MANAJEMEN PELAYANAN KEBIDANAN
A. DEFINISI OPERASIONAL
Manajemen
adalah ilmu atau seni bagaimana sumberdaya secara efisien, efektif dan rasional
untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Bidan
adalah seorang wanita yang telah mengikuti dan lulus pendidikan bidan, mendapat
izin dan terdaftar secara legal untuk melakukan praktek kebidanan. (ICM /
WHO ).
Pelayanan
Kebidanan merupakan bagian dari integral dari pelayanan kesehatan yang berfokus
pada pelayanan kesehatan perempuan, bayi baru lahir dan anak balita.
Manajemen pelayanan kesehatan adalah :
·
Suatu
metode pengaturan, pengorganisasian pikiran dan tindakan dalam suatu urutan
yang logis dan menguntungkan baik bagi pasien maupun petugas kesehatan.
·
Proses
pemecahan masalah yang di gunakan sebagai metode untuk mengorganisasikan
pikiran dan tindakan berdasarkan teori ilmiah penemuan-penemuan, keterampilan,
dalam rangkaian atau tahapan yang logis untuk pengambilan suatu keputusan dan
berfokus pada klien ( Varney, 1977 )
TUJUAN
·
Jangka
Pendek : Jumlah kunjungan meningkat.
·
Jangka
Panjang : Menurunkan AKI sebesar 75 % pada tahun 2015 dari AKI tahun 1990 ( 450
/ 100.000 KH ), Menurunkan AKB menjadi < 35 / 1000 KH pada tahun 2015. (
WHO / ICM ).
TUJUAN OPERASIONAL
SUATU MANAJEMEN HARUS MENGANDUNG UNSUR-UNSUR :
·
WHAT : Kegiatan apa yang akan dikerjakan harus
jelas.
·
WHO : Sasarannya harus jelas, siapa yang akan
mengerjakan, beberapa yang ingin dicapai.
·
WHEN : Kejelasan waktu untuk menyelesaikan
kegiatan.
·
HOW : Prosedur kerjanya ( SOP ) jelas, sesuai
dengan SPK ( Standar Pelayanan
Kebidanan ).
·
WHY : Mengapa kegiatan itu harus dikerjakan,
dengan penjelasan yang jelas.
·
WHERE
: Kapan dan dimana kegiatan akan dilakukan tertera jelas.
·
Jika
perlu ditambah dengan : WHICH : Siapa yang
terkait dengan kegiatan tersebut ( lintas sektor walaupun lintas program yang
terkait ).
B. LANGKAH – LANGKAH DALAM MANAJEMEN KEBIDANAN
Langkah –
langkah Manajemen Pelayanan Kebidanan dibagi 3 yaitu :
·
P1 ( Perencanaan )
·
P2 ( Pengorganisasian )
·
P3 (Penggerakan, Pelaksanaan, Pengawasan dan
Pengendalian)
1.
P1 ( PERENCANAAN )
Perencanaan
adalah proses untuk merumuskan masalah kegiatan, menentukan kebutuhan dan
sumber daya yang tersedia, menetapkan tujuan kegiatan yang paling pokok dan
menyusun langkah-langkah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan ( landasan
dasar ).
Contoh :
·
Jadwal Pelayanan ANC di Posyandu, Puskesmas.
·
Rencana Pelatihan untuk kader, nakes
2.
P2 ( PENGORGANISASIAN )
Pengorganisasian
adalah suatu langkah untuk menetapkan menggolong-golongkan, dan mengatur
berbagai kegiatan, penetapan tugas-tugas dan wewenang seseorang dan
pendelegasian wewenang dalam rangka pencapaian tujuan layanan kebidanan.
Inti
dari pengorganisasian adalah merupakan alat untuk memadukan atau sinkronisasi
semua kegiatan yang berasfek personil, finansial, material dan tata cara dalam
rangka mencapai tujuan pelayanan kebidanan yang telah di tetapkan.
Contoh
: P2 (Pelaksanaan )
·
Puskesmas
·
Puskesmas Pembantu
·
Polindes dan Pembantu
·
Balai Desa
3.
P3 ( PENGGERAKAN DAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN DAN
PENGENDALIAN )
Penggerakan
dan Pelaksanaan adalah suatu usaha untuk menciptakan iklim kerja sama di antara
pelaksanaan program pelayanan kebidanan sehingga tujuan dapat tercapai secara
efektif dan efisien.
Fungsi
manajemen ini lebih menekankan bagaimana seseorang manajer pelayanan kebidanan
mengarahkan dan menggerakkan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan
pelayanan kebidanan yang telah di sepakati.
Contoh :
·
Pencatatan dan pelaporan ( SP2TP )
·
Supervisi
·
Stratifikasi Puskesmas
·
Survey
C. PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN PELAYANAN
KEBIDANAN
Seorang
Bidan haruslah berfikir logikatik, anallitis, sistematik,teruji secara empiris,
memenuhi sifat pengetahuan umum yaitu : objektif, umum dan memiliki metode
ilmiah. Penerapan di dalam Manajemen Pelayanan Kebidanan.
Unsur- unsur dalam perencanaan Pelayanan
Kebidanan meliputi :
1.IN – PUT
Merujuk
pada sumber-sumber yang diperlukan untuk melaksanakan aktifitas yang meliputi :
·
Man :
Tenaga yang di manfaatkan.
Contoh : Staf atau Bidan yang
kompeten
·
Money
: Anggaran yang di butuhkan atau dana untuk program
·
Material : Bakau atau materi ( sarana dan prasarana ) yang dibutuhkan
·
Metode : Cara yang di pergunakan dalam bekerja atau prosedur kerja
·
Minute
/ Time : Jangka waktu pelaksanaan kegiatan program
·
Market : Pasar dan pemasaran atau sarana program
2.
PROSES
Memonitor
tugas atau kegiatan yang dilaksanakan. Meliputi Manajemen Operasional dan
Manajemen asuhan.
·
Perencanaan ( P1 )
·
Pengorganisasian ( P2 )
·
Penggerakan dan pelaksanaan, Pengawasan dan
Pengendalian ( P3 )
3.OUT – PUT
Cakupan
Kegiatan Program :
·
Jumlah kelompok masyarakat yang sudah
menerima layanan kebidanan ( memerator ), di bandingkan dengan jumlah
kelompok masyarakat yang menjadi sasaran program kebidanan. ( Denominator )
·
Pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar
pelayanan kebidanan ( Mulai dari KIE, Asuhan Kebidanan, dsb )
Contoh
: Untuk BPS : Out – Putnya adalah
·
Kesejahteraan ibu dan janin
·
Kepuasan Pelanggan
·
Kepuasan bidan sebagai provider
4.EFFECT
Perubahan
pengetahuan, sikap, dan prilaku masyarakat yang diukur dengan peran serta
masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kebidanan yang ada di sekitarnya (
Posyandu, BPS, Puskesmas dsb ) yang tersedia.
5.OUT – COME ( IMPACT )
Di
pergunakan untuk menilai perubahan atau dampak ( impact ) suatu program,
perkembangan jangka panjang termasuk perubahan status kesehatan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
·
KEPUTUSAN
MENTERI KESEHATAN, REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 900 / MENKES / SK / VII / 2002. TENTANG
REGISTRASI DAN PRAKTIK BIDAN
·
SYAHLAN, J.H.Dr. SKM. 1996. KEBIDANAN KOMUNITAS.
YAYASAN BINA SUMBER DAYA KESEHATAN : JAKARTA
·
VARNEY’S MIDWIFERI 3 rd, ED. 2004 ILMU
KEBIDANAN. INTERMEDIA PUB USHER : BANDUNG .
·
DEPKES,
2001. STANDAR PELAYANAN KEBIDANAN. DEPKES RI : JAKARTA.
Pelayanan Kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang berfokus pada pelayanan kesehatan perempuan, bayi baru lahir, dan anak balita. Pelayanan kebidanan memiliki suatu tujuan yang akan tercapai dengan mengaplikasikan manajemen pelayanan kebidanan yang terdiri dari 3 langkah, yaitu P1 (Perencanaan), P2 (Pengorganisasian), dan P3 (Penggerakan, Pelaksanaan, Pengawasan dan Pengendalian).
BalasHapusMANAJEMEN PELAYANAN KEBIDANAN
BalasHapus🦋🦋🦋🦋🦋🦋🦋🦋🦋🦋
Pengertian :
Manajemen adalah ilmu / seni bagaimana sumber daya secara efesien, efektif & rasional untuk mencapai tujuan organisasi yg telah ditetapkan sebelum nya.
Pelayanan Kebidanan adalah pelayanan kesehatan yg berfokus pada pelayanan kesehatan perempuan, BBL dan anak balita.
LANGKAH² MANAJEMEN PELAYANAN KEBIDANAN :
🌷 P1 ( Perencana ) proses untuk merumuskan masalah kegiatan, menentukan kebutuhankebutuhan dan sumber daya yg tersedia.
🌷 P2 ( Pengorganisasian ) Alat untuk memadukan semua kegiatan yg beraspek personil, finansial, & tata cara untuk mencapai tujuan pelayanan kebidanan yg telah ditetapkan.
🌷P3 ( Penggerakan, Pelaksanaan, Pengawasan, & Pengendalian )
•> UNSUR² DALAM PERENCANAAN PELAYANAN KEBIDANAN MELIPUTI :
1. IN-PUT
2. PROSES
3. OUT-PUT
4. EFFECT
5. OUT- COME ( IMPACT )