Permisi bapak, ibu dan saudara sekalian, saya ingin memperkenalkan institusi yang saya sangat cintai dan saya banggakan
PROFIL
JURUSAN KEBIDANAN
POLITEKNIK
KESEHATAN KEMENKES JAKARTA III
VISI
Jurusan Kebidanan menjadi institusi
yang terdepan dalam prestasi dan unggul dalam menghasilkan tenaga kebidanan
yang berstandar nasional dan internasional.
MISI
- Membangun
semangat berprestasi.
- Meningkatkan
rasa kebersamaan dan rasa memiliki.
- Meningkatkan
pembelajaran dan bimbingan profesional.
- Meningkatkan
Sumber Daya Manusia secara berkesinambungan.
- Membentuk
mahasiswa yang bermoral, cerdas dan trampil.
TUJUAN
Tujuan program pendidikan Diploma III
Kebidanan adalah menghasilkan lulusan tenaga kesehatan profesional Ahli Madya
Kebidanan yang mampu untuk :
- Menyiapkan
peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik
dan profesional dserta dapat menerapkan dan menyumbangkan ilmu dan
teknologi di bidangnya.
- Mengembangakan
dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya
melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.
- Melaksanakan
pelayanan kebidanan pada wanita, pra perkawinan, ibu pra hamil, hamil,
melahirkan, nifas, menyusui dan pada wanita dengan gangguan sistem
reproduksi, bayi baru lahir dan balita.
- Melaksanakan
asuhan kebidanan komunitas dan pelayanan keluarga berencana.
- Melaksanakan
asuhan kesehatan pada bayi dan anak balita serta pelayanan kesehatan
lainnya yang sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku.
- Memberikan
pendidikan, bimbingan dan penyuluhan dalam asuhan / pelayanan kebidanan.
- Mengelola
unit-unit KIA / KB
- Melaksanakan
penelitian dalam bidang asuhan / pelayanan kebidanan.
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Organisasi dari Jurusan Kebidanan
terdiri dari :
Ketua Jurusan :
Sri Mulyati, SPd, M.Kes
Sekretaris Jurusan I : Dra. Jomima Batlajery, M.Kes
Sekretaris Jurusan II : Fatimah, S.Pd., MKes.
Sekretaris Jurusan III : Syafrudin, S.Kp, M.Kes
Ketua Program Studi Cipto M : Aticeh
Ketua Program Studi Harapan Kita : Karningsih
Ketua Program D-IV Bidan P. : Erna Mesra,
PROGRAM STUDI KEBIDANAN CIPTO MANGUNKUSUMO
VISI
Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang
bermutu, berdaya saing,
berjiwa wirausaha dan berwawasan internasional.
MISI
1.
Menghasilkan tenaga ahli madya
kebidanan sebagai tenaga yang profesional opemula yang menguasai ilmu dan
teknologi, berwawasan internasional serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa.
2.
Menghasilkan ilmu dan teknologi
terapan di bidang Kebidanan melalui penelitian
3.
Memanfaatkan hasil penelitian
dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat guna meningkatkan mutu kehidupan
masyarakat.
4.
Mengembangkan model teknologi
Pendidikan Kebidanan.
PERAN , FUNGSI DAN
KOMPETENSI
Dalam upaya pelayanan kebidanan yang berfokus pada kesehatan
reproduksi, bidan profesional berperan sebagai :
1.
Peran
a.
Pelaksana
Pemberi pelayanan kebidanan pada wanita dalam siklus
kehidupan, asuhan neonatus, bayi, dan anak balita.
b.
Pengelola
Mengelola asuhan dan pelayanan di setiap
tatananpelayanan kesehatan di institusi dankomunitas.
c.
Pendidik
Memberikan pendidik kesehatan dan konseling dalam asuhan
dan pelayanan kebidanan di setiap tatanan pelayanan kesehatan di institusi dan
komunitas, menthorship terhadap calon tenaga kesehatan, dan bidan baru.
d.
Peneliti
Yang dimaksud peneliti disini adalah asisten peneliti
yang membantu kegiatan penelitian dalam lingkup asuhan dan pelayanan kebidanan.
2.
Fungsi
a.
Pelaksana
1)
Melaksanakan asuhan keperawatan
pada ibu hamil normal dan patologi.
2)
Melaksanakan asuhan keperawatan
pada ibu bersalin normal dan patologi.
3)
Melaksanakan asuhan pada bayi
segera setelah lahir dan neonatus normal dan patologi.
4)
Melaksanakan pelayanan
kebidanan pada ibu nifas normal dan patologi.
5)
Melaksanakanpelayanankebidanan
pada ibu menyusui.
6)
Melaksanakan asuhan kesehatan
pada bayi dan anak balita di institusi dan komunitas
7)
Melaksanakan upaya promosi dan
prevensi dalam kesehatan reproduksi wanita sepanjang siklus kehidupannya
8)
Melaksanakan pelayanan keluarga
berencana
9)
Menggerakkan peran serta
masyarakat dalam pelayanan kebidanan.
b.
Pengelola
1)
Merencanakan sumber daya untuk
pelaksanaan pelayanan kebidanan.
2)
Mengorganisir sumber daya untuk
pelaksanaan pelayanan kebidanan
3)
Melaksanakan pelayanan
kebidanan berdasarkan rencana
4)
Monitoring dan evaluasi
penyelenggaraan pelayanan kebidanan.
c.
Pendidik
1)
Melaksanakan pendidikan
kesehatan dan konseling dalam asuhan dan pelayanan kebidanan
2)
Membina kader dan kelompok
masyarakat.
3)
Mentorship dan preseptorship
bagi calon tenaga kesehatan dan bidan baru.
d.
Peneliti
1)
Membantu penyusunan proposal
2)
Melaksanakan pengumpulan data
3)
Membantu pengelolaan data
4)
Membantu penyusunan laporan
hasil penelitian.
PROGRAM STUDI KEBIDANAN
HARAPAN KITA
VISI
Program Studi Kebidanan Harapan Kita Politeknik
Kesehatan Kemenkes Jakarta III mampu menghasilkan Tenaga Kebidanan yang
profesional, yang berjiwa Pancasila dan mampu bersaing di era globalisasi.
MISI
1.
Menghasilkan Bidan yang dapat
melaksanakan Asuhan Kebidanan sesuai dengan perkembangan Iptek dan tuntutan
pengguna jasa pada berbagai tatanan pelayanan kesehatan.
2.
Mampu mengembangkan pelayanan
kebidanan melalui penelitian.
3. Secara mandiri dapat berwira usaha.
PERAN , FUNGSI DAN
KOMPETENSI
Dalam upaya pelayanan kebidanan yang berfokus pada kesehatan
reproduksi. Peran Ahli Madya Kebidanan adalah sebagai :
1.
Pelaksana Asuhan / Pelayanan
Kebidanan
2.
Pengelola Unit KIA / KB
3.
Pendidik dalam Asuhan /
Pelayanan
4.
Pelaksana Penelitian dalam
Asuhan / Pelayanan Kebidanan
Fungsi dan Kompetensi dari Peran Ahli Madya Kebidanan adalah :
1.
Pada Pelaksana Asuhan /
Pelayanan Kebidanan :
- Melaksanakan asuhan kebidanan pada Ibu Hamil Normal, Komplikasi, Patologi dan resiko tinggi.
- Melaksanakan asuhan kebidanan pada Ibu bersalin normal, komplikasi, Patologi dan resiko tinggi.
- Melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir normal, komplikasi, Patologi dan resiko tinggi.
- Melaksanakan asuhan kebidanan pada Ibu Nifas Normal, dan komplikasi.
- Melaksanakan Asuhan Kebidanan pada Ibu Menyusui
- Melaksanakan Asuhan Kesehatan pada Bayi dan Anak Balita
- Melaksanakan Asuhan Kebidanan pada Wanita / Ibu dengan gangguan reproduksi.
- Melaksanakan Asuhan Kebidanan Komunitas
- Melaksanakan Pelayanan Keluarga Berencana.
2.
Pada Pengelola Unit KIA / KB
- Melaksanakan Pelayanan KIA / KB.
- Mengkoordinasikan pelayanan KIA / KB
3.
Pada Pendidik dalam Asuhan /
Pelayanan
- Melaksanakan Bimbingan / Penyuluhan pada wanita pra perkawinan, Ibu dan Akseptor KB.
- Melatih dan membina tenaga kesehatan, kader dan dukun.
4.
Pada Pelaksana Penelitian dalam
Asuhan / Pelayanan Kebidanan
- Merencanakan Penelitian.
- Melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan analisa data serta menulis kesimpulan penelitian.
PROGRAM D IV BIDAN
PENDIDIK
VISI
Menghasilkan lulusan bidan pendidik yang profesional,
cerdas, kompetitif, beriman dan bertaqwa.
MISI
1.
Mengembangkan pendidikan dan
pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik,
profesi, keprobadian dan sosial dalam pendidikan kebidanan.
2.
Menerapkan hasil penelitian dan
pengembangan ilmu dan teknologi dalam pendidikan kebidanan untuk kesejahteraan
masyarakat.
3.
Mengembangkan jejaring kerja
baik inter dan antar disiplin ilmu maupun lembaga terkait dalam meningkatkan
dan memperluas kemampuan kemahirannya.
4.
Mengembangkan belajar mandiri
dan prisnip belajar seumur hidup (long
live education).
PERAN , FUNGSI DAN
KOMPETENSI
Tenaga pengajar/dosen pendidikan harus memiliki kompetensi sebagai
berikut :
1.
Kompetensi Pedagogik
a.
Mampu memahami karakteristik
peserta didik.
b.
Menerapkan teori belajar, teori
pembelajaran yang relevan dengan peserta didik dan sesuai dengan karakteristik
mata pelajaran yang diampunya.
c.
Mampu mengelola pembelajaran
yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
d.
Mampu merancang pembelajaran
secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta
didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi
prakarsa, kreativitas dan kemandiriaan sesuai dengan bakat, minat dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
e.
Mampu merancang penilaian
proses dan hasil belajar.
f.
Mampu melaksanakan penilaian
proses dan hasil
g.
Mampu menggunakan hasil
penilaian untuk berbagai kepentingan pendidikan.
2.
Kompetensi Kepribadian
a.
Mampu bertindak secara
konsisten yang sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan budaya nasional Indonesia .
b.
Mampu menampilkan diri sebagai
pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa dan berakhlak mulia.
c.
Mempunyai rasa bangga menjadi
dosen, dapat bekerja mandiri, mempunyai etos kerja, rasa percaya diri, dan
bertanggung jawab yang tinggi
d.
Mampu bersikap dan berperilaku
yang disegani
e.
Mampu menjadi teladan bagi
peserta didik dan masyarakat
f.
Mempunyai kejujuran
g.
Mampu menjunjung tinggi kode
etik profesi dosen.
3.
Kompetensi Profesional
a.
Memahami standar kompetensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran yang diampunya.
b.
Menguasai materi, struktur dan
konsep pola pikir kelimuan yang merupakan mata pelajaran yang diampunya.
c.
Menguasai metode pengembangan
ilmu dan telaah kritis yang terkait dengan mata pelajaran yang diampunya
d.
Kreatif dan inovatif terhadap
penerapan dan pengembangan bidan gilmi yang terkait dengan amta pelajaran yang
diampunya.
e.
Mampu melakukan tindakan
reflektif untuk peningkatan hasil pembelajaran.
f.
Mampu berkomunikasi dengan
lingkungannya, baik secara lisan maupun tulisan.
g.
Memiliki kemampuan belajar dari
berbagai sumber belajar dan ebrbagai ilmu.
4.
Kompetensi Sosial
a.
Mampu bergaul sebagai anggota
masyarakat yang menarik, suka berempati, menghargai sesama, dapat bekerja sama,
suka menolong, menjadi panutan dan komunikatif.
b.
Mampu bersikap kooperatif,
bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis
kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial
ekonomi.
c.
Mampu beradaptasi di tempat
bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya.
d.
Mampu mengembangkan seluruh
potensi dirinya secara berkelanjutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar