Sabtu, 23 Februari 2013

Keterkaitan konseling dan komunikasi interpersonal :


Keterkaitan konseling dan komunikasi interpersonal   :

 

Konseling adalah proses pertukaran informasi dan interaksi positif antara klien petugas untuk membantu klien mengenali kebutuhan nya , memilih solusi terbaik dan membuat keputusan yang paling sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi.


Konseling merupakan tahap kunci bagi kesesuaian pilihan , kepuasan klien dalam asuhan kebidanan.

Keterampilan untuk melakukan komunikasi interpersonnal merupakan syarat mutlak bagi seorang konselor. Tidak selalu setiap komunikasi interpersonal  adalah konseling. Konseling bukanlah percakapan santai tapi percakapan yang direncanakan secara cermat dan sistematis.

Kapan suatu percakapan dikatakan KIP dan kapan konseling  beri contoh – contoh kasus dan analisa satu persatu kalimat tersebut !


Ciri-ciri KIP juga berlaku pada konseling.
  • Simulasi  dengan main peran
Seorang mahasiswa diminta untuk menjadi klien dengan pendengaran yang kurang baik
Seorang lagi mahasiswa mendemonstrasikan klien yang merasa terpaksa datang ke klinik karena dipaksa oleh keluarganya.

ü  Tanyakan pada pemeran Bidan  hambatan komunikasi yang dirasakannya tulis di flip chart. 
ü  Tanyakan jugapada pemeran klien perasaannya
ü  Tanyakan kepada mahasiswa lain apa yang harus dilakuka   
pemeran Bidan untuk mengatasi hambatan komunikasi tersebut ?
·         Tayangkan  hand out II E  ( faktor-faktor yang menghambat komunikasi dan beri contoh2 dan kaitkan dengan simulasi diatas.
·         Kesimpulan  :  Sangat sulit mengatasi prasangka pribadi dan nilai   
                               setiap individu .  Konselor harus mencoba mengabaikan perasaan dirinya dan berkonsentrasi pada kebutuhan orang lain.





UNIT PENGENALAN DAN PEMAHAMAN DIRI



Tujuan  :  Tayangkan visual  III.1

Setelah mengikuti modul ini mahasiswa diharapkan mampu  :
  • Memahami diri sendiri
  • Memahami pengaruh pemahaman diri pada proses KIP/K
  • Mengidentifikasi pengetahuan , keterampilan dan sikap yang harus dimiliki Bidan sebagai konselor.

Proses   :


  • Minta mahasiswa menjawab pertanyaan berikut  :
ü  Bila anda adalah seorang klien yang meminta bantuan pada seorang Bidan , kualitas pribadi seperti apa yang anda harapkan dari si Bidan tersebut ? Setelah dijawab oleh beberapa peserta sampaikan pertanyaan  selanjutnya ;
ü  Apakah anda mempunyai kualitas pribadi seperti itu ? 
ü  Katakan selanjutnya memahami apa yang sudah dimiliki dan belum dimiliki, termasuk hambatan komunikasi yang dirasakan dan diungkapkan pada modul sebelumnya merupakan bagian dari pemahaman diri.
·         Jelaskan pengertian JOHARI WINDOW ( jendela JOHARI ) sebagai suatu cara mengenal diri. Beri kesempatan bertanya kepada mahasiswa bila penjelasan kurang jelas. Gunakan alat bantu Visual III.2 / hand out III A
·         Lataihan pemahaman diri  60 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar