MANAJEMEN DAN KESEHATAN

Selasa, 18 Desember 2012

Jurusan Kebidanan Poltekes Kemenkes Jakarta 3


Permisi bapak, ibu dan saudara sekalian, saya ingin memperkenalkan institusi yang saya sangat cintai dan saya banggakan

PROFIL JURUSAN KEBIDANAN
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA III



VISI
Jurusan Kebidanan menjadi institusi yang terdepan dalam prestasi dan unggul dalam menghasilkan tenaga kebidanan yang berstandar nasional dan internasional.

MISI
  1. Membangun semangat berprestasi.
  2. Meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa memiliki.
  3. Meningkatkan pembelajaran dan bimbingan profesional.
  4. Meningkatkan Sumber Daya Manusia secara berkesinambungan.
  5. Membentuk mahasiswa yang bermoral, cerdas dan trampil.

TUJUAN
Tujuan program pendidikan Diploma III Kebidanan adalah menghasilkan lulusan tenaga kesehatan profesional Ahli Madya Kebidanan yang mampu untuk :
  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dserta dapat menerapkan dan menyumbangkan ilmu dan teknologi di bidangnya.
  2. Mengembangakan dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Melaksanakan pelayanan kebidanan pada wanita, pra perkawinan, ibu pra hamil, hamil, melahirkan, nifas, menyusui dan pada wanita dengan gangguan sistem reproduksi, bayi baru lahir dan balita.
  4. Melaksanakan asuhan kebidanan komunitas dan pelayanan keluarga berencana.
  5. Melaksanakan asuhan kesehatan pada bayi dan anak balita serta pelayanan kesehatan lainnya yang sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku.
  6. Memberikan pendidikan, bimbingan dan penyuluhan dalam asuhan / pelayanan kebidanan.
  7. Mengelola unit-unit KIA / KB
  8. Melaksanakan penelitian dalam bidang asuhan / pelayanan kebidanan.




STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Organisasi dari Jurusan Kebidanan terdiri dari :
Ketua Jurusan                                     : Sri Mulyati, SPd, M.Kes
Sekretaris  Jurusan I                            : Dra. Jomima Batlajery, M.Kes
Sekretaris  Jurusan II                          : Fatimah, S.Pd., MKes.
Sekretaris  Jurusan III                         : Syafrudin, S.Kp, M.Kes
Ketua Program Studi Cipto M            : Aticeh
Ketua Program Studi Harapan Kita    : Karningsih
Ketua Program D-IV Bidan P.           : Erna Mesra,




PROGRAM STUDI KEBIDANAN CIPTO MANGUNKUSUMO

VISI
Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang bermutu, berdaya saing, berjiwa wirausaha dan berwawasan internasional.

MISI
1.      Menghasilkan tenaga ahli madya kebidanan sebagai tenaga yang profesional opemula yang menguasai ilmu dan teknologi, berwawasan internasional serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Menghasilkan ilmu dan teknologi terapan di bidang Kebidanan melalui penelitian
3.      Memanfaatkan hasil penelitian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat guna meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.
4.      Mengembangkan model teknologi Pendidikan Kebidanan.



PERAN , FUNGSI DAN KOMPETENSI
Dalam upaya pelayanan kebidanan yang berfokus pada kesehatan reproduksi, bidan profesional berperan sebagai :
1.      Peran
a.       Pelaksana
Pemberi pelayanan kebidanan pada wanita dalam siklus kehidupan, asuhan neonatus, bayi, dan anak balita.
b.      Pengelola
Mengelola asuhan dan pelayanan di setiap tatananpelayanan kesehatan di institusi dankomunitas.
c.       Pendidik
Memberikan pendidik kesehatan dan konseling dalam asuhan dan pelayanan kebidanan di setiap tatanan pelayanan kesehatan di institusi dan komunitas, menthorship terhadap calon tenaga kesehatan, dan bidan baru.
d.      Peneliti
Yang dimaksud peneliti disini adalah asisten peneliti yang membantu kegiatan penelitian dalam lingkup asuhan dan pelayanan kebidanan.
2.      Fungsi
a.       Pelaksana
1)      Melaksanakan asuhan keperawatan pada ibu hamil normal dan patologi.
2)      Melaksanakan asuhan keperawatan pada ibu bersalin normal dan patologi.
3)      Melaksanakan asuhan pada bayi segera setelah lahir dan neonatus normal dan patologi.
4)      Melaksanakan pelayanan kebidanan pada ibu nifas normal dan patologi.
5)      Melaksanakanpelayanankebidanan pada ibu menyusui.
6)      Melaksanakan asuhan kesehatan pada bayi dan anak balita di institusi dan komunitas
7)      Melaksanakan upaya promosi dan prevensi dalam kesehatan reproduksi wanita sepanjang siklus kehidupannya
8)      Melaksanakan pelayanan keluarga berencana
9)      Menggerakkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kebidanan.
b.      Pengelola
1)      Merencanakan sumber daya untuk pelaksanaan pelayanan kebidanan.
2)      Mengorganisir sumber daya untuk pelaksanaan pelayanan kebidanan
3)      Melaksanakan pelayanan kebidanan berdasarkan rencana
4)      Monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan kebidanan.
c.       Pendidik
1)      Melaksanakan pendidikan kesehatan dan konseling dalam asuhan dan pelayanan kebidanan
2)      Membina kader dan kelompok masyarakat.
3)      Mentorship dan preseptorship bagi calon tenaga kesehatan dan bidan baru.
d.      Peneliti
1)      Membantu penyusunan proposal
2)      Melaksanakan pengumpulan data
3)      Membantu pengelolaan data
4)      Membantu penyusunan laporan hasil penelitian.


PROGRAM STUDI KEBIDANAN HARAPAN KITA

VISI
Program Studi Kebidanan Harapan Kita Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta III mampu menghasilkan Tenaga Kebidanan yang profesional, yang berjiwa Pancasila dan mampu bersaing di era globalisasi.

MISI
1.      Menghasilkan Bidan yang dapat melaksanakan Asuhan Kebidanan sesuai dengan perkembangan Iptek dan tuntutan pengguna jasa pada berbagai tatanan pelayanan kesehatan.
2.      Mampu mengembangkan pelayanan kebidanan melalui penelitian.
3.      Secara mandiri dapat berwira usaha.


PERAN , FUNGSI DAN KOMPETENSI
Dalam upaya pelayanan kebidanan yang berfokus pada kesehatan reproduksi. Peran Ahli Madya Kebidanan adalah sebagai :
1.      Pelaksana Asuhan / Pelayanan Kebidanan
2.      Pengelola Unit KIA / KB
3.      Pendidik dalam Asuhan / Pelayanan
4.      Pelaksana Penelitian dalam Asuhan / Pelayanan Kebidanan

Fungsi dan Kompetensi dari Peran Ahli Madya Kebidanan adalah :
1.      Pada Pelaksana Asuhan / Pelayanan Kebidanan :
  1. Melaksanakan asuhan kebidanan pada Ibu Hamil Normal, Komplikasi, Patologi dan resiko tinggi.
  2. Melaksanakan asuhan kebidanan pada Ibu bersalin normal, komplikasi, Patologi dan resiko tinggi.
  3. Melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir normal, komplikasi, Patologi dan resiko tinggi.
  4. Melaksanakan asuhan kebidanan pada Ibu Nifas Normal, dan komplikasi.
  5. Melaksanakan Asuhan Kebidanan pada Ibu Menyusui
  6. Melaksanakan Asuhan Kesehatan pada Bayi dan Anak Balita
  7. Melaksanakan Asuhan Kebidanan pada Wanita / Ibu dengan gangguan reproduksi.
  8. Melaksanakan Asuhan Kebidanan Komunitas
  9. Melaksanakan Pelayanan Keluarga Berencana.
2.      Pada Pengelola Unit KIA / KB
  1. Melaksanakan Pelayanan KIA / KB.
  2. Mengkoordinasikan pelayanan KIA / KB
3.      Pada Pendidik dalam Asuhan / Pelayanan
  1. Melaksanakan Bimbingan / Penyuluhan pada wanita pra perkawinan, Ibu dan Akseptor KB.
  2. Melatih dan membina tenaga kesehatan, kader dan dukun.
4.      Pada Pelaksana Penelitian dalam Asuhan / Pelayanan Kebidanan
  1. Merencanakan Penelitian.
  2. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan analisa data serta menulis kesimpulan penelitian.



PROGRAM D IV BIDAN PENDIDIK

VISI
Menghasilkan lulusan bidan pendidik yang profesional, cerdas, kompetitif, beriman dan bertaqwa.

MISI
1.      Mengembangkan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesi, keprobadian dan sosial dalam pendidikan kebidanan.
2.      Menerapkan hasil penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi dalam pendidikan kebidanan untuk kesejahteraan masyarakat.
3.      Mengembangkan jejaring kerja baik inter dan antar disiplin ilmu maupun lembaga terkait dalam meningkatkan dan memperluas kemampuan kemahirannya.
4.      Mengembangkan belajar mandiri dan prisnip belajar seumur hidup (long live education).



PERAN , FUNGSI DAN KOMPETENSI
Tenaga pengajar/dosen pendidikan harus memiliki kompetensi sebagai berikut :
1.      Kompetensi Pedagogik
a.       Mampu memahami karakteristik peserta didik.
b.      Menerapkan teori belajar, teori pembelajaran yang relevan dengan peserta didik dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampunya.
c.       Mampu mengelola pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
d.      Mampu merancang pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandiriaan sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
e.       Mampu merancang penilaian proses dan hasil belajar.
f.       Mampu melaksanakan penilaian proses dan hasil
g.      Mampu menggunakan hasil penilaian untuk berbagai kepentingan pendidikan.

2.      Kompetensi Kepribadian
a.       Mampu bertindak secara konsisten yang sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan budaya nasional Indonesia.
b.      Mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa dan berakhlak mulia.
c.       Mempunyai rasa bangga menjadi dosen, dapat bekerja mandiri, mempunyai etos kerja, rasa percaya diri, dan bertanggung jawab yang tinggi
d.      Mampu bersikap dan berperilaku yang disegani
e.       Mampu menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
f.       Mempunyai kejujuran
g.      Mampu menjunjung tinggi kode etik profesi dosen.

3.      Kompetensi Profesional
a.       Memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampunya.
b.      Menguasai materi, struktur dan konsep pola pikir kelimuan yang merupakan mata pelajaran yang diampunya.
c.       Menguasai metode pengembangan ilmu dan telaah kritis yang terkait dengan mata pelajaran yang diampunya
d.      Kreatif dan inovatif terhadap penerapan dan pengembangan bidan gilmi yang terkait dengan amta pelajaran yang diampunya.
e.       Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan hasil pembelajaran.
f.       Mampu berkomunikasi dengan lingkungannya, baik secara lisan maupun tulisan.
g.      Memiliki kemampuan belajar dari berbagai sumber belajar dan ebrbagai ilmu.

4.      Kompetensi Sosial
a.       Mampu bergaul sebagai anggota masyarakat yang menarik, suka berempati, menghargai sesama, dapat bekerja sama, suka menolong, menjadi panutan dan komunikatif.
b.      Mampu bersikap kooperatif, bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
c.       Mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya.
d.      Mampu mengembangkan seluruh potensi dirinya secara berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar