Keterkaitan
konseling dan komunikasi interpersonal
:
Konseling
adalah proses pertukaran informasi dan interaksi positif antara klien petugas
untuk membantu klien mengenali kebutuhan nya , memilih solusi terbaik dan
membuat keputusan yang paling sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi.
Konseling
merupakan tahap kunci bagi kesesuaian pilihan , kepuasan klien dalam asuhan
kebidanan.
Keterampilan
untuk melakukan komunikasi interpersonnal merupakan syarat mutlak
bagi seorang konselor. Tidak selalu setiap komunikasi interpersonal adalah konseling. Konseling bukanlah
percakapan santai tapi percakapan yang direncanakan secara cermat dan
sistematis.
Kapan suatu
percakapan dikatakan KIP dan kapan konseling
beri contoh – contoh kasus dan analisa satu persatu kalimat tersebut !
Ciri-ciri
KIP juga berlaku pada konseling.
- Simulasi dengan main peran
Seorang
mahasiswa diminta untuk menjadi klien dengan pendengaran yang kurang baik
Seorang lagi mahasiswa
mendemonstrasikan klien yang merasa terpaksa datang ke klinik karena dipaksa
oleh keluarganya.
ü
Tanyakan pada pemeran Bidan hambatan komunikasi yang dirasakannya tulis
di flip chart.
ü
Tanyakan jugapada pemeran klien perasaannya
ü
Tanyakan kepada mahasiswa lain apa yang harus
dilakuka
pemeran
Bidan untuk mengatasi hambatan komunikasi tersebut ?
·
Tayangkan hand out II E
( faktor-faktor yang menghambat komunikasi dan beri contoh2 dan kaitkan
dengan simulasi diatas.
·
Kesimpulan :
Sangat sulit mengatasi prasangka pribadi dan nilai
setiap individu . Konselor harus mencoba mengabaikan perasaan
dirinya dan berkonsentrasi pada kebutuhan orang lain.
UNIT
PENGENALAN DAN PEMAHAMAN DIRI
Tujuan :
Tayangkan visual III.1
Setelah
mengikuti modul ini mahasiswa diharapkan mampu
:
- Memahami diri sendiri
- Memahami pengaruh
pemahaman diri pada proses KIP/K
- Mengidentifikasi
pengetahuan , keterampilan dan sikap yang harus dimiliki Bidan sebagai
konselor.
Proses :
- Minta mahasiswa
menjawab pertanyaan berikut :
ü Bila anda adalah seorang klien
yang meminta bantuan pada seorang Bidan , kualitas pribadi seperti apa yang
anda harapkan dari si Bidan tersebut ? Setelah dijawab oleh beberapa peserta
sampaikan pertanyaan selanjutnya ;
ü Apakah anda mempunyai
kualitas pribadi seperti itu ?
ü Katakan selanjutnya
memahami apa yang sudah dimiliki dan belum dimiliki, termasuk hambatan
komunikasi yang dirasakan dan diungkapkan pada modul sebelumnya merupakan
bagian dari pemahaman diri.
·
Jelaskan
pengertian JOHARI WINDOW ( jendela JOHARI ) sebagai suatu cara mengenal diri.
Beri kesempatan bertanya kepada mahasiswa bila penjelasan kurang jelas. Gunakan
alat bantu Visual III.2 / hand out III A
·
Lataihan
pemahaman diri 60 menit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar