhang Baoqing dari Kementrian Pendidikan mengusulkan bahwa kementrian mengambil alih permasalahan tersebut.
“ Saya tidak menyetujui memberi perintah sesuka hati. Saya tidak pernah menandatangani request notes yang berkaitan dengan uang, karena pekerjaan saya adalah untuk mengawasi implementasi kebijakan pemerintah, membuat usulan, mengadakan reformasi dan mempromosikan pembangunan.
“Prosedur administratif seharusnya dibuat secara publik dan diinstitusionalisasikan, dimana cara asal dalam melakukan sesuatu harus dihindari.
"Administrative procedures should be made public and institutionalized, while random ways of doing things should be avoided. Penandatanganan request notes secar asal-asalan untuk memberi uang puluhan ribu yuan adalah akar dari korupsi. Untuk memberi seseorang hak istimewa hanya dengan menandatangani sebuak slik kertas sepertinya adalah hasil dari pertukaran antara uang dan kekuasaan. Bila anda melihat ke instruksi tertulis saya, anda dapat melihat bahwa tidak ada milik saya yang disetujui begitu saja. Tugas saya adalah untuk menyediakan tuntunan pekerjaan. Saya percaya membuat keputusan makro ekonomi dan memperketat administrasi adalah tugas pemerintah.  Saya dengan absolut menyokong pengesahan Law on AdministrativePermissions pada kongres Fourth Session of the Standing Committee of the Tenth National People's. Kami harus melakukan pemeriksaan administratif dan penyetujuan dibawah pengawasan hukum,, sehingga tidak seorangpun memiliki otoritas untuk memutuskan pokok permasalahan atau menandatangani secarik kertas untuk menyetujiu permintaan sesuka hati.

17.  Saya tidak dapat berpura-pura saya tidak melihat
Li sering mengilustrasikan poinnya dengan mengutip kasus ang telah ia lihat sendiri. Ia berhasrat untuk melakukan sesuatu setiap kali ia melihat guru dalam keadaan kasar dan setiap kali ia melihat hal-hal meyakitkan hati yang berbahaya bagi pendidikan. Ada banyak contoh, seperti membantu sebuah sekolah dasar di Perfektur Xishuangbanna Dai Autonomous Yunnan membangun bangunan baru, menyelesaikan masalah perumahan untuk guru dari Central University for Nationalities dan keprihatinnya terhadap lingkungan yang semrawut di sekitar kampus universitas-universitas di Peking dan Tsinghua. “Ketika saya melihat sesuatu yang salah, saya tidak dapat berpura-pura saya tidak melihatnya,” ujarnya.
Ia terutama prihatin terhadap keamanan di sekolah. Setelah ia mengambil alih tanggung jawab atas pendidikan, keamanan sekolah adalh keprihatinan terbesarnya. Seperti yang telah brulang kali ia tegaskan, Saya membuat poin nesing pada isu keamanan sekolah, karena keamanan memiliki kepentingan yang tertinggi, tidak ada yang lebih penting dari nyawa seseorang. Jika orang-orang kehilangan nyawanya, tidak akan ada untuk diajari.” Kata-kata ini merefleksikan pragmatik persistennya dan cara kerja pencarian kebenarannya, semangatnya menempatkan kepentingan masyarakat di atas segalanya, dan rasa tanggung jawabnya yang tinggi terhadap masyarakat sebagai pemimpin pemerintahan.

18.    Keras Kepala, ia tanpa lelah mendapatkan dasar permasalahan
Merupakan gaya Li Lanqing untuk sampai ke dasar suatu masalah, “Saya akan terus menjaga sampai akhir hal-hal yang sejalan dengan kebijakan otoritas pusat dan hal-hal yang saya yakini melalui investigasi dan studi yang dapat dikerjakan; di masalha yang saya khawatirkan, tidak seorangpun dapat menarik benang dari mata saya untuk dapat berpura-pura. Saya hanya ingin sampai ke dasar masalah walaupun kejadiannya telah bertahun-tahun yagn lalu.” Ia terlihat tidak senang mengenai laporan dari Guizhou, dimana guru-guru di kota Shaopu di Zhinjin dipaksa untuk berhenti mengajar untuk mengawasi petani menanam tembakau, dan ia langsung mengangkatnya untuk mendapat peratian pemerintah provinsi. Ia terus khawatir mengenai masalah tersebut sampai ia datang ke lapangan beberapa tahun emudian dan mempelajari bahwa masalah tersebut telah terselesaikan dengan memuaskan.
“Kita menjalankan pendidikan dalam skala besar di dunia, dan kita adalah sebuah negara berkembang. Karena itulah mengapa kita menghadapi banyak kesulitan besar. Banyak kesulitan datang dalam bentuk hal-hal praktis yang dapt dengan mudah diabaikan. Hanya dengan mengatasi masalah-masalah praktis ini satu persatu dengan cara tidak berangan-angan, persisten dan keras hati pendidikan kita dapar tumbuh dengan lebih cepat, lebih baik, dan lebih sehat.”
Li mengatakan pada kami cerita-cerita tentang pekerjaan budayanya, dimana investigasinya menunjukkan kekurangan fasilitas kultural dasar si seluruh negeri. Untuk memerbaiki kekurangan tersebut, beberapa proyek perlu dilakukan tanpa penundaan; beberapa telah lama direncanakan namun gagal dilaksanakan. Ia membuat daftar proyek-proyek ini sehingga ia dapat meminta departemen yang berkaitan untuk mengajukannya ke Dewan Negara untuk mendapat persetujuan, dan mengikuti kemajuan yang telah didapat sebelumnya. Termasuk perbaikan utama dari Istana Kerajaan, perluasan Museum Nasional, Konstruksi fase kedua Perpustakaan Nasional, konstruksi Perpustakaan Digital Nasional, Perluasan Gaaleri Seni Cina, kompilasi sejarah Dinasti Qing, relokasi residensi Mansion Pangeran Gong dan konstruksi Teater Nasional di Beijing, Konstruksi Mausoleum of Qinshihuang Herritage Park di Shanxi, perbaikan istana Potala dan Norbulinka di Lhassa, dan perbaikan Sakya Monastery di Xigaze, Tibet. Museum Nasional, yang menyatukan Museum Sejarah Cina dan Museum Revolusi Cina, adalah kunci proyek konstruksi budaya nasional yang dimulai dengan resolusi pada promosi  sivilisasi spiritul sosialis yang disahkan oleh Sixth Plenary session of the l4th Party Central Committee pada 1996. Untuk berbagai alasan, persiapan perencanaan telah ditunda untuk beberapa tahun. Setelah Li mempelajari situasinya,  ia secara pribadi memanjat ke atas Museum Sejarah Cina untuk menhinspeksi situs tersebut. Seseorang berargumen, “Anda adalah wakil perdana mentri Dewan Negara – bagaimana bisa anda mengikuti detail seperti itu?” Li menjawab , “ Saya tahu dimana saya berdiri: Saya sang quartermaster, dan hal itu bukan dibawah wewenang seorang quartermaster untuk memperhatikan detail. Namun, pada kasus seperti ini, tidak ada yyang akan dikerjakan bila anda tidak mengawasinya dan melakukan tindakan.”

19.    Penanaman hutan dan konstruksi dalam proses.
Akhir Agustus 2000, Li tiba di tibet untuk sebuah tur inspeksi. Pada sebuah kunjungan ke Istana Potala, ia khawatir ketika diberitahu bahwa atap bangunan bocor, dan ditanyai bagaimana istana tersebut dibangun. Ia diberitahu bahwa itu adalah struktur bangunan kayu namun kayu yang membentuk fondasi bangunan rusak karena serangga. Ketika diberitahu bahwa atap hampir tidak tahan air dan seluruh bangunan terancam ambruk bila tidak diperbaiki tepat waktu, Li langsung menginspeksi kerusakan yang paling serius. “Istana Potala adalah harta masyarakat Cina, termasuk Tibet, dan seluruh umat manusia,” ujarnya. “Bagaimana bisa kita menghadapi teman sebangsa kita dan seluruh dunia bila kita runtuh?” Ia meminta Kementrian Budaya, Komisi Perencanaan dan Pembangunan Negara, Administrasi Negara untuk Barang Peniggalan, dan Darah Otonomi Tibet untuk menginvestigasi kerusakan dan melakukan pemeliharaan yang dapat menyelesaikan masalah sekali dan untuk keseluruhan. Ia juga menunjukkan di saat mengambil setiap langkah untuk menjaga keaslian arsitekturnya tetap intak, pemeliharaan kualitaas harus dijamin sehingga istana dapat dijaga secara efektif dan kemegahannya terpelihara.
Li juga menunjukkan kekhawatiran atas perbaikan mayor pertama atas Istana Kerajaan dalam 400 tahun sejarahnya. Ia mengunjungi istana untuk bergabung bersama pimpinan-pimpinan terkait dalam studi rencana perbaikan, dan mengunjungi situs keerja untuk mendengan laporan. Ia berkonsultasi pada ahli tentang bagaimana perbaikan seharusnya dijalankan. Mengunjungi negara asing, ia selalu membuat poin pembelajaran atas apa yang telah dilakukan disana untuk melindungi dan memelihara situs bersejarahnya. Adalah kepercayaannya bahwa sebagai sebuah harta nasional dan bagian dari warisan budaya dunia, Istana Kerajaan seharusnya tidak dibuat tampak termakan waktu dan perbaikan di desain untuk mengubah penampilannya saat ini, namun, hal tersebut seharusnya dikembalikan pada penampilannya pada era Emperor Kangxi dan Qianlong. Hanya dengan hal tersebut kemewahan arsitektur Cina dapat dipresentasikan pada dunia seperti kejayaannya dulu. Li tidak percaya sulit untuk mencapai tujuan tersebut karena banya lukisan dan dokumen terkait keadaan asli situs terseut telah diamankan di istana.

20.    Memberi kesempatan belajar pada tiap siswa yang ingin belajar
“memberi kesempatan belajar pada tiap siswa yang ingin belajar” adalah suatu ideal yang dijunjung tinggi oleh Li. Seseorang yang sangat peduli terhadap pendidikan Cina, Li terbiasa mempertimbangkan pendidikan dari tempat strategis peremajaan nasional, memeriksanya dari perspektif jangka panjang dan mempromosikannya dengan persistensi dan ketulusan.
Li memiliki haarpan tinggi untuk reformasi dan pembangunan pendidikan di negara ini. Ketika kami menutup wawancara kami, ia berkata dengan ketulusan, “Dalam pandangan saya, tidak seorangpun berkata lebih baik dari Jiang Zenin yang menunjukkan perayaan ulang tahun Beijing Normal University pada 8 September 2002.
Ia mengutip kalimat yang Jiang ditujukan untuk kesimpulan buku ini: “Dalam beberapa tahunterakhir, komite partai kita dan pemerintah di berbagai tingkatan dan teman sebangsa kita dalam lingkaran pendidikan telah dengan aktif menjalankan strategi peremajaan nasional melalui sains dan pendidikan, melakukan pekerjaan besar dan membuat pencapaian yang hebat. Kita harus terus melakukan strategi tersebut dengan teguh, memperbesar jumalh pembangun sosialisme dengan karakteristik Cina yang jeals, mengedepankan kualitas personil yang diperkaya kemampuan inovatif dan menumbuhkan pencapaian ideologi dan moral dan ilmiah dan budaya bangsa. Merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar untuk kita untuk menyadari peremajaan bangsa Cina, yang juga merupakan tugas untuk perkara pendidikan sosialis bangsa kita.
“Dari dasar hati saya,” Li menambahkan. “ Saya bersyukur atas besarnya jumlah para pendidik kita dan semua yang peduli dan mendukung pendidikan di negara ini. Mari kita berkerja bersama untuk mengedepankan peremajaan bangsa melalui sains dan pendidikan.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar