Kamis, 23 Juni 2011

Primary health Care

PRIMARY HEALTH CARE  (PHC)

Syafrudin, SKM, MKes

 

A.    Latar belakang

Pada tahun 1970 merupakan “dekade pembangunan” diseluruh dunia sehingga melahirkan adanya kesenjangan antara negara maju dengan negara sedang berkembang dalam sosial ekonomi. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat.

Dinegara maju derajat kesehatan relatif lebih mau dibandingkan negara berkembang, dimana angka kematian di negara berkembang 30 – 50 kali lipat dari pada negara maju, angka kelahiran tinggi, alokasi anggran pembangunan kesehatan rendahdan pelayanan kesehatan terkotak-kotak dan spesialistis sehinga biaya kesehatan menjadi mahal.

Disamping itu di negara berkembang orientasi lebih banyak kuratif dari pada promotif dan preventif, kecenderungan mengutamakan kepentingan kesehatan yang orang yang mampu dari pada masyarakat banyak dan cakupan pelayanan kesehatan hanya dimanfaatkan di daerah perkotaan.

Berdasarkan kesenjangan tersebut maka pada tahun 1978 diadakan konferensi di Alma Ata (Kotaa Kazakhtan) dengan menetapkan Primary Health Care (PHC) sebagai pendekatan strategi global untuk mencapai kesehatan bagi semua tahun 2000.

Di Indonesia bentuk operasional PHC adalah PKMD dengan berlandaskan kepada GBHN yang merupakan ketetapan MPR untuk dilaksanakan dengan melibatkankerjasama lintas sektor dari instansi-instansi yang berwenang dalam mencapai derajat kesehatan dan kesejahteraan masayarakat.


B.     Perkembangan

PHC merupakan hasil pengkajian, pemikiran, pengalaman dalam pembanguanan kesehatan dibanyak negara yang diawali dengan kampenye massal pada tahun 1950-an dalam pemberantasan penyakit menular, karena pada waktu itu banyak negara tidak mampu mengatsi dan menanggulangi wabah penyakit TBC, campak, diare dan sebagainya. Oleh karena itu dibentuklah forum internasional yang menekankan pentingnya memperhatikan aspek sosial, kesehatan dan penyakit disemua negara untuk menekan angka kesakitan dan kematian.

Pada tahun 1960 teknologi kuratif dan preventif mengalami kemajuan, oleh karena itu timbullah pemikiran untuk mengembangkan konsep “Upaya Dasar Kesehatan” Pada tahun 1972/1973, WHO mengadakan studi dan mengungkapkan bawha banyak negara tidak puas atas sistem pelayanan kesehatan yang dijalankan dan banyak isue tentang kurangnya pemerataan pelayanan kesehatan di daerah-daerah pedesaan.  

Pada tahun 1977 sidang  kesehatan dunia melahirkan kesepakan global untuk mencapai Health for all 2000 (Kesehatan bagi semua tahun 2000), yakni tercapainya derajat kesehatan yang optimal yang memungkinkan setiap orang hidup produktif baik secara sosial maupun ekonomi.

Pada tahun 1978 diadakan konferensi di Alma Ata (Kotaa Kazakhtan) dengan menetapkan Primary Health Care (PHC) sebagai pendekatan strategi global untuk mencapai kesehatan bagi semua tahun 2000. Berdasarkan hasil konferensi tersebut maka diperlukan perubahan orientasi dalam pembangunan kesehatan yaitu : pelayanan yang awalnya didominasi dalam bentuk kuratif berubah dengan lebih menekankan pada kuratif dan preventif serta promotif. Pembangunan kesehatan yang awalnya lebih terfokus pada daerah perkotaan, golongan mampu, dan terkotak-kotak berubah menjadi berorientasi ke pedesaan, pada golongan masyarakat berpenghasilan rendah dan upaya kesehatan terpadu.

C.    Pengertian

PHC adalah pelayanan kesehatan primer yang didasarkan kepada metode dan teknologi praktis, ilmiah, dan dapat diterima secara umum/sosial baik oleh individu maupun keluarga dalam masyarakat melaalui partisipasinya yang penuh, serta dengan biaya yang dapat terjangkau oleh masyarakat dan negara untuk   setiap tahap pembangunan dalam semangat memandirian.





D.    Tujuan

Untuk mengatasi masalah kesehatan utama dalam masyarakat dengan upaya mencegah, meningkatkan kesehatan dan pemulihan kesehatan.

E.     Falsafah

1.   PHC merupakan bagian integral dari kesehatan nasional

2.   PHC merupakan bagian integral dari perkembangan sosial ekonomi menyeluruh dari masyarakat

3.   PHC memusatkan perhatian pada masalah kesehatan utama komunity

F.     Sasaran

Sasaran dari PHC adalah individu, keluarga, masyarakat dan pemberi pelayanan kesehatan

G.    Prinsip dasar PHC

1.   Pemerataan upaya kesehatan

2.   Melibatkan peran serta masyarakat

3.   Menggunakan teknologi tepat guna

4.   Menekankan pada upaya preventif

5.   Melibatkan kerja sama lintas sektoral 


H.    Fungsi PHC

PHC hendaknya memenuhi fungsi-fungsi sebagai berikut :

1.   Pemeliharaan kesehatan

2.   Pencegahan penyakit

3.   Diagnosa dan pengobatan

4.   Pelayanan tindak lanjut

5.   Pemberian sertikat


I.       Elemen (Ruang lingkup PHC)

1.   Pendidikan mengenai masalahkesehatan, cara pencegahan dan mengatasi penyakit

2.   Peningkatan penyediaan makanan dan perbaikan gizi

3.   Penyediaan air bersih dan sanitasi

4.   Pembinaan kesehatan ibu dan anak termasuk KB

5.   Imunisasi terhadap penyakit menular (infeksi utama)

6.   Pencegahan dan pengendalian penyakit endemic

7.   Pengobatan penyakit umum dan rudapaksa

8.   Penyediaan obat-obat essensial


J.      Kendala yang mempengaruhi penerapan PHC

1.   Masalah kependudukan

2.   Masalah lingkungan social budaya

3.   Masalah lingkungan fisik dan biologi

4.   Masalah ekonomi

5.   Masalah upaya kesehatan yang meliputi : jangkauan upaya kesehatan, sumber daya, peran serta masyarakat, pengdaan dan pengandalian obat-obatan, manajemen uapaya kesehatan dan kerjasama lintas sector.


K.    Tanggung jawab perawat dalam PHC

Tanggung jawab perawat dalam PHC lebih dititik beratkan kepada hal-hal sebagai berikut :

1.   Mendorong partisipasi aktif masayarakat dalam pengembangan dan implementasi pelayanan kesehatan dan program pendidikankesehatan

2.   Kerjasama dengan masyarakat, keluarga dan individu

3.   Mengajarkan konsep kesehatan dasar dan teknik asuhan diri sendiri pada masyarakat

4.   Memberikan dukungan dan bimbingan kepada petugas pelayanan kesehatan dan kepada masyarakat

5.   Koordinasi kegiatan pengembangan kesehatan masyarakat


19 komentar:

  1. Disini saya pahm Primary health care, latar belakang dan lainnya

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas materinya 🙏

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak bapak atas materinya, yang saya pahami dari materi primary healthy care memiliki tujuan untuk mengatasi masalah kesehatan utama dalam masyarakat dengan upaya mencegah, meningkatkan kesehatan dan pemulihan kesehatan.

    BalasHapus
  4. Dapat disimpulkan bahwa PHC adalah pelayanan kesehatan primer yang didasarkan kepada metode dan teknologi praktis, ilmiah, dan dapat diterima secara umum/sosial baik oleh individu maupun keluarga. Terimakasih bapak atas materinya🙏

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak bapak atas materinya, disini saya jdi paham akan materi primary healthy care dan lainnya

    BalasHapus
  6. Terimakasih pak atas materi yang dipaparkan, saya jadi lebih mengetahui tentang perkembangan,tujuan,fuhgsi, berbagai kendala,elemen, dan tanggung jawab perawat dalam PHC.

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak atas materinya 🙏

    Dari materi ini saya belajar primary health care lebih lanjut seperti tujuannya untuk mengatasi masalah kesehatan utama dalam masyarakat dengan upaya mencegah, meningkatkan kesehatan dan pemulihan kesehatan. Arti PHC, kendala, dan tanggung jawab.

    BalasHapus
  8. terimakasi atas materinya, saya menjadi tahu tentang primary health care

    BalasHapus
  9. Terimakasih pak atas pemateriannya,,🙏🏻
    Di Indonesia bentuk operasional PHC adalah PKMD dengan berlandaskan kepada GBHN yang dilaksanakan dengan melibatkan kerjasama lintas sektor dari instansi-instansi yang berwenang dalam mencapai derajat kesehatan dan kesejahteraan masayarakat.

    BalasHapus
  10. terima kasih pak, sangat bermanfaat materinya. sukses selalu!

    BalasHapus
  11. Terimakasih pak untuk materinya, sangat bermanfaat dan membantu dalam perkuliahan saya. Sukses selalu!

    BalasHapus
  12. terimakasih pak atas materinya, karena materi ini saya dapat memahami tentang primary health care.

    BalasHapus
  13. Terimakasih pak atas materinya, dari materi ini saya dapat menyimpulkan bahwa Primary Health Care adalah suatu konsep pelayanan kesehatan yang diberikan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

    BalasHapus
  14. terima kasih pak atas materinya, berarti primary health care merupakan pelayanan kesehatan secara terpadu dan menyeluruh kepada masyarakat

    BalasHapus
  15. Terimakasih banyak pak atas materi yang telah diberikan, sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya tentang Primary health Care

    BalasHapus
  16. Terimakasih banyak pak atas materinya, sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya seputar Primary health Care

    BalasHapus
  17. Terimakasih pak atas materinya sangat bagus dan menambah wawasan🙏🏻

    BalasHapus
  18. terima kasih pak, materi tentang primary health care yang di sampaikan sangat lengkap, dimulai dari latar belakang primary health care yang mudah di pahami oleh pembaca.

    BalasHapus
  19. Terimakasih pak untuk materinya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai Primary Health Care (PHC)

    BalasHapus